BPJSTKU Tidak Bisa Cek Saldo : 6 Penyebab & Cara Mengatasi

BPJSTKU Tidak Bisa Cek Saldo РSebagai seorang pekerja atau karyawan di suatu perusahaan, tentu banyak dari kalian yang menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Dengan cara bergabung sebagai peserta di program tersebut, maka kesejahteraan sosial para karyawan, mulai kecelakaan kerja hingga pertolongan medis yang diperlukan anggota keluarga peserta bisa lebih terjamin.

Sementara itu, nantinya masing-masing peserta wajib membayar iuran yang akan langsung memotong pendapatan per bulan. Iuran tersebut berjumlah 5,7% dari total penghasilan, hanya saja peserta cukup membayar 2% saja sedangkan untuk sisa nya menjadi tanggung jawab perusahaan.

Jumlah iuran yang terkumpul nantinya bisa dicairkan apabila selama menjadi karyawan di perusahaan tersebut kalian tidak pernah menggunakan dana iuran BPJS Ketenagakerjaan untuk keperluan medis apapun. Sementara itu, untuk mengetahui berapa jumlah saldo yang sudah terkumpul, kalian bisa melakukan cek saldo melalui aplikasi BPJSTKU.

Namun pernahkah kalian saat melakukan cek saldo di BPJSTKU mengalami kendala berupa informasi saldo tidak muncul dan lain sebagainya? Jika terjadi demikian, mungkin kalian belum tahu apa penyebabnya? Tenang, berikut ini telah kami siapkan penyebab tidak bisa mengetahui informasi saldo di BPJSTKU lengkap dengan cara mengatasinya.

BPJSTKU Tidak Bisa Cek Saldo

BPJSTKU Tidak Bisa Cek Saldo

Proses cek saldo BPJS Ketenagakerjaan biasanya dilakukan ketika peserta sudah hampir habis kontrak di perusahaan tempatnya bekerja. Sebab, setelah kontrak habis nantinya peserta bisa mencairkan saldo BPJS Ketenagakerjaan yang sudah terkumpul.

Namun ketika proses tersebut tidak bisa dilakukan, maka peserta tidak bisa mengetahui jumlah saldo BPJS Ketenagakerjaan yang dimiliki. Nah, bagi yang pernah atau bahkan sedang mengalami kendala serupa, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencari tahu penyebabnya.

Penyebab Gagal Cek Saldo Lewat BPJSTKU

Penyebab Gagal Cek Saldo Lewat BPJSTKU

Sesuai janji diatas, pada artikel berikut kami telah menyiapkan informasi seputar penyebab dari masalah gagal cek saldo BPJS TK melalui aplikasi. Jadi, masalah diatas besar kemungkinan terjadi karena beberapa faktor sebagai berikut :

1. Aplikasi BPJSTKU Belum di Update

Penyebab pertama adalah aplikasi BPJSTKU belum di update atau diperbarui. Perlu diketahui bahwa ketika sudah tersedia aplikasi versi terbaru namun kalian masih tetap menggunakan versi lama, maka bisa mengakibatkan beberapa fitur di dalam aplikasi versi lama tidak bisa digunakan, termasuk cek saldo.

2. Terlalu Banyak File Cache

Penyebab kedua adalah banyaknya file Cache atau file sampah dari aplikasi BPJSTKU itu sendiri. Untuk faktor ini dampaknya adalah menimbulkan berbagai macam Bug, mulai dari tidak bisa cek saldo, tidak bisa tambah KPJ hingga tidak bisa Login BPJSTKU.

3. Sistem Aplikasi Sedang Mengalami Gangguan

Sedangkan untuk penyebab terakhir sekaligus yang paling umum terjadi adalah karena sistem dari aplikasi tersebut sedang mengalami gangguan. Jika terjadi demikian, biasanya aplikasi sama sekali tidak bisa digunakan, termasuk saat ingin melakukan cek saldo Jaminan Pensiun maupun Jaminan Hari Tua (JHT) di BPJSTKU.

Cara Mengatasi Gagal Mengetahui Informasi Saldo BPJS TK via Aplikasi

Cara Mengatasi Gagal Mengetahui Informasi Saldo BPJS TK via Aplikasi

Setelah menyimak beberapa penyebab diatas, selanjutnya mari kita cari tahu bagaimana cara mengatasi BPJSTKU tidak bisa melakukan cek saldo. Tanpa perlu berlama-lama lagi langsung saja simak informasi selengkapnya dibawah ini :

1. Update Aplikasi BPJSTKU

Cara pertama untuk mengatasi masalah diatas adalah melakukan update BPJSTKU di Google Play Store (pengguna Android) dan App Store (pengguna iOS). Dengan cara ini diharapkan semua fitur di dalamnya bisa digunakan seperti biasa, tak terkecuali fitur cek saldo.

2. Bersihkan File Cache

Cara kedua adalah membersihkan semua file Cache yang dihasilkan oleh aplikasi tersebut. Untuk membersihkan file Cache kalian bisa memanfaatkan aplikasi pendukung atau melakukannya secara manual dengan langkah-langkah sebagai berikut :

  • Buka menu Setelan di smartphone
  • Pilih menu Apl
  • Pilih Kelola Aplikasi
  • Ketikkan BPJSTKU di kolom pencarian
  • Tap Hapus Data -> Bersihkan Cache
  • Selesai

3. Cek Saldo Dengan Cara Lain

Apabila kedua cara diatas tidak bisa mengatasi gagal cek saldo lewat BPJSTKU, maka solusi terakhir adalah melakukan cek saldo dengan cara lain. Kalian bisa cek saldo BPJS Ketenagakerjaan lewat SMS atau website resmi BPJS Ketenagakerjaan. Selain itu, kalian juga bisa membuat pengaduan masalah di aplikasi BPJSTKU supaya ditangani langsung oleh pihak penyedia jasa.

Jadi seperti itulah informasi dari kodebpjs.com mengenai penyebab dan cara mengatasi BPJSTKU tidak bisa cek saldo. Semoga dengan adanya informasi diatas, kalian para peserta BPJS TK tidak perlu lagi khawatir jika suatu saat mengalami kendala tidak bisa melihat informasi saldo atau masalah lain di aplikasi BPJSTKU.