13 Cara Bayar BPJS Lewat Indomaret dan Alfamart 2021

Cara Bayar BPJS Lewat Indomaret dan Alfamart – Sudah menjadi kewajiban seorang peserta BPJS mandiri untuk membayar iuran setiap bulan. Iuran BPJS dapat dibayar dengan berbagai cara, baik secara online maupun offline.

Dalam upaya memberikan kemudahan kepada peserta BPJS dalam membayar iuran setiap bulan, pihak BPJS sendiri telah menjalin kerjasama dengan sejumlah platform mulai dari bank, e-commerce, kantor pos, hingga alfamart dan indomaret.

Cara bayar iuran lewat Indomaret dan Alfamart merupakan cara praktis untuk menemukan loket pembayaran BPJS terdekat. Pasalnya Alfamart dan Indomaret sudah tersebar di berbagai wilayah, kota maupun desa, sehingga mudah dijumpai.

Selain itu, bayar iuran lewat Indomaret dan Alfamart juga bisa dilakukan secara tunai maupun non tunai. Jadi, makin banyak opsi, maka makin mudah lagi dalam membayar iuran sesuai ketentuan.

Syarat dan Ketentuan Bayar BPJS

Syarat dan Ketentuan Bayar BPJS

Sebelum bayar BPJS di Indomaret atau Alfamart ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi. Syarat dan ketentuan bayar iuran BPJS yang wajib diketahui yaitu sebagai berikut.

  1. Menginformasikan nomor kartu BPJS, baik kesehatan maupun ketenagakerjaan.
  2. Bersedia membayar iuran ditambah biaya administrasi Indomaret atau Alfamart.
  3. Bayar iuran dilakukan sebelum jatuh tempo agar tidak dikenai sanksi dan denda.

Itulah beberapa syarat dan ketentuan dalam melakukan pembayaran biaya BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan mandiri. Untuk melakukan pembayaran, silahkan simak penjelasan lebih lengkapnya pada ulasan di bawah ini.

Cara Bayar BPJS Lewat Indomaret dan Alfamart

Cara Bayar BPJS Lewat Indomaret dan Alfamart

Sedangkan, untuk cara bayar BPJS lewat Indomaret dan Alfamart cukup mudah, Anda hanya perlu datang ke toko Indomaret atau Alfamart terdekat dengan membawa nomor kartu BPJS Kesehatan maupun Ketenagakerjaan.

Nantinya, pembayaran biaya iuran bisa dibayar secara tunai maupun non tunai. Akan tetapi, pembayaran yang dilakukan di minimarket akan dikenai biaya admin. Adapun caranya, ikutilah langkah-langkah di bawah ini.

Cara Bayar BPJS di Indomaret

Cara Bayar BPJS di Indomaret

  1. Langkah pertama, silahkan kunjungi toko Indomaret terdekat.
  2. Kemudian, datangi kasi dan sampaikan keperluan Anda ingin membayar BPJS.
  3. Nantinya, kasir Indomaret akan meminta Anda menyebutkan nomor kartu BPJS yang akan di bayar.
  4. Setelah itu, kasir akan melakukan verifikasi data sesuai nomor kartu yang Anda berikan.
  5. Lalu, kasir akan menginformasikan data kepesertaan BPJS Anda, mulai dari nama, besar iuran dan lain-lain.
  6. Jika informasi yang diberikan kasir Indomaret sudah sesuai, maka Anda bisa langsung melakukan pembayaran sesuai jumlah iuran BPJS Anda ditambah biaya admin Indomaret sebesar Rp. 3.500 secara tunai maupun non-tunai.
  7. Bayar BPJS lewat Indomaret telah selesai, kemudian kasir akan memberikan struk sebagai bukti pembayaran.

Cara Bayar BPJS di Alfamart

Cara Bayar BPJS di Alfamart

  1. Kunjungi toko Alfamart terdekat dengan membawa nomor kartu BPJS.
  2. Lalu, silahkan datangi kasir Alfamart dan sampaikan tujuan Anda ingin membayar iuran BPJS.
  3. Kemudian, tinggal informasikan nomor kartu BPJS yang akan Anda bayar.
  4. Kemudian, kasir akan menginformasikan, nama peserta dan rincian tagihan BPJS yang harus Anda bayar.
  5. Jika informasi yang diberikan sudah sesuai, lanjutkan dengan melakukan pembayaran secara tunai atau non tunai. Biaya admin bayar BPJS di Alfamart sebesar Rp. 3.500.
  6. Setelah itu, kasir akan memberi Anda struk bukti pembayaran. Bayar BPJS lewat Alfamart selesai.

Sekiranya seperti itulah cara bayar BPJS lewat Indomaret dan Alfamart. Perlu diperhatikan, pada saat melakukan pembayaran pastikan jumlah iuran yang diinformasikan kasir sudah sesuai, untuk memastikannya Anda mungkin bisa CEK IURAN BPJS terlebih dahulu sebelum membayarnya di Indomaret maupun Alfamart.

Sanksi dan Denda Telat Bayar BPJS

Sanksi dan Denda Telat Bayar BPJS

Perlu Anda ketahui, bahwasanya bayar BPJS harus dilakukan setiap bulan paling lambat setiap tanggal 10. Apabila pembayaran dilakukan lewat tanggal 10, maka Anda akan dikenai sanksi maupun denda sebagai berikut ini.

  1. Apabila telat bayar BPJS atau bahkan menunggak iuran berbulan-bulan, maka sanksi yang akan diterima yaitu kepesertaan BPJS akan non-aktif, sehingga Anda tidak bisa menggunakan BPJS untuk berobat, baik di faskes tingkat pertama maupun rumah sakit rujukan.
  2. Selain itu, bayar BPJS lewat tanggal jatuh tempo juga akan dikenai denda 2%.
  3. Sedangkan, untuk peserta yang memperoleh pelayanan rawat inap dalam waktu 45 hari sejak status kepesertaannya aktif kembali, maka denda yang harus dibayar yaitu sebesar 2,5% dari total biaya rawat inap dikali jumlah bulan tunggakan.

Itulah beberapa cara bayar BPJS lewat Indomaret dan Alfamart yang dapat kodebpjs.com sajikan. Dengan cara di atas, maka iuran BPJS bisa dibayar dengan segera. Demikian informasi dari kami, semoga membantu.