Biaya Suntik Insulin Diabetes di Rumah Sakit 2021

Biaya Suntik Insulin – Bagi penderita diabetes, suntik insulin sangat diperlukan untuk membantu mengontrol gula darah. Cara kerja suntik insulin ini hampir sama seperti hormon insulin alami dalam tubuh yakni mengontrol kadar gula darah dengan cara mengolahnya menjadi energi.

Umumnya, orang yang harus menggunakan suntik insulin ialah mereka yang menderita penyakit diabetes tipe 1. Diabetes tipe 1 disebabkan kondisi autoimun yang membuat sel-sel dalam pankreas yang memproduksi insulin menjadi rusak.

Karena hal itu, suntik insulin merupakan keharusan bagi mereka penderita diabetes tipe 1 dan biasanya dilakukan dengan penggunaan jarum suntik atau pompa insulin. Bukan itu saja, untuk mereka yang mengalami komplikasi diabetes juga sangat dianjurkan melakukan suntik insulin.

Nah, karena sangat dibutuhkan, berikut ini kami akan menyajikan informasi lengkap terkait biaya suntik insulin di rumah sakit lengkap dengan harga alat suntik insulin. Adapun bagi Anda yang belum tahu dan penasaran dengan biayanya, langsung saja simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Biaya Suntik Insulin

Biaya Suntik Insulin

Biaya yang dibutuhkan untuk suntik insulin di rumah sakit pada saat melakukan pemeriksaan diabetes umumnya cukup bervariasi. Dimana setiap rumah sakit menetapkan biaya yang berbeda-beda untuk suntik insulin.

Rata-rata kisaran biaya untuk suntik insulin di rumah sakit kurang lebih sebesar Rp. 300.000Rp. 400.000.- Untuk lebih detail lagi, berikut daftar biaya untuk suntik insulin di beberapa rumah sakit yang ada di Indonesia.

  1. Siloam Hospitals Surabaya : Rp. 377.300
  2. Siloam Hospitals Makasar : Rp. 360.000

Keuntungan melakukan suntik insulin di rumah sakit ialah lebih aman karena ditangani langsung oleh dokter spesialis diabetes, sehingga minim efek samping. Selain itu, suntik insulin juga akan dilakukan secara terjadwal.

Harga Insulin di Apotek

Harga Insulin di Apotek

Selain itu, dalam hal membantu menambah pasokan insulin dalam tubuh, Anda juga bisa menggunakan alat insulin pen. Suntik insulin atau insulin pen ini banyak dijual di apotek-apotek obat dengan harga yang cukup bervariasi.

Keuntungan membeli suntik insulin yakni harganya bisa lebih murah dibandingkan melakukan suntik di rumah sakit. Meskipun demikian, ada juga insulin pen yang harganya jauh lebih mahal dibandingkan pemeriksaan di rumah sakit.

Berikut ini kami telah merangkum beberapa harga suntik insulin di berbagai apotek.

Merk Suntik InsulinHarga
Levemir FlexPenRp. 94.000
Pen Needles Insulin Gidcare 30GRp. 105.000
Sansulin N InjeksiRp. 133.133
Novomix 30 FlekPenRp. 223.598
Novorapid FlexPenRp. 225.416
Apidra 100IU/ML SoloStarRp. 230.541
Humalog Kwikpen 100IU/MLRp. 251.968
Lantus SoloStarRp. 265.650
Ez-PenRp. 300.000
Ezelin Insulin GlargineRp. 500.000
Sansulin R InjeksiRp. 714.219
Mixtard 30 Penfill 100IURp. 758.368
Humulin 30/70 100IURp. 835.735

Pengobatan Diabetes yang Ditanggung BPJS

Pengobatan Diabetes yang Ditanggung BPJS

Gula darah bukanlah penyakit murah, dikarenakan orang dengan diagnosa diabetes tidak bisa disembuhkan lagi. Masalah biaya kerap kali menjadi hambatan penderita diabetes untuk mencari ataupun melanjutkan pengobatan.

Dimana mulai dari biaya konsultasi dokter, obat-obatan termasuk suntik insulin, makanan tambahan, hingga penanganan komplikasi akibat gula darah membutuhkan biaya yang tidak sedikit dan bahkan ini bisa mencapai angka ratusan juta.

Kabar baiknya, penyakit diabetes ini termasuk salah satu PENYAKIT YANG DITANGGUNG BPJS, sehingga untuk tanggung biaya penanganan sudah bukan kekhawatiran lagi. Pasalnya biaya penanganan akan ditanggung oleh pemerintah melalui program BPJS Kesehatan dan JKN-KIS.

Hal ini tentu saja memudahkan pasien penderita gula darah dalam urusan administrasi biaya perawatan. Dengan adanya BPJS Kesehatan dan JKN-KIS, maka biaya perawatan kesehatan akan semakin ringan bahkan semua biaya perawatan diabetes bisa ditanggung BPJS alias gratis.

Nah, demikianlah informasi lengkap dari kodebpjs.com terkait biaya suntik insulin. Agar terhindar dari penyakit gula darah, maka sebaiknya kurangi konsumsi gula serta selalu menjalankan hidup sehat. Selalu, konsumsi makanan dengan kadar gula rendah. Sekiranya cukup sekian, semoga bermanfaat.