7 Cara Bayar BPJS Lewat Akulaku 2021 : Syarat & Biaya Admin

Cara Bayar BPJS Lewat Akulaku – Peserta BPJS Kesehatan Mandiri memang wajib untuk membayarkan iuran kepesertaan yang telah dipilih saat pertama kali mendaftar. Dalam pembayaran BPJS inilah nantinya ada batas waktu bayar iuran. Jadi, jangan sampai telat melakukan pembayaran agar nantinya tidak dikenakan denda.

Untuk pembayaran iuran BPJS Kesehatan sendiri paling lambat yaitu tanggal 10 di setiap bulannya. Dengan begitu, usahakan jangan sampai bayar dengan melebihi tanggal jatuh tempo atau batas waktu pembayaran iuran kepesertaan BPJS Kesehatan.

Nah, dalam bayar BPJS itu sendiri bisa dikatakan banyak pilihan yang bisa dilakukan seperti bisa BAYAR BPJS LEWAT ATM, aplikasi mobile cash atau bisa lewat minimarket seperti Alfamart dan Indomaret. Selain itu, ternyata bayar BPJS bisa dilakukan lewat aplikasi pinjaman online bernama Akulaku.

Lalu bagaimana dengan cara bayar BPJS jika melalui Akulaku? Tentu pertanyaan seperti itu sering atau kerap muncul, apalagi bagi para peserta BPJS Kesehatan yang kebetulan juga memiliki pinjaman uang secara online di Akulaku. Tentunya hal itu juga bisa untuk di manfaatkan dalam pembayarannya.

Cara Bayar BPJS Lewat Akulaku

Agar lebih jelas dan paham akan cara bayar BPJS lewat Akulaku, berikut akan disampaikan secara lengkap langkah-langkahnya di bawah ini. Jadi, terus untuk simak dan pahami sampai akhir pembahasan ini sampai akhir, sehingga rasa penasaran Anda bisa terjawabkan.

Apa Itu Akulaku?

Apa Itu Akulaku

Sebelum berlanjut ke pembahasan mengenai cara bayar iuran BPJS lewat Akulaku, Anda terlebih dahulu untuk mengetahui apa itu sebenarnya Akulaku. Sehingga nantinya bisa dalam cara pembayaran akan lebih jelas dan paham mengenai langkah-langkahnya.

Akulaku sendiri ialah salah satu, aplikasi platform perdagangan di mana bisa memberikan fasilitas kegiatan jual beli secara online antara merchant dan pengguna aplikasi. Tentunya, bagi Anda yang baru pertama kali berbelanja online akan merasakan sensasi berbeda.

Karena Akulaku menawarkan kartu kredit online di mana memungkinkan untuk bisa kredit apa saja dan dimana saja. Anda bisa pinjam uang tunai di Akulaku dengan pencairan dana secara super kilat. Bahkan limit pinjaman tersebut bisa mencapai Rp 15 juta dengan jangka pengembalian hingga 15 bulan.

Besaran Iuran BPJS Kesehatan Saat Ini

Besaran Iuran BPJS Kesehatan Saat Ini

Selain pengertian dari Akulaku itu sendiri, Anda juga perlu tahu besaran iuran BPJS Kesehatan saat ini dari setiap kelas yang diberikan. Antara kelas I, II dan III akan berbeda satu sama lainnya, berikut rincian lebih jelasnya:

  • Iuran BPJS Kelas I : Rp 150.000
  • Iuran BPJS Kelas II : Rp 100.000
  • Iuran BPJS Kelas III : Rp 35.000

Jika melihat dari besaran biaya iuran di atas, bisa dikatakan ada kenaikan biaya dari tahun sebelumnya. Nah, jika demikian saat Anda memiliki anggota keluarga 3 orang dengan kelas II maka harus membayarkan sebesar Rp 300.000 per bulannya.

Syarat Bayar BPJS Lewat Akulaku

Syarat Bayar BPJS Lewat Akulaku

Setelah tahu sedikit mengetahui mengenai apa itu Akulaku dan besaran iuran BPJS untuk saat ini, mari berlanjut ke pembahasan mengenai pembayaran BPJS Kesehatan lewat Akulaku seperti yang sudah disampaikan pada judul di atas. Nah, untuk kelancaran dalam proses bayar BPJS melalui Akulaku ini sendiri, perlu diperhatikan mengenai apa syarat-syaratnya.

Sebenarnya tidak ada syarat khusus mengenai bayar BPJS lawat Akulaku, yang jelas limit kredit Akulaku masih mencukupi untuk melakukan pembayaran iuran BPJS Kesehatan tersebut. Nah, limit inilah yang didapat saat pertama kali Anda mendaftar di Akulaku.

Saat pendaftaran Akulaku, nantinya besaran limit kredit akan berbeda-berbeda. Sehingga bisa dipastikan setiap orang yang mendaftar pinjam uang secara online di aplikasi Akulaku, nantinya mendapatkan perbedaan limit kredit dan besar kemungkinan akan berbeda.

