16 Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat ATM BRI Terbaru 2020

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat ATM BRI – BPJS merupakan salah satu program pemerintah yang memiliki sasaran kepada seluruh warga negara Indonesia, orang Indonesia wajib hukumnya memiliki BPJS tak terkecuali orang luar negeri atau sedang bekerja di Indonesia cukup lama juga harus dibuatkan. Hal itu berguna untuk lebih menjaga dan mengantisipasi hal terduga, barangkali terjadi hal yang tidak di inginkan dan bisa menggunakan BPJS kesehatan tersebut.

Nah BPJS kesehatan tersebut setiap bulannya harus diberikan iuran sebesar kelas apa yang dipilih pada saat dahulu pertama mendaftarkannya, cara bayar BPJS kesehatan juga ada berbagai macam cara. Salah satunya yaitu dengan cara yang akan Kodebpjs bahas kali ini yaitu dengan cara bayar BPJS kesehatan melalui ATM BRI, sebenarnya cara ini terbilang hampir sama seperti cara bayar BPJS lewat ATM Mandiri hanya saja membedakannya banknya saja.

Sebenarnya caranya tidak hanya bisa dilakukan lewat ATM saja ada juga yang lewat mobile bangking, dan sms bangking, mungkin hal itu akan membantu sekali bagi para peserta BPJS kesehatan jika akan membayarkan iuran setiap bulannya. Terlagi jika peserta tersebut memiliki jarak rumah dengan kantor BPJS memiliki jarak cukup jauh dan bisa memakan waktu cukup banyak hanya untuk datang ke kantor dan membayarkan iurannya.

Nah dengan kemajuan teknologi tersebut membuat bisa membayarkan iuran tersebut dengan cara datang ke ATM BRI terdekat atau bisa menggunakan cara banking hanya menggunakan smartphone atau HP di dalam genggaman di tangan. Nah cara menggunakan ATM BRI juga menjadi cukup ampuh mengingat semua orang pastinya sudah banyak yang menggunakan ATM namun belum banyak menggunakan mobile bangkingnya.

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat ATM BRI Terbaru

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat ATM BRI Terbaru

Selain itu cara membayarkan iuran dengan cara membayarnya di ATM juga akan lebih memudahkan peserta, tidak perlu mengantri panjang-panjang dan tidak perlu menunggu di panggil oleh petugas mungkin itu keunggulan jika melakukan pembayaran di ATM. Nah jika ada yang belum paham mengenai pembayaran lewat ATM BRI, tenang nanti akan disampaikan di bawah ini, oleh karena itu terus simak dan pahami sampai selesai agar anda paham mengenai cara atau langkah-langkahnya.

Hal-hal Harus di Perhatikan

Hal hal Harus di Perhatikan

Ingat Jatuh Tempo Pembayaran

Nah hal ini harus diperhatikan jika anda menjadi peserta BPJS Kesehatan, mengapa begitu karena adanya iuran setiap bulan harus dibayarkan menjadi tanggung jawab dan kewajiban bagi setiap pesertanya. Jatuh tempo pembayaran sangatlah penting hal itu jangan sampai di abaikan dan bahkan membayarkannya melebihi tanggal yang sudah di tentukan, bisa-bisa anda dikenai sebuah denda.

Denda BPJS kesehatan tersebut sebesar 2% dari iuran dibayarkan, anda bisa membayarkannya bulan depannya bersamaan dengan pembayaran iuran bulan depan. Sekali lagi jangan sampai lupa tanggal pembayaran yaitu paling lambat tanggal 10, agar tidak terkena denda nantinya dan mengeluarkan terlalu banyak uang. Oleh karena itu bisa buat jadwal di HP agar selalu ingat.

Perhatikan Bank Yang Akan di Tuju

BPJS kesehatan memang telah bekerja sama dengan beberapa bank terkemuka di Indonesia, tidak terkecuali BRI, Mandiri dan bank-bank lainnya. Hal itu membuat tidak semua bank bekerja sama dengan BPJS kesehatan, itu juga penting untuk diketahui bank mana saja yang bekerja sama dengan BPJS. Mungkin hal tersebut nantinya akan tidak membuat anda bingung saat melakukan pembayaran BPJS lewat ATM atau bank yang di miliki.

Periksa Nominal Pembayaran

Selanjutnya hal harus di perhatikan sebelum membayarkannya yaitu dengan mengecek nominal dimana nantinya akan dibayarkan, dengan begitu anda terlebih dahulu untuk mengecek kelas berapa dahulu saat mendaftarkan apakah kelas 1, kelas 2 atau kelas 3. Sebelum memulai pembayaran alangkah baiknya ATM BRI peserta terdapat saldo yang cukup untuk melakukan pembayaran.

Cara Bayar BPJS Kesehatan Melalui ATM BRI

Cara Bayar BPJS Kesehatan Melalui ATM BRI

Untuk cara sendiri terbilang sangat mudah tanpa ribet, berikut caranya:

  • Cara pertama datang ke ATM BRI terdekat yang ada di kota anda
  • Lanjut dengan masukan kartu ATM
  • Pilih bahasa dimana anda mengusainya
  • Lanjut dengan masukan 6 digit PIN
  • Kemudian pilih menu Bayar/Beli
  • Lanjut dengan pilih Menu Lainnya
  • Setelah itu pilih menu BPJS
  • Lanjut dengan BPJS Kesehatan, lalu Individu
  • Setelah cara diatas sudah, maka anda lanjut dengan masukan kode 89888 dan tambahkan 11 angka nomor akun virtual BPJS Kesehatan. Klik Benar
  • Selanjutnya masukan nominal dimana akan dibayarkan, Klik Benar
  • Tunggu sampai mesin ATM selesai memproses
  • Terakhir cetak struk sebagai tanda bukti anda telah melakukan pembayaran iuran BPJs kesehatan

Nah itu dia cara membayarkan iuran BPJS kesehatan melalui ATM BRI dengan sangat mudah tanpa ribet, semoga bisa bermanfaat dan berguna bagi semua yang membutuhkan mengenai cara ini. Sekedar catatan jangan sampai lupa jatuh tempo tanggal membayarkan iuran BPJS Kesehatan tersebut sehingga tidak terkena sebuah denda.