√ Biaya Operasi Osteoma (Tumor Tulang) : BPJS & Non-BPJS

Advertisements

Biaya Operasi Osteoma – Dalam Dunia, terdapat berbagai jenis penyakit dengan proses atau cara penanganan yang berbeda-beda, salah satunya adalah menjalani operasi. Biasanya  tindakan tersebut berlaku untuk penyakit akut seperti Osteoma atau Tumor Tulang.

Bicara mengenai Osteoma, berikut ini kami punya informasi penting seputar biaya yang diperlukan jika ingin melakukan operasi Osteoma. Informasi ini pastinya wajib diketahui oleh kalian yang mungkin mengidap penyakit ini.

Sementara itu, sebelum menjalani operasi Tumor Tulang kalian tidak hanya perlu menyiapkan soal biaya. Tapi ada beberapa hal lain yang juga perlu disiapkan sebelum operasi dilakukan, terutama menyiapkan mental dan fisik.

Advertisements

Kemudian untuk urusan biaya operasi Osteoma, mungkin kalian bertanya-tanya apakah ada ketentuan khusus mengenai biaya bagi pasien BPJS dan Non-BPJS dalam menjalani tindakan medis tersebut? Jawaban dari pertanyaan itu telah kami siapkan dibawah ini bersama dengan informasi penting lainnya.

Apa Itu Penyakit Osteoma ?

Apa Itu Penyakit Osteoma

Advertisements

Seperti biasa sebelum lanjut ke inti pembahasan, terlebih dahulu kami ingin menjelaskan sedikit apa itu Osteoma. Jadi penyakit ini merupakan Tumor Tulang yang terjadi karena tumbuh nya sel-sel tulang secara Abnormal (tidak normal).

Penyakit Osteoma sendiri bisa berupa Tumor Jinak dan Tumor Ganas. Untuk mengetahui jenis Osteoma yang dialami pasien, biasanya Dokter bakal melakukan pemeriksaan lebih lanjut menggunakan alat-alat canggih di Rumah Sakit.

Kemudian penting diketahui bahwa apapun jenis Tumor Tulang yang di diagnosa, pasien harus segera menjalani pengobatan seperti yang dianjurkan. Biasanya untuk mengobati penyakit Osteoma, Dokter bakal menyarankan pasien untuk menjalani operasi Osteoma.

Risiko Penyakit Tumor Tulang

Ketika sel Tumor Tulang atau Osteoma tidak segera diangkat, maka hal tersebut bisa mengakibatkan sel Tumor terus tumbuh hingga mengganggu fungsi jaringan di sekitarnya. Bahkan jika penyakit ini diabaikan bisa berakibat fatal bagi pasien. Selain itu penderita Osteoma juga bisa mengalami dampak lain ketika penyakit tidak segera diobati. Antara lain :

  • Kesehatan Tulang menurun drastis
  • Bisa Menimbulkan penyakit Kanker
  • Sel Tumor bisa menyebar dan mengganggu sel-sel lainnya di dalam tubuh
  • Rasa nyeri berlebih pada area Osteoma, terutama ketika melakukan aktivitas berat
  • Menyebabkan kematian

Hal-hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Operasi Osteoma

Setelah menyimak penjelasan mengenai apa itu Osteoma hingga beberapa risiko yang ditimbulkan jika penyakit tidak segera ditangani, bagi kalian yang menderita penyakit tersebut pastinya ingin segera melakukan pengobatan. Diatas sempat kami singgung bahwa cara paling ampuh untuk mengobati Osteoma adalah menjalani operasi.

Berapa biaya yang diperlukan untuk operasi Osteoma? Sebelum kami menjawab pertanyaan tersebut, terlebih dahulu kalian simak beberapa hal yang perlu disiapkan sebelum melakukan operasi pengangkatan sel Tumor Tulang berikut ini :

  • Menyiapkan fisik dan mental
  • Mencari Dokter terbaik untuk melakukan operasi
  • Pilihlah Rumah Sakit dengan fasilitas memadai untuk proses operasi Osteoma
  • Konsultasi dengan Dokter
  • Menyiapkan biaya operasi
  • Puasa minimal 1 hari sebelum operasi

Biaya Operasi Osteoma

Biaya Operasi Osteoma

Sekarang sampailah kita pada inti pembahasan, yaitu berapa besar biaya operasi Osteoma di Indonesia. Sebelum itu, kami ingin memberitahukan bahwa penyakit Osteoma atau Tumor Tulang merupakan salah satu penyakit yang ditanggung BPJS.

Dengan begitu, bagi kalian pasien penderita Osteoma dari kalangan masyarakat tidak mampu bisa menggunakan fasilitas BPJS Kesehatan untuk menjalani operasi Osteoma. Berikut adalah ketentuan biaya operasi Osteoma untuk pasien BPJS maupun Non-BPJS :

1. Pasien BPJS

Pertama, untuk pasien BPJS Kesehatan yang menjadi penderita Osteoma bisa menjalani operasi tanpa perlu biaya sepeserpun alias gratis. Sebab, seluruh biaya operasi nantinya akan ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Namun sebelum itu, terlebih dahulu kalian wajib memenuhi persyaratan penggunaan BPJS Kesehatan untuk operasi.

2. Pasien Non-BPJS

Selanjutnya untuk para pasien Non-BPJS atau pasien umum, jika ingin menjalani operasi pengangkatan Tumor / Kanker Tulang wajib menyiapkan biaya antara Rp. 15.000 sampai Rp. 20.000.000. Besaran biaya yang diperoleh nantinya menyesuaikan fasilitas kesehatan serta penanganan dari penyakit tersebut. Biaya ini masih jauh lebih murah dibandingkan biaya operasi Tumor Otak, karena tindakan medis tersebut mencakup area vital manusia.

Pengobatan Osteoma Tanpa Operasi

Pengobatan Osteoma Tanpa Operasi

Jika biaya operasi terasa begitu mahal, maka kalian bisa menjalani pengobatan Osteoma tanpa perlu menjalani operasi. Hanya saja cara ini berlaku untuk penderita Osteoma ringan atau Tumor Tulang yang timbul belum ganas.

Jadi untuk mengobati Tumor Tulang jinak kalian hanya perlu melakukan Konsultasi ke Dokter Tulang. Nantinya Dokter bakal memberikan resep obat untuk menyembuhkan penyakit tersebut, tanpa harus menjalani operasi.

Demikianlah penjelasan dari tim kodebpjs.com mengenai besaran biaya operasi yang harus disiapkan oleh pasien penderita Osteoma. Sedangkan untuk para penderita Osteoma yang terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan, seluruh biaya bakal menjadi tanggung jawab BPJS Kesehatan.

Selain itu diatas kami juga menjelaskan beberapa hal yang harus disiapkan sebelum operasi pengangkatan Tumor Tulang ganas karena Osteoma. Tapi jika Tumor Tulang masih termasuk dalam kategori jinak, maka proses operasi tidak perlu dilakukan. Kalian hanya perlu mengkonsumsi obat yang dianjurkan Dokter Tulang guna mengobati penyakit Osteoma.

Advertisements