Selain syarat limit atau saldo di dalam aplikasi Akulaku tersebut, Anda juga perlu melengkapi beberapa syarat berikut agar proses pembayaran iuran BPJS dapat berjalan secara lancar tanpa ada kendala.

Kartu BPJS

Sebenarnya bukan kartunya dibutuhkan, melainkan hanya nomor kepesertaan dari BPJS nya. Karena nantinya saat sudah memulai proses bayar BPJS, Anda akan diminta memasukkan nomor pesertanya.

Internet

Karena Akulaku merupakan aplikasi online, dengan begitu pastikan koneksi internet harus stabil. Anda bisa gunakan internet rumah maupun paket data.

Cara Bayar BPJS Lewat Akulaku

Sudah tahu pengertian Akulaku dan syarat apa saja yang diperlukan untuk melakukan bayar iuran BPJS Kesehatan lewat Akulaku. Maka selanjutnya Anda hanya perlu tahu bagaimana cara melakukan pembayarannya. Untuk lebih jelas cara bayarnya, berikut akan disampaikan langkah-langkahnya secara lengkap:

1. Buka Aplikasi Akulaku

1. Buka Aplikasi Akulaku

Pertama, mulailah dengan buka dan masuk ke aplikasi Akulaku yang sudah ada di HP/smartphone Anda. Pastikan limit atau saldo di dalamnya mencukupi untuk membayar iuran BPJS.

2. Klik Menu Servis

2. Klik Menu Servis

Setelah berhasil masuk, maka Anda akan dibawa ke layar menu utama dari Akulaku dengan menampilkan beberapa pilihan menu. Langsung saja untuk pilih dan klik menu Service.

3. Pilih Menu BPJS

3. Pilih Menu BPJS

Nantinya, akan ada menu tampilan baru. Di situ banyak pilihan menu seperti ada Pulsa, Paket Data, Dana Cicil, KTA Asetku, Pascabayar, Listrik PLN, BPJS, Air PDAM dan lainnya. Anda hanya perlu pilih dan klik menu BPJS.

4. Masukkan Nomor Peserta BPJS

4. Masukkan Nomor Peserta BPJS

Langkah selanjutnya, peserta BPJS di mana akan bayar BPJS lewat Akulaku akan diminta untuk memasukkan nomor peserta BPJS. Jika sudah berhasil di masukkan maka klik BAYAR.

5. Pilih Bayar Dengan Saldo

5. Pilih Bayar Dengan Saldo

Nantinya akan muncul layar tampilan baru berupa konfirmasi pembayaran, Anda di situ hanya perlu memilih dan klik Bayar dengan saldo. Nantinya besaran jumlah tersebut sudah termasuk dengan biaya admin sekaligus.

6. Konfirmasi Pembayaran

6. Konfirmasi Pembayaran

Setelah itu, Anda akan diberikan tampilan menu baru berupa konfirmasi akhir dari pembayaran iuran BPJS. Cek dan periksa apakah semua data yang di masukkan sudah benar. Jika pun sudah maka klik SELANJUTNYA.

7. Pembayaran BPJS Berhasil

7. Pembayaran BPJS Berhasil

Dengan begitu, pembayaran BPJS Kesehatan lewat Akulaku pada bulan yang sudah ditentukan telah berhasil dibayarkan. Anda akan mendapatkan bukti seperti gambar di atas.

Biaya Admin Bayar BPJS Lewat Akulaku

Biaya Admin Bayar BPJS Lewat Akulaku

Berbicara mengenai bayar lewat aplikasi online, tentu akan ada sebuah biaya admin yang dikenakan kepada peserta BPJS atau pengguna Akulaku itu sendiri. Lalu berapa pengenaan biaya bayar BPJS lewat Akulaku itu sendiri?

Biaya admin bayar BPJS lewat Akulaku secara langsung akan dikenakan biaya sebesar Rp 2.500 untuk sekali transaksi. Tentu saja, hal itu masih sangat terjangkau. Mengingat sendiri sudah diberikan pinjaman dan uang dan biaya admin masih terbilang cukup kecil.

Jika melihat biaya admin tersebut, maka bisa dikatakan tidak jauh berbeda dengan biaya admin saat Anda melakukan pembayaran lewat layanan lain. Seperti misalnya bayar BPJS lewat Alfamart, Indomaret, Tokopedia, ATM dan lainnya.

Mungkin seperti itulah informasi dapat kodebpjs.com sampaikan mengenai cara bayar BPJS lewat aplikasi pinjaman online bernama Akulaku. Tentu dengan adanya cara bayar BPJS di atas, semoga bisa bermanfaat bagi siapa saja yang membutuhkan. Terutama bagi para peserta BPJS yang juga memiliki limit kredit di dalam Akulaku.