[2020] Biaya Tes DNA di Indonesia : Manfaat & Prosedur

Biaya Tes DNA – Tes DNA? Mungkin menjadi salah satu proses tes yang biasa digunakan untuk mengetahui informasi genetika dari seseorang. Biasanya dilakukan oleh bayi atau anak yang ingin dicocokan dengan ayah atau orang tuanya

Serangkaian tes DNA ini nantinya dilakukan dibeberapa rumah sakit yang sudah tersedia laboratorium dengan peralatan yang modern. Banyak sudah rumah sakit saat ini dapat digunakan untuk melakukan tes DNA.

Dimana dalam tes DNA tersebut di setiap rumah sakit memberlakukan biaya yang berbeda. Kadang banyak orang yang bertanya-tanya mengenai biaya dari tes tersebut, terutama bagi para orang yang ingin melakukan tesnya.

Pada pembahasan kali ini kodebpjs.com akan sampaikan informasi mengenai biaya tes DNA tersebut agar nantinya yang bertanya-tanya bisa terjawabkan. Sehingga nantinya rasa ingin tahu tersebut tidak ada lagi.

Biaya Tes DNA Beserta Pengertian, Manfaat, dan Prosedur Tes DNA

Biaya Tes DNA Beserta Pengertian Manfaat dan Prosedur Tes DNA

Bagi anda yang penasaran akan besaran biaya yang dibutuhkan, berikut akan disampaikan secara jelas dibawah ini. Untuk lebih jelasnya simak ulasan ini sampai akhir agar anda tahu besaran biaya tesnya.

Pengertian Tes DNA

Pengertian Tes DNA

Apa itu tes DNA? mungkin sering di tanyakan oleh sebagian orang yang baru pernah mendengarnya. Sebenarnya tes DNA sendiri merupakan prosedur dimana digunakan untuk mengetahui informasi genetika dari seseorang, nantinya dengan tes DNA seseorang dapat tahu garis keturunan dan risiko penyakit tertentu.

Pada metode yang digunakan saat tes DNA sendiri ialah dengan mengidentifikasi fragmen-fragmen dari DNA itu sendiri. Bisa juga pengertian sederhananya dari tes DNA ialah metode untuk mengidentifikasi, menghimpun, dan menginventarisasi file-file khas karakter tubuh dari seseorang.

Biaya Tes DNA

Biaya Tes DNA

Berbicara besaran biaya yang dibutuhkan untuk melakukan tes DNA di Indonesia sendiri bisa dikatakan cukup beragam, tergantung dengan rumah sakit mana yang digunakan untuk tes. Biaya nantinya juga akan tergantung pada jenis dan tujuan dari tes DNA yang dilakukan oleh seseorang.

Namun besaran biaya tes tersebut pada umumnya di Indonesia bisa dimulai dari Rp 6.000.000 – Rp 10.000.000 itu juga tergantung dari rumah sakit yang akan melakukan serangkaian tesnya. Hal tersebut sama seperti BIAYA OPERASI GIGI BUNGSU dimana memiliki perbedaan biaya setiap rumah sakitnya.

Jadi saat ingin ingin melakukan tes DNA perlu menyiapkan uang sebesar itu atau bisa disarankan lebih, untuk mengantisipasi hal-hal lain yang memerlukan tambahan uang. Yang jelas siapkan uang di angka tersebut.

Manfaat Tes DNA

Manfaat Tes DNA

Setelah tahu mengenai harga tesnya dan belum berlanjut ke langkah prosedur tes DNA, anda terlebih dahulu untuk mengetahui serangkaian manfaat saat melakukan tes DNA. Lalu apa saja manfaat sebenarnya tes DNA? Berikut manfaat yang di dapat saat tes DNA.

  • Melacak hubungan keluarga seperti seorang anak dengan ayahnya.
  • Mengetahui kelainan genetika dari pasien (yang melakukan tes).
  • Memantau kesehatan bayi yang baru lahir.
  • Tes pra-imlantasi sebagai prosedur dari bayi tabung.
  • Mengungkap penyakit bawaan yang sebelumnya tidak diketahui.
  • Uji forensik.
  • Perbaikan gaya hidup sehingga tahu masalah yang diderita.

Prosedur Tes DNA

Prosedur Tes DNA

Nah jika anda berkeinginan menjalani serangkaian tes DNA, berikut ada beberapa prosedur yang perlu dilakukan, seperti:

1. Pengambilan sampel

Prosedur awal untuk melakukan tes DNA yaitu pengumpulan sampel. Nantinya sampel dapat berupa cairan dari tubuh maupun rambut yang dapat dijadikan bahan uji. Seperti air liur, ini merupakan salah satu tes sampel yang sangat sederhana.

2. Ekstraksi sel

Jika sudah ada bahan untuk dites, langkah selanjutnya yaitu sel dari bahan tersebut akan di ekstrak, ini dilakukan menggunakan cara memecah membran sel. Pada umumnya tahapan ini dilakukan dengan cara menambahkan enzim ke dalam larutan yang mengandung sampel DNA (air liur).

3. Pemisahan DNA

Prosedur atau langkah berikutnya yaitu pemisahan DNA, untuk cara pemisahan DNA paling umum sendiri dengan menggunakan proses elektroforesis. Dalam penggunaan metode ini nantinya akan menggunakan medan listrik dalam mengurutkan molekul pada sampel.

4. Penyalinan DNA

Prosedur selanjutnya sendiri berupa penyalinan DNA, dimana prosedur ini disebut juga dengan PCR. Nantinya salinan DNA inilah yang akan diuji untuk penanda genetik, mesin PCR dapat melakukan reaksi memperbanyak DNA secara keseluruhan. Nantinya proses PCR terdiri dari beberapa tahap yaitu tahap denaturasi, annealing dan ekstensi.

5. Pengujian DNA

Setelah penyalinan DNA maka berlanjut ke proses pengujian dari DNA tersebut, dimana dilakukan untuk menemukan penanda genetik dalam DNA yang dapat mengidentifikasi hubungan. Nantinya ribuan penanda genetik dapat diketahui, hanya saja pada tes DNA ini hanya akan mengetahui 16-21 penanda genetik yang lebih spesifik.

6. Pembandingan DNA

Jika sudah menemukan penanda genetik, proses atau langkah berikutnya hanya perlu bandingkan DNA, dimana dalam kasus DNA agar bisa mengetahui status anak dan ayah atau calon ayah harus cocok dengan setengah dari penanda genetik anak. Dimana setengah lainnya itu berasal dari genetik sang ibu.

Pada umumnya hasil tes DNA tersebut akan keluar dan bisa dilihat oleh si pasien dengan kurun waktu 2-4 minggu. Mungkin lama waktu tes DNA juga bisa berpengaruh dari rumah sakit yang melakukan uji atau tes tersebut.

Itulah yang dapat kodebpjs.com sampaikan untuk anda semua mengenai besaran biaya tes DNA beserta pengertian, manfaat dan prosedur dari tes DNA. Semoga dengan adanya informasi mengenai biaya operasi diatas dapat bermanfaat dan berguna bagi semuanya.