√ Biaya Imunisasi di Puskesmas 2021 : Jadwal & Efek Pasca Imunisasi

Biaya Imunisasi di Puskesmas – Imunisasi? Mungkin identik dengan salah satu tindak penyuntikan vaksin yang dilakukan kepada bayi. Tentu saja bagi sebagian orang imunisasi sudah tidak asing lagi, terutama di telinga para orang tua.

Di mana imunisasi (vaksinasi) adalah salah satu prosedur kesehatan dari pemerintah untuk meningkatkan kekebalan tubuh manusia agar terhindar dari berbagi penyakit berbahaya. Pemberian vaksin ini sendiri nantinya sesuai dengan dosis ketentuannya.

Nah bagi para orang tua di mana baru pertama kali memiliki buah hati/anak tentu akan bertanya mengenai apa harus dilakukan untuk bisa imunisasi. Tidak hanya itu saja, terkadang banyak para orang tua yang bertanya mengenai biaya imunisasi.

Mengenai apa yang harus dilakukan untuk bisa imunisasi sendiri para orang tua hanya perlu datang ke layanan kesehatan seperti rumah sakit dan puskesmas. Sedangkan untuk biayanya, termasuk beragam dan berbeda satu sama lain.

Biaya Imunisasi di Puskesmas Jadwal Efek Pasca Imunisasi

Nah, pada pembahasan kali ini sendiri kodebpjs.com akan sampaikan informasi mengenai biaya imunisasi bayi di puskesmas. Mungkin banyak para orang tua yang menanyakan soal biaya imunisasi ini saat pertama kali ingin melakukan imunisasi. Agar lebih jelas mengenai biaya imunisasi tersebut, simak sampai akhir.

Jenis Imunisasi di Indonesia

Jenis Imunisasi di Indonesia

Nah, untuk Anda yang belum tahu jenis imunisasi apa saja. Berikut akan disampaikan beberapa jenis imunisasi di mana umum dan bisa dilakukan di Puskesmas:

  • BCG
  • Campak
  • Dengue
  • DPT
  • Hepatitis A
  • Hepatitis B
  • Hib
  • HPV
  • Influenza
  • Japanese encephalitis
  • MMR
  • PCV
  • Polio
  • Rotavirus
  • Tifus
  • Varisela

Biaya Imunisasi di Puskesmas

Biaya Imunisasi di Puskesmas

Mengenai biaya sendiri, imunisasi nantinya akan diberikan biaya atau tarif yang berbeda antar pasiennya. Di mana nantinya sama seperti BIAYA USG DI PUSKESMAS atau pemeriksaan kesehatan lainnya.

Karena antar pasien non BPJS (umum) dan pasien peserta BPJS akan diberikan besaran biaya berbeda satu sama lain. Namun tidak perlu khawatir karena biaya bisa dikatakan terjangkau.

Pasien Non BPJS (Umum)

Untuk para pasien di mana tidak ikut serta program BPJS Kesehatan (Mandiri) dan berkeinginan melakukan imunisasi di Puskesmas, nantinya akan dikenakan tarif mulai dari Rp 2.000 – Rp 10.000. Namun angka tersebut umum dan bisa di kata setiap puskesmas di daerah-daerah lain juga nantinya akan memberlakukan biaya imunisasi berbeda.

Pasien BPJS

Sedangkan untungnya menjadi pasien BPJS Kesehatan, nantinya saat ingin melakukan imunisasi di puskesmas akan digratiskan atau tidak akan dikenakan biaya. Dengan begitu pasien (anak) yang ingin di imunisasi di Puskesmas tidak perlu mengeluarkan uang. Hal ini dilakukan oleh orang pemerintah dengan tujuan menjaga kekebalan tubuh manusia.

Jadwal Imunisasi

Jadwal Imunisasi

Nah, selain sudah tahu biaya imunisasi di atas, juga perlu mengetahui jadwal apa yang dilakukan imunisasi. Karena seperti diketahui sendiri, jika imunisasi di puskesmas memiliki jadwal tersendiri yang mana di hari tertentu akan ada waktu untuk melayani imunisasi.

Di mana di kebanyakan puskesmas di tanah air ini memiliki jadwal imunisasi 1 atau 2 kali seminggu. Jadi, bisa dikatakan tidak setiap hari imunisasi ini ada. Mengapa begitu? Itu dikarenakan vaksin yang digunakan oleh puskesmas berupa multi dose vial.

Yang mana satu kemasan vaksin nantinya akan digunakan untuk banyak anak, sehingga lebih baik mengumpulkan anak (pasien) terlebih dahulu baru membuat jadwal 1 imunisasi tersebut. Oh ya, setiap puskesmas nantinya akan memberlakukan jadwal berbeda.

Efek Pasca Imunisasi

Efek Pasca Imunisasi

Lalu apa hal apa yang dirasakan pasca melakukan imunisasi? Mengenai hal itu, ada beberapa vaksin di mana bisa memunculkan efek demam setelah diberikan kepada anak (pasien), salah satunya yaitu vaksin DPT.

Saat mengalami gejala atau efek itu sendiri, maka tidak perlu khawatir karena demam setelah imunisasi merupakan tanda jika obat sedang bereaksi. Namun bagi beberapa orang tua lebih memilih anaknya mendapatkan imunisasi vaksin yang tidak menimbulkan efek demam.

Hal itu untuk mengantisipasi anak bawel akibat demam sehingga bisa memunculkan rasa cemas orang tua yang berlebih nantinya. Dengan begitu, sebelum melakukan imunisasi di puskesmas atau layanan kesehatan lain konsultasikan terlebih dahulu dengan petugas/dokternya.

Mungkin itu saja dapat kodebpjs.com sampaikan mengenai biaya atau tarif imunisasi yang dilakukan di puskesmas. Semoga dengan adanya informasi biaya imunisasi di atas bisa bermanfaat dan berguna bagi semua membutuhkannya.