Sertifikat Vaksin Tidak Muncul di PeduliLindungi ? Begini 8 Solusinya

Advertisements

Sertifikat Vaksin Tidak Muncul di PeduliLindungi – Sebagai salah satu upaya mencegah penyebaran virus COVID-19, Pemerintah menghimbau pada seluruh masyarakat untuk melakukan suntik vaksin. Hingga saat ini program suntik vaksin COVID-19 sudah sampai ke tahap ketiga.

Bicara mengenai vaksin COVID-19, setiap masyarakat yang sudah menjalani suntik vaksin baik itu tahap pertama maupun tahap kedua, mereka akan memperoleh sertifikat vaksin. Data tersebut bisa di cek melalui aplikasi PeduliLindungi.

Sebelumnya, biasanya peserta akan menerima SMS berisi link untuk mengakses halaman sertifikat vaksin di situs PeduliLindungi. Lalu apa jadinya ketika di cek, ternyata sertifikat vaksin tidak muncul di aplikasi PeduliLindungi?

Advertisements

Sertifikat vaksin yang muncul di PeduliLindungi nantinya bisa di unduh kemudian di cetak untuk keperluan masuk ke tempat wisata, Mall, Pusat Pelayanan dan lain sebagainya. Bagi kalian yang merasa sudah menjalani suntik vaksin tapi sertifikat tidak kunjung muncul di PeduliLindungi bisa simak ulasan ini untuk mengetahui penyebab dan solusinya.

Sertifikat Vaksin Tidak Muncul di PeduliLindungi

Sertifikat Vaksin Tidak Muncul di PeduliLindungi

Advertisements

Seperti kami singgung diatas bahwa setiap peserta vaksin nantinya bakal memperoleh sertifikat sebagai bukti bahwa orang tersebut sudah menjalani suntik vaksin COVID-19. Pemberian sertifikat vaksin awalnya dalam bentuk Digital yang dikirim melalui aplikasi PeduliLindungi.

Setelah menerima sertifikat Digital, nantinya peserta bisa mendownload mencetak sertifikat vaksin secara Online untuk menerima sertifikat vaksin dalam bentuk fisik. Nantinya sertifikat tersebut berguna sebagai syarat utama untuk masuk ke tempat-tempat umum, seperti Mall, lokawisata hingga mengurus data kependudukan di Dindukcapil.

Namun perlu diketahui bahwa beberapa peserta vaksin hingga saat ini belum juga menerima sertifikat vaksin yang dijanjikan. Untuk mengetahui data tersebut, setiap peserta bisa cek sertifikat vaksin di aplikasi PeduliLindungi.

Apabila data belum tersedia, maka peserta tersebut belum terdaftar sebagai masyarakat Indonesia yang telah menjalani suntik vaksin. Selain itu, masalah ini juga berakibat tidak bisa mengakses lokasi umum, mengurus data kependudukan dan lain sebagainya yang menerapkan syarat berupa sertifikat vaksin.

Penyebab Sertifikat Vaksin Tidak Tersedia di PeduliLindungi

Penyebab Sertifikat Vaksin Tidak Tersedia di PeduliLindungi

Setelah menyimak sedikit penjelasan mengenai pemberian sertifikat vaksin COVID-19 pada setiap peserta hingga masalah berupa tidak muncul nya data tersebut di PeduliLindungi, sekarang kita lanjut ke penjelasan seputar penyebab dari masalah tersebut. Jadi, masalah diatas bisa berasal dari beberapa faktor sebagai berikut :

1. Sertifikat Belum Dikirim

Penyebab pertama mungkin berasal dari data tersebut yang memang belum dikirim. Jadi, biasanya peserta bakal menerima SMS berisi Link untuk mengakses sertifikat vaksin kurang lebih 7 hari setelah vaksin. Dengan begitu, ketika cek sertifikat vaksin kurang dari waktu tersebut maka bisa dipastikan data tidak muncul. Jadi untuk solusinya, kalian cukup menunggu beberapa hari sampai menerima SMS dan sertifikat muncul di aplikasi PeduliLindungi.

2. Data Peserta Tidak Sesuai

Selain itu, masalah diatas juga bisa terjadi karena data yang dimasukkan saat mengisi formulir peserta vaksin tidak sesuai. Sementara itu, petugas yang menangani program tersebut hanya akan menginput data pada formulir peserta. Dengan begitu, ketika terjadi kekeliruan data peserta maka sertifikat vaksin tidak akan muncul.

3. Aplikasi PeduliLindungi Belum di Update

Bukan hanya berasal dari kebijakan penyelenggara program, sertifikat vaksin tidak tersedia di PeduliLindungi juga bisa disebabkan oleh aplikasi PeduliLindungi itu sendiri. Jadi, ketika aplikasi belum di update biasanya akan mengundang berbagai masalah, mulai dari PeduliLindungi tidak bisa dibuka hingga tidak bisa menampilkan status sertifikat vaksin.

4. File Cache Aplikasi PeduliLindungi Menumpuk

Sedangkan untuk penyebab terakhir adalah banyaknya file Cache yang menumpuk di aplikasi PeduliLindungi. Sama seperti ketika PeduliLindungi belum di update, faktor ini juga kerap menjadi alasan utama layanan tersebut mengalami masalah, diantaranya tidak muncul sertifikat vaksin saat di cek.

Solusi / Cara Mengatasi Sertifikat Vaksin Tidak Muncul

Solusi Cara Mengatasi Sertifikat Vaksin Tidak Muncul

Sampai disini kalian sudah tahu apa saja penyebab sertifikat vaksin tidak muncul di PeduliLindungi. Dengan begitu, sekarang saatnya kita bahas bagaimana solusi dari masalah diatas. Tanpa perlu berlama-lama lagi langsung saja simak selengkapnya berikut ini :

1. Update Aplikasi PeduliLindungi

Solusi pertama adalah memperbarui aplikasi PeduliLindungi agar sertifikat vaksin bisa muncul. Untuk melakukan update PeduliLindungi kalian bisa langsung buka Google Play Store atau App Store lalu ikuti langkah-langkah dibawah ini :

  • Ketik PeduliLindungi di kolom pencarian
  • Tap tombol Update / Perbarui
  • Tunggu hingga proses download berhasil 100%
  • Selesai

Setelah di update, sekarang coba cek lagi sertifikat vaksin di PeduliLindungi, jika data sudah muncul berarti cara ini berhasil untuk mengatasi masalah diatas.

2. Bersihkan File Cache

Solusi kedua adalah membersihkan file Cache dari aplikasi PeduliLindungi. Cara ini berguna untuk mengatasi semua Bug dari aplikasi tersebut. Sementara itu, untuk membersihkan file Cache kalian bisa memanfaatkan pembersih bawaan dari HP atau menggunakan aplikasi pembersih yang bisa di download secara gratis di Play Store.

3. Hubungi 119

Solusi ketiga adalah menghubungi 119 untuk update data yang keliru. Ya, cara ini berlaku apabila masalah sertifikat vaksin tidak muncul di PeduliLindungi karena data yang dimasukkan tidak sesuai. Melalui cara ini kalian bisa langsung terhubung dengan petugas untuk menyampaikan permasalahan terkait data peserta dan lain sebagainya.

Jadi silahkan sampaikan masalah yang dialami, yaitu sertifikat vaksin tidak muncul di PeduliLindungi. Selanjutnya petugas akan meminta beberapa data diri untuk membantu menyelesaikan masalah tersebut. Ingat, sebelum melakukan panggilan, terlebih dahulu pastikan nomor kalian memiliki pulsa sedikitnya 20.000.

Demikianlah penjelasan dari kodebpjs.com mengenai masalah sertifikat vaksin yang tidak tersedia di layanan PeduliLindungi. Selain itu, diatas kami juga menjelaskan seputar penyebab hingga solusi dari masalah tersebut. Dengan begitu, untuk kalian para peserta vaksin COVID-19 yang mungkin menjumpai kendala serupa, tidak perlu panik, cukup simak artikel diatas untuk mencari tahu solusinya.

Advertisements