6 Cara Bayar BPJS Lewat ATM Mandiri Terlengkap 2020

Cara Bayar BPJS Lewat ATM Mandiri – Semakin berkembangnya teknologi, sejatinya semakin memudahkan pekerjaan manusia. Tidak terkecuali dengan lembaga pemerintah yaitu BPJS. Baik BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan telah bekerja sama dengan beberapa bank pilihan di Indonesia untuk memudahkan anggota BPJS melakukan pembayaran iuran setiap bulannya.

Salah satu bank yang bekerja sama dengan BPJS adalah bank Mandiri. Telah memiliki berjuta nasabah di seluruh Indonesia, membuat bank Mandiri semakin percaya diri untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada nasabah setianya. Salah satunya dengan adanya fasilitas bagi peserta BPJS agar semakin mudah untuk melakukan pembayaran BPJS melalui ATM Mandiri.

Anda tidak perlu repot mengantri di kantor BPJS untuk melakukan pembayaran iuran, karena saat ini anda dapat memilih metode pembayaran BPJS. Salah satu andalan masyarakat untuk membayar iuran BPJS lewat ATM. Bagaimana tidak? hampir di seluruh Indonesia telah tersebar luas mesin ATM yang di sediakan oleh bank-bank saat ini demi memudahkan para nasabahnya.

Bayar BPJS lewat ATM Mandiri memang mudah. Langkah-langkah yang bisa dilakukan seperti cara bayar BPJS di ATM pada umumnya. Harus anda perhatikan adalah jumlah iuran yang dibayarkan dan juga tanggal jatuh tempo pembayaran BPJS setiap bulannya. Hal itu sangat penting di perhatikan bagi semua anggota BPJS baik BPJS Kesehatan atau BPJS Ketenagakerjaan.

Cara Bayar BPJS Lewat ATM Mandiri Terlengkap

Cara Bayar BPJS Lewat ATM Mandiri Terlengkap

Dengan sedikit ulasan di atas mengenai metode bayar BPJS lewat ATM, tentu anda sudah memiliki gambaran ya?. Memang mudah melakukan pembayaran BPJS lewat ATM. Namun ada beberapa hal yang penting untuk di perhatikan demi kelancaran bayar BPJS lewat ATM. Bagaimana caranya? silahkan anda ikuti dan perhatikan langkah-langkah yang akan kami berikan di bawah ini.

Ingat Jatuh Tempo Pembayaran BPJS

Ingat Jatuh Tempo Pembayaran BPJS

Sebelum melakukan pembayaran iuran BPJS setiap bulan. Anda harus mengetahui tangal jatuh tempo pembayaran BPJS. Perlu anda ketahui bahwa pembayaran BPJS paling lambat di lakukan pada tanggal 10 setiap bulannya. Jika anda telat melakukan pembayaran pada bulan sebelumnya, maka bulan berikutnya harus membayar iuran beserta denda BPJS sebesar 2%. Oleh sebab itu, usahakan agar anda rutin melakukan pembayaran tiap bulan jangan sampai telat.

Perhatikan Bank yang di Tuju Untuk Pembayaran BPJS

Perhatikan Bank yang di Tuju Untuk Pembayaran BPJS

BPJS memang telah bekerja sama dengan beberapa bank terkemuka di Indonesia. Artinya tidak semua bank bekerja sama dengan BPJS, penting untuk mengetahui bank mana saja yang bekerja sama dengan BPJS. Sehingga nantinya anda tidak bingung saat melakukan pembayaran BPJS lewat ATM atau bank yang anda miliki. Terutama jika anda nasabah bank Mandiri yang ingin melakukan pembayaran BPJS melalui ATM.

Cek Nominal Pembayaran

Cek Nominal Pembayaran

Sebelum melakukan pembayaran BPJS lewat ATM Mandiri, sebaiknya cek dulu berapa jumlah nominal yang harus dibayarkan. Karena anda memilih metode pembayaran BPJS melalui ATM Mandiri, pastikan nominal yang ada di ATM anda minimal sesuai dengan tagihan, alangkah baiknya anda memiliki saldo di ATM lebih. Jangan sampai saldo ATM anda kurang dari jumlah tagihan BPJS.

Jumlah iuran yang harus anda bayarkan adalah iuran saat pertama kali mendaftar jadi peserta BPJS Kesehatan. Sesuai dengan kelas yang dipilih saat awal mendafatar. Jika pada saat awal mendaftar anda memilih kelas 1 maka bulan selanjutnya harus membayar iuran sesuai dengan kelas 1. Begitu juga berlaku untuk kelas 2 dan kelas 3 sesuai dengan kemampuan.

Cara Bayar BPJS Lewat ATM Mandiri

Cara Bayar BPJS Lewat ATM Mandiri

  • Silahkan pergi ke ATM Mandiri terdekat
  • Masukan kartu ATM
  • Kemudian pilih Bahasa Indonesia
  • Masukan 6 digit PIN anda
  • Pilih menu “Bayar/Beli”
  • Pilih menu “Lainnya”
  • Kemudian pilih menu “BPJS”
  • Pilih menu “BPJS Kesehatan”
  • Pilih menu “Individu”
  • Jika sudah, masukan kode 89888 dan tambahkan 11 angka nomor virtual akun BPJS anda, tekan “Benar”
  • Masukan jumlah nominal tagihan BPJS, tekan “Benar”
  • Tunggu sampai tertera konfirmasi pembayaran pada layar.
  • Pastikan keluar struk dari mesin tanda bahwa transaksi anda berhasil.

Dengan adanya cara bayar BPJS melalui ATM mempermudah anda agar tidak terjadi tunggakan iuran setiap bulan. Oleh sebab itu, pastikan anda tepat waktu membayar iuran sebelum jatuh tempo tanggalnya. Bank Mandiri menjadi salah satu bank yang bekerja sama dengan BPJS. Rutin membayar iuran BPJS artinya anda memudahkan urusan kesehatan seluruh masyarakat di Indonesia.