9 Cara Cetak Sertifikat Vaksin Online 2022 : Syarat & Manfaat

Advertisements

Cara Cetak Sertifikat Vaksin Online – Sebagai salah satu upaya pencegahan wabah COVID-19, Pemerintah Indonesia menerapkan program suntik vaksin pada seluruh masyarakat. Cara ini berguna untuk memberikan kekebalan tubuh atau antibodi supaya mampu menangkal bahaya virus tersebut.

Awalnya program suntik vaksin hanya diberlakukan untuk para tenaga medis, mengingat mereka kerap bersentuhan langsung dengan para pasien penderita COVID-19. Setelah itu, baru para Lansia juga diminta untuk melakukan suntik vaksin berdasarkan arahan dari petugas COVID-19 setempat.

Hingga saat ini, suntik vaksin sudah menjadi kewajiban setiap warga negara Indonesia. Maka dari itu, jika ada salah satu dari kalian yang belum melakukan suntik vaksin, kami sarankan untuk segera mendaftarkan diri sebagai peserta vaksin COVID-19.

Advertisements

Sementara itu, penting diketahui bahwa setiap peserta nantinya bakal menerima sertifikat dalam bentuk Digital sebagai bukti bahwa orang tersebut sudah melakukan suntik vaksin. Nah, sertifikat tersebut juga bisa di cetak supaya mempermudah keperluan yang memerlukan syarat dokumen tersebut. Cetak sertifikat bisa dilakukan secara Online, sehingga jauh lebih praktis. Penasaran seperti apa cara cetak sertifikat vaksin Online? Simak informasi selengkapnya dibawah ini.

Syarat Cetak Sertifikat Vaksin Online

Syarat Cetak Sertifikat Vaksin Online

Advertisements

Seperti kami singgung diatas bahwa masing-masing peserta vaksin nantinya bakal diberi sertifikat vaksin dalam bentuk Digital. Data ini biasanya diberikan kurang lebih 2 x 24 jam setelah suntik vaksin dilakukan.

Pemberitahuan sertifikat akan dikirim via SMS ke nomor HP peserta yang sudah tercantum saat menjalani program tersebut. Di dalam SMS itu akan tertera Link atau tautan berisi sertifikat vaksin yang berguna untuk peserta cetak dokumen sertifikat vaksin.

Dengan begitu, pemberian sertifikat vaksin pada setiap peserta dilakukan secara Online. Sementara itu, untuk cetak dokumen tersebut juga bisa dilakukan via Online dengan cara memanfaatkan aplikasi PeduliLindungi.

Sebelum kami jelaskan seperti apa cara cetak sertifikat vaksin Online, terlebih dahulu kalian perlu memenuhi beberapa syarat dan ketentuan sebagai berikut :

  • Sudah menerima SMS pemberitahuan yang menyatakan bahwa sertifikat vaksin telah tersedia
  • Sudah membuat akun PeduliLindungi
  • Menginstall aplikasi PeduliLindungi
  • Memiliki koneksi internet
  • Smartphone / PC / Laptop sudah terhubung ke Printer

Cara Cetak Sertifikat Vaksin Online

Cara Cetak Sertifikat Vaksin Online

Setelah memenuhi semua syarat dan ketentuan diatas, selanjutnya kami bakal menjelaskan bagaimana cara cetak sertifikat vaksin Online di aplikasi PeduliLindungi. Tanpa perlu berlama-lama lagi, langsung saja simak tutorial selengkapnya dibawah ini :

1. Buka Aplikasi PeduliLindungi

Buka Aplikasi PeduliLindungi

Langkah pertama silahkan buka aplikasi PeduliLindungi di smartphone. Pastikan perangkat memiliki koneksi internet.

2. Pilih Menu Sertifikat Vaksin

Pilih Menu Sertifikat Vaksin

Kemudian pada halaman utama kalian pilih menu Sertifikat Vaksin. 

3. Tap Nama Peserta

Tap Nama Peserta

Setelah itu tap nama peserta Vaksinasi COVID-19 (nama kalian).

4. Pilih Sertifikat

Pilih Sertfikat

Lalu pada halaman selanjutnya kalian pilih sertifikat vaksin yang ingin di cetak.

5. Unduh Sertifikat

Unduh Sertfikat 1

Kemudian klik Unduh Sertifikat di pojok kanan bawah. Jika sudah, maka file tersebut akan tersimpan di galeri smartphone.

6. Buka Galeri

Buka Galeri

Sekarang buka galeri lalu cari file sertifikat vaksin yang sudah di download.

7. Tap Ikon Bagikan

Tap Ikon Bagikan

Setelah itu tap ikon Bagikan (lihat gambar diatas)

8. Pilih Ikon Printer

Pilih Ikon Printer

Pada tampilan pop-up yang muncul, langsung saja klik ikon Printer untuk mencetak dokumen tersebut.

9. Klik Cetak

Klik Cetak

Pastikan smartphone kalian sudah terhubung ke perangkat Printer. Jika sudah, silahkan klik Cetak untuk menampilkan dokumen sertifikat vaksin dalam bentuk fisik.

Manfaat Sertifikat Vaksin

Sampai disini kalian sudah tahu bagaimana cara mencetak sertifikat vaksin di aplikasi PeduliLindungi. Memangnya apa sih manfaat sertifikat vaksin sampai perlu di cetak segala? Jadi, untuk saat ini dokumen tersebut memiliki peran yang sangat penting.

Diatas kami juga menyebutkan bahwa sertifikat vaksin hanya bisa diberikan pada setiap masyarakat sudah melakukan suntik vaksin. Oleh karena itu, bagi yang belum kami sarankan untuk segera melakukan suntik vaksin, saat ini juga telah tersedia pendaftaran vaksin via Online.

Jika sudah, artinya kalian bisa melakukan cara diatas untuk cetak sertifikat vaksin Online. Berikut adalah beberapa manfaat sertifikat vaksin yang berhasil kami rangkum, diantaranya :

  • Sebagai syarat masuk ke tempat / fasilitas umum seperti Supermarket, Tempat Wisata, Tempat Olahraga, Restoran dan lain sebagainya.
  • Sebagai syarat untuk mengurus data kewarganegaraan (eKTP, Akta, Kartu Keluarga, NPWP dan lain sebagainya)
  • Sebagai syarat mengikuti kompetisi sepakbola liga 1
  • Sebagai syarat utama menggunakan fasilitas transportasi umum (kereta api, MRT, KRL, TransJakarta, pesawat, bus dan kapal laut)
  • Sebagai syarat untuk menginap di Hotel non-penanganan COVID (tidak digunakan sebagai tempat karantina)

Bagi yang sudah terdaftar sebagai peserta vaksin tahap I dan tahap II sekaligus telah mencetak sertifikat vaksin Online, selanjutnya kalian juga bisa mendaftarkan diri sebagai peserta vaksin Booster yang bakal diselenggarakan dalam waktu dekat ini.

Demikianlah informasi dari kodebpjs.com mengenai syarat hingga tata cara cetak sertifikat vaksin Online melalui aplikasi PeduliLindungi. Selain itu, diatas kami juga menyebutkan manfaat atau kegunaan dari sertifikat vaksin. Dengan begitu, kami harap kalian semua yang sudah menerima sertifikat vaksin Digital segera mencetak dokumen tersebut.

Advertisements