5 Cara Bayar BPJS Ketenagakerjaan Lewat Kantor Pos

Cara Bayar BPJS Ketenagakerjaan Lewat Kantor Pos – Seperti sudah Anda ketahui sendiri, jika pembayaran sebuah iuran BPJS Ketenagakerjaan bisa dilakukan lewat berbagai macam metode. Seperti misalnya bayar iuran BPJS Ketenagakerjaan lewat ATM atau Mobile Banking dari bank yang telah bekerja sama maupun bayar di kantor BPJS Ketenagakerjaan langsung.

Dalam waktu dekat ini, pihak BPJAMSOSTEK telah bekerja sama dengan Pos Indonesia dalam menghadirkan sebuah layanan untuk pekerja Penerima Upah (formal) dan Bukan Penerima Upah (informal). Di mana hal itu agar memudahkan para peserta atau calon peserta yang ingin daftar ikut kepesertaan maupun membayar iuran.

Apalagi seperti sudah diketahui sudah lebih 4.800 kantor pos telah tersebar di seluruh kecamatan di tanah air, ditambah lagi dengan 90.000-an agen Pospay di seluruh pedesaan. Tentu saja kerjasama ini diharapkan bisa memperluas kepesertaan dan membantu kemudahan bagi peserta untuk melakukan pembayaran iuran atas kepesertaan yang dimilikinya.

Mengenai kerja sama BPJS Ketenagakerjaan atau Jamsostek dengan kantor pos tersebut, pada pembahasan kali ini kodebpjs.com akan sajikan informasi terkait cara bayar iuran BPJS Ketenagakerjaan lewat kantor pos. Jadi untuk peserta yang ingin bayar iuran atau tagihan atas kepesertaannya bisa simak dan ikuti langkah berikut.

Citayam

Cara Bayar BPJS Ketenagakerjaan Lewat Kantor Pos

Syarat Bayar Iuran BPJS Ketenagakerjaan di Kantor Pos

Namun sebelum berlanjut ke pembahasan terkait cara bayar iuran BPJS Ketenagakerjaan di kantor POS, alangkah baiknya ketahui beberapa syarat ketentuan. Tujuan mengetahui syarat ini sendiri adalah guna memperlancar proses transaksi pembayarannya.

Sebenarnya tidak jauh berbeda dengan syarat bayar di kantor BPJS Ketenagakerjaan langsung. Di mana peserta hanya sudah memiliki nomor iuran sebagai nomor pembayarannya. Untuk mendapatkan nomor ini, Anda akan berikan saat pertama kali mendaftar kepesertaan.

Selain itu tentu saja membawa sejumlah uang dengan nominal sesuai pembayaran iuran yang harus dibayar. Jadi pastikan Anda sudah mengetahui berapa nominal uang cash yang harus disiapkan atau bisa bawa uang dengan jumlah nominal lebih.

Cara Bayar BPJS Ketenagakerjaan Lewat Kantor Pos

Jika sudah tahu apa saja syarat ketentuan membayar iuran BPJS Ketenagakerjaan lewat kantor pos di atas, selanjutnya Anda tinggal mengetahui cara atau langkah bayarnya. Di mana tidak jauh berbeda dengan cara bayar lewat kantor BPJS Ketenagakerjaan langsung.

1. Datang ke Kantor Pos Terdekat

Pertama, silakan datang ke kantor pos terdekat dengan lokasi Anda berada. Jangan lupa untuk bawa syarat ketentuan di mana tadi sudah disampaikan yaitu mengenai nomor atau kode pembayaran iuran dan sejumlah uang cash sesuai nominal.

2. Sampaikan Maksud Kedatangan

Jika sudah sampai, silakan berikan informasi tujuan secara lengkap pada petugas jika ingin melakukan pembayaran iuran BPJS Ketenagakerjaan. Dengan begitu petugas pos akan mulai membantu Anda untuk pembayarannya.

3. Berikan Informasi Kode Bayar Iuran

Langkah berikutnya petugas pos akan meminta kode bayar iuran BPJS Ketenagakerjaan tersebut kepada Anda. Silakan baca atau berikan kode bayar, lalu tunggu sebentar sampai petugas memberikan informasi lebih lanjut.

4. Konfirmasi Pembayaran

Setelah menunggu sebentar maka petugas pos akan membacakan ulang nama peserta yang terdaftar di mana akan dibayarkan iurannya. Jika sudah sesuai, silakan konfirmasi pada petugas jika pembayaran terkait sudah benar.

5. Proses Bayar Iuran Oleh Petugas

Setelah itu, petugas akan memproses pembayaran iuran BPJS Ketenagakerjannya. Silakan tunggu sampai petugas pos selesai dan memberikan struk sebagai bukti bayar pada iuran BPJS Ketenagakerjaan Anda.

Catatan : Jika di kantor pos sedang ramai, besar kemungkinan proses pembayaran iuran BPJS Ketenagakerjaan akan cukup lama. Untuk proses sebenarnya singkat, hanya menunggu antrean saja yang cukup panjang. Untuk yang tidak mau antri panjang maka bisa manfaatkan aplikasi Pospay dari Pos Indonesia untuk melakukan pembayaran iuran BPJS ketenagakerjaannya.

Itulah cara mudah bayar iuran BPJS Ketenagakerjaan lewat kantor pos yang dapat kodebpjs.com sajikan, semoga dengan adanya pembahasan cara bayar di atas bisa bermanfaat bagi semua yang membutuhkan. Terutama bagi Anda yang dekat dengan kantor pos dan kebetulan merupakan peserta BPJS Ketenagakerjaan, maka bisa manfaatkan cara bayar ini.