6 Cara Bayar BPJS Ketenagakerjaan Lewat BRILink & Syarat Ketentuan

Advertisements

Cara Bayar BPJS Ketenagakerjaan Lewat BRILink – Banyak keuntungan bisa didapatkan oleh para peserta BPJS Ketenagakerjaan dari berbagai program yang diberikan. Seperti ada Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Pensiun (JP).

Dalam rangka memperluas layanan, BPJS Ketenagakerjaan kini menggandeng PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk untuk memudahkan peserta dalam membayar iuran. Sehingga kini peserta BPJS Ketenagakerjaan tidak hanya bisa membayar iuran lewat ATM dan kantor, melainkan lewat agen BRILink.

Sejak soft launching dari layanan bayar iuran lewat BRILink ini sudah terjadi 1.172 transaksi yang dilakukan oleh para peserta Bukan Penerima Upah (BPU) dengan nilai pembayaran Rp 40 juta. Sedangkan untuk Penerima Upah (PU) ada 23 transaksi dengan pembayaran mencapai Rp 20 juta.

Advertisements

Menurut direktur Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Zainuddin mengatakan, jika kerjasama ini merupakan bagian program terkait memudahkan urusan dalam pendaftaran dan pembayaran iuran BPJS Ketenagakerjaan. Lantas bagaimana cara bayar iuran BPJS Ketenagakerjaan lewat BRILink?.

Cara Bayar BPJS Ketenagakerjaan Lewat BRILink

Advertisements

Terkait bagaimana cara pembayaran BPJS Ketenagakerjaan melalui BRILink sebenarnya caranya sangat mudah dan bisa dilakukan oleh peserta BPU dan PU. Namun bagi Anda yang masih bingung mengenai cara pembayaran tersebut, kali ini akan disampaikan secara lengkap bagaimana cara pembayaran iurannya.

Keuntungan Bayar Iuran BPJS Ketenagakerjaan di BRILink

Lalu apa keuntungan yang didapat saat melakukan pembayaran iuran BPJS Ketenagakerjaan di agen BRILink? Terkait keuntungan sendiri ada banyak, namun secara umum keuntungan didapatkan sendiri seperti misalnya:

  • Sudah banyak agen BRILink dan mudah ditemukan karena sudah tersebar di pelosok.
  • Tidak perlu datang ke kantor cabang bank BRI hanya untuk lakukan pembayaran.
  • Biaya admin sama seperti jika Anda melakukan pembayaran online lainnya.

Dengan kerja sama BPJS Ketenagakerjaan dengan BRI, secara tidak langsung akan mendorong peningkatan jumlah kepesertaan BPJAMSOSTEK, khususnya para pekerja BPU. Hal tersebut juga tidak lepas karena kehadiran aplikasi Jamsostek Mobile (JMO), yang memudahkan para pekerja BPU mendaftar jadi peserta BPJAMSOSTEK hanya lewat smartphone.

Syarat Bayar BPJS Ketenagakerjaan Lewat BRILink

Namun sebelum lanjut ke pembahasan mengenai cara bayar iuran, alangkah baiknya Anda mengetahui apa saja syarat ketentuan yang diperlukan untuk bisa bayar iuran di BPJS Ketenagakerjaan. Adapun beberapa syarat ketentuan bayar iuran BPJS Ketenagakerjaan seperti:

  • Menunjukkan kartu identitas diri berupa KTP.
  • Kartu kepesertaan / kode bayar iuran BPJS Ketenagakerjaan.
  • Uang sesuai nominal pembayaran iuran tertera.

Cara Bayar BPJS Ketenagakerjaan Lewat BRILink

Cara Bayar BPJS Ketenagakerjaan Lewat BRILink Syarat Ketentuan

Lalu bagaimana dengan cara bayar iurannya? Mengenai cara bayar sendiri cukup mudah, di mana Anda hanya perlu bayar iuran BPJS Ketenagakerjaan dengan mendatangi counter atau agen BRILink terdekat. Namun untuk lebih jelasnya bisa simak langkah pembayaran di bawah ini.

  • Pertama silakan siapkan terlebih dahulu syarat ketentuan pembayaran seperti diatas.
  • Setelah semua terpenuhi, maka lanjut datang ke warung atau agen BRILink terdekat.
  • Sesampainya di warung agen BRILink, maka sampaikan jika Anda ingin bayar iuran.
  • Kemudian agen BRILink akan memulai memproses pembayaran iuran BPJAMSOSTEK.
  • Kemudian lanjut serahkan syarat berupa kode pembayaran, KTP dan uang sejumlah iuran.
  • Kemudian tunggu sesaat sampai pihak agen BRILink menyelesaikan pembayaran Anda.

Setelah berhasil maka nantinya agen BRILink akan menginformasikan pembayaran telah berhasil dengan memberikan struk pembayaran sebagai bukti Anda telah melakukan pembayaran iuran BPJS Ketenagakerjaan lewat BRILink.

Biaya Admin Bayar BPJS Ketenagakerjaan Lewat BRILink

Lantas apakah ada biaya admin bayar BPJS Ketenagakerjaan di BRILink? Mengenai hal itu jawabannya ada. Jika ada berapakah besaran biaya admin yang diberikan? Terkait besaran pembayaran iuran BPJS Ketenagakerjaan lewat BRILink adalah Rp 2.500.

Jadi nantinya Anda hanya perlu membawa uang sejumlah iuran yang harus dibayarkan beserta biaya admin. Bisa dibilang, biaya admin akan jauh lebih irit dibandingkan jika Anda harus membayar iuran di kantor cabang BRI atau kantor BPJS Ketenagakerjaan yang lokasinya jauh.

Demikian kiranya pembahasan terkait cara bayar iuran BPJS Ketenagakerjaan lewat BRILink beserta informasi terkait lain yang dapat kodebpjs.com sajikan. Semoga adanya pembahasan terkait cara bayar lewat BRILink di atas bisa bermanfaat bagi semua yang membutuhkan.

Advertisements