19 Cara Bayar BPJS Lewat BRImo 2021 : Denda & Tempo

Cara Bayar BPJS Lewat BRImo – Membayar iuran setiap bulannya merupakan kewajiban bagi peserta BPJS. Oleh sebab itu, untuk memudahkan peserta bayar iuran, pihak BPJS sendiri melakukan kerjasama dengan sejumlah bank di Indonesia untuk menyediakan metode pembayaran BPJS.

Salah satu bank yang telah bekerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan dengan menyediakan metode pembayaran BPJS yaitu bank BRI. Pihak Bank BRI sendiri menyediakan berbagai fitur dan fasilitas yang bisa dipergunakan untuk bayar iuran BPJS setiap bulannya.

Selain menyediakan CARA BAYAR BPJS LEWAT ATM BRI, pihak bank BRI juga menyediakan metode bayar lewat aplikasi BRImo. Aplikasi BRImo merupakan aplikasi mobile banking BRI yang akan memberikan kemudahan dan kenyamanan transaksi pembayaran BPJS secara online lewat HP.

Dengan begitu, maka Anda tidak perlu keluar rumah untuk bayar iuran BPJS di kantor cabang BRI maupun di loket pembayaran BPJS. Lantas, bagaimana cara bayar BPJS lewat BRImo? Adapun caranya melakukan pembayaran iuran BPJS Kesehatan melalui aplikasi BRImo yaitu sebagai berikut ini.

Iuran BPJS Per Bulan

Iuran BPJS Per Bulan

Sebelum bayar BPJS, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu berapa iuran per bulan yang harus dibayarkan. Besaran iuran BPJS Kesehatan telah tercantum dalam Peraturan Presiden No. 64 Tahun 2020 yaitu sebagai berikut.

  • Kelas 1 : Rp. 150.000
  • Kelas 2 : Rp. 100.000
  • Kelas 3 : Rp. 35.000

Itulah besaran iuran BPJS Kesehatan yang harus dibayarkan setiap bulannya. Nah, untuk lebih memastikan besaran biaya BPJS yang harus dibayar, maka sebaiknya sebelum membayar BPJS, silahkan CEK IURAN BPJS Anda terlebih dahulu sesuai kelas BPJS yang dimiliki.

Cara Bayar BPJS Lewat BRImo

Cara Bayar BPJS Lewat BRImo

Cara bayar BPJS lewat BRImo bisa dilakukan dengan melalui menu BRIVA dan bayar. Opsi bayar ini sangat mudah untuk dilakukan, bahkan bagi Anda notabene seorang pemula sekalipun bisa melakukan pembayaran melalui menu BRIVA dan menu bayar. Berikut cara bayarnya.

Membayar BPJS via BRIVA

Cara ini bisa Anda lakukan apabila pada aplikasi BRImo tidak tersedia pilihan menu BPJS. Adapun caranya, silahkan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Langkah pertama, silahkan buka aplikasi BRImo di smartphone Anda.
  2. Kemudian, lakukan login dengan memasukkan User ID dan Password. Lalu, tekan tombol ‘login‘.
  3. Langkah berikutnya, silahkan pilih menu ‘BRIVA‘ pada menu utama aplikasi BRImo.
  4. Selanjutnya, pilih rekening sumber dana yang akan digunakan untuk bayar iuran BPJS. Pastikan rekening yang dipilih punya saldo mencukupi.
  5. Setelah itu, pada kolom ‘nomor pembayaran‘ silahkan masukkan kode bayar BPJS yaitu 88888 diikuti dengan memasukkan 11 digit nomor kartu BPJS. (Contoh ; 8888898713456270). Jika sudah tinggal klik ‘Lanjut‘.
  6. Periksa kembali informasi pembayaran BRIVA. Jika semua data sudah sesuai, maka silahkan tekan ‘Konfirmasi‘. Lalu, pilih ‘lanjut‘.
  7. Terakhir tinggal, masukkan password BRImo dan tekan ‘lanjut‘, maka bukti pembayaran akan ditampilkan.

Bayar BPJS via BRImo

Sedangkan, jika pada aplikasi BRImo tersedia pilihan menu BPJS, maka Anda bisa melakukan cara ini karena lebih mudah dan simpel. Berikut cara membayar BPJS Kesehatan lewat BRImo.

  1. Pertama-tama, silahkan login ke aplikasi BRImo dengan memasukkan User ID dan Password.
  2. Selanjutnya, pilihlah menu ‘Bayar & Beli‘ di bagian bawah halaman utama aplikasi BRImo.
  3. Langkah berikutnya, pilihlah menu ‘Pembayaran‘ di sisi kanan atas.
  4. Kemudian, pilihlah menu ‘BPJS‘.
  5. Pilihlah rekening sumber dana yang akan digunakan untuk bayar BPJS.
  6. Lalu, masukkan kode bayar BPJS 88888 + 11 digit nomor kartu BPJS di kolom nomor pembayaran. Lalu, tekan ‘Lanjut‘.
  7. Kemudian, tekan tombol disisi kanan hingga berwarna oranye, untuk menyimpan nomor pembayaran. Buat nama pembayaran, lalu tekan ‘Lanjut‘.
  8. Tekan ‘Lanjut‘ apabila sumber dana dan nomor pembayaran sudah benar.
  9. Masukkan kode promo (jika punya) dan deskripsi (opsional). Periksa kembali data pembayaran BPJS Anda. Jika semua sudah sesuai, tekan ‘Konfirmasi‘.
  10. Halaman konfirmasi akan ditampilkan. Tekan ‘Lanjut‘ untuk menyelesaikan pembayaran.
  11. Selanjutnya, masukkan password transaksi BRImo. Lalu, tekan tombol ‘Lanjut‘.
  12. Bayar BPJS lewat BRImo telah selesai, bukti pembayaran akan ditampilkan, silahkan simpan bukti pembayaran BPJS tersebut.

Denda Telat Bayar BPJS

Denda Telat Bayar BPJS

Hal yang harus diperhatikan dalam membayar iuran BPJS yaitu denda keterlambatan. Dimana jika Anda telat bayar iuran BPJS, maka akan dikenai denda atau sanksi sebagai berikut.

  • Status kepesertaan menjadi non-aktif sejak tanggal 1 bulan berikutnya, sehingga penjaminan pelayanan kesehatan akan diberhentikan sementara.
  • Kepesertaannya bisa menjadi aktif lagi apabila peserta membayar iuran bulanan tertunggak paling banyak 24 bulan serta membayar iuran bulanan berjalan.
  • Bila dalam kurun waktu 45 hari sejak status kepesertaan aktif dan peserta membutuhkan pelayanan rawat inap, maka akan dikenai denda pelayanan sebesar 2,5%.

Oleh sebab itu, cara bayar BPJS lewat BRImo bisa jadi solusi untuk menghindari telat bayar. Selain itu, bayar iuran BPJS juga mesti dilakukan tepat pada tanggal jatuh tempo.

Jatuh Tempo Bayar BPJS

Jatuh Tempo Bayar BPJS

Meskipun cