Tidak Bisa Login BPJSTKU : Penyebab & Cara Mengatasi 2020

Tidak Bisa Login BPJSTKU – Permasalahan seperti tidak bisa login aplikisa BPJSTKU memang permasalahan yang wajar dan sering dialami oleh beberapa penggunanya. Hal ini bisanya dikarenakan beberapa faktor, sehingga banyak peserta kebingungan untuk mengatasinya.

Namun sebelum mengetahui penyebab dan cara mengatasinya, alangkah baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu mengenai BPJSTKU itu apa. BPJSTKU merupakan sebuah aplikasi resmi dari BPJSTK yang bisa dimanfaatkan oleh setiap peserta untuk memudahkan dalam mencari informasi dan mendapat update terbaru.

Peserta yang menggunakan aplikasi BPJSTKU dan sudah memiliki akun, dapat dengan mudah dalam pelaporan serta pengaduan atas masalah atau keluhan yang terjadi pada kepesertaan BPJSTK-nya. Selain itu peserta juga bisa CEK SALDO bahkan mencairkan saldo BPJSTK yang bisa diproses secara online.

Jadi jika terjadi masalah pada aplikasi BPJSTKU, peserta sering mengeluhkan karena peserta kurang dalam mendapatkan informasi dan harus datang langsung ke kantor jika ada suatu kepentingan. Dengan adanya aplikasi BPJSTKU ini tentunya kemudahan dapat dirasakan di genggaman tangan.

Penyebab dan Cara Mengatasi Tidak Bisa Login BPJSTKU

Tidak Bisa Login BPJSTKU

Nah kembali ke permasalahan mengenai tidak dapat loginnya ke aplikasi BPJSTKU, ada beberapa faktor seperti lupa username, email dan password ataupun terjadi kendala teknis lain. Untuk lebih jelasnya lagi mengenai penyebab dan cara mengatasinya, berikut akan disampaikan secara jelas seperti berikut.

Penyebab Tidak Bisa Login BPJSTKU

Penyebab Tidak Bisa Login BPJSTKU

Untuk penyebab aplikasi BPJSTKU anda tidak mau login biasanya ada beberapa faktor yang dapat muncul. Namun dari masalah-masalah tersebut memiliki penanganan yang hampir sama. Dan sebelum mulai mengatasi masalah tidak bisa login alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu penyebabnya.

Pada umunya para peserta BPJS Ketenagakerjaan yang memiliki permasalahan berupa tidak mau login BPJSTKU disebabkan oleh akun ganda atau dapat dikarenakan lupa dengan akun emailnya. Kedua masalah tersebut sering menjadi momok para pengguna aplikasi BPJSTKU.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Login BPJSTKU

Cara Mengatasi Tidak Bisa Login BPJSTKU

Cara mengatasi tidak login ke aplikasi BPJSTKU sendiri bisa dikatakan cukup mudah tergantung dengan penyebab yang ada. Namun kebanyakan cara mengatasinya itu sendiri hampir sama dan cukup sederhana.

1. Jangan Panik dan Khawatir

Cara atau langkah pertama mengatasi sebuah masalah berupa tidak bisa login ke aplikasi BPJSTKU sendiri yaitu jangan langsung panik. Karena jika sudah panik nantinya malah bisa memperkeruh suasana akibat tidak bisanya untuk berfikir.

Coba mengatasi dengan klik pada “Pendaftaran Pengguna BPJSTKU”. Masukkan alamat email yang diminta yaitu alamat email anda. Setelah mengisi alamat email dengan benar, klik Lanjut.

Jika sudah seperti itu maka akun BPJSTKU anda akan segera bisa dibuka. Namun jika muncul tulisan “Email Sudah Terdaftar” jangan panik, anda bisa lanjut ke langkah mengatasi berikutnya.

2. Coba Bergabung dengan Grup Akun Sosial Media BPJS Ketenagakerjaan

Langkah mengatasi masalah tidak dapat login aplikasi BPSJTKU bisa dengan anda bergabung ke grup BPJS Ketenagakerjaan di sosial media seperti facebook atau tweeter. Setelah itu tanyakan masalah yang dialami kepada adminnya.

Tunggu beberapa saat sampai petugas atau admin memberikan balasan terkait pada pertanyaan anda soal tidak mau login aplikasi BPJSTKU-nya. Harap bersabar mengenai langkah ini, karena admin juga akan merespon masalah peserta BPJS Ketenagakerjaan yang lain.

3. Mengatasi Akibat Akun Ganda

Saat mengatasi masalah tidak mau login aplikasi BPJSTKU akibat anda memiliki akun ganda walaupun sudah mencoba dengan menggunakan alamat email lain maka akan tetap tidak bisa login. Hal tersebut karena data NIK yang dulu terdaftar masih sama.

Uninstal aplikasi BPJSTKU yang telah terinstal pada smartphone atau HP anda. Setelah itu coba download atau unduh kembali BPJSTKU di Play Store atau App Store, tinggal sesuaikan dengan smartphone yang digunakan. Kemudian buka dan coba login ke BPJSTKU.

4. Jika Penyebab Akibat Lupa Akun Email

Dalam mengatasi masalah seperti ini nantinya peserta akan diberikan layanan chat langsung kepada admin. Anda akan di perintah untuk membuat laporan kepada petugas terkait untuk bisa membantu melakukan pengecekan akun BPJSTKU.

Data harus diisi sendiri seperti nomor referensi (nomor kepesertaan), nomor kependudukan, nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, nama ibu kandung, dan nomor e-KTP. Nantinya data tersebut dikirim lewat inbox (chat personal).

5. Menunggu Balasan Lebih Lanjut

Langkah berikutnya mengatasi masalah tidak mau loginnya ke aplikasi BPJSTKU yaitu dengan menunggu balasan chat yang akan diberikan oleh admin tadi. Biasanya admin akan menanyakan kepada anda mengenai perihal bersedianya mereset akun BPJSTKU selama maksimal 5 hari kerja serta balasan email dan nomor HP yang bisa dihubungi.

6. Cek Secara Berkala Email

Jika sudah ada balasan email yang disampaikan berisikan nomor NIK maupun akun lama sudah berhasil di reset. Maka dari pihak admin BPJS Ketenagakerjaan akan mengirim sejumlah data anda untuk mencoba pendaftaran ulang akun BPJSTKU kembali.

7. Hapus Data Cache

Jika cara atau langkah diatas masih saja belum berhasil dalam upaya anda mengatasi tidak dapat login ke aplikasi BPJSTKU. Maka anda perlu mencoba hapus data cache, biasanya setelah melakukan penghapusan data cache dan mencoba login BPJSTKU biasanya akan berhasil.

FAQ

1. Call Center BPJS Ketenagakerjaan?

Jika mengalami masalah tidak bisa loginnya ke aplikasi BPJSTKU, anda bisa lakukan pengaduan ke call center. Untuk nomor call center BPJS Ketenagakerjaan yaitu 175 atau 1500910.

2. Apakah Bisa Mencairkan Saldo JHT lewat Aplikasi BPJSTKU?

Bisa. Justru melakukan pencairan saldo lewat BPJSTKU akan lebih mudah karena anda hanya perlu melakukannya dengan HP.

Demikianlah informasi mengenai penyebab dan cara mengatasi masalah berupa tidak bisanya login BPJSTKU yang kodebpjs.com sampaikan. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat dan berguna bagi semua yang membutuhkan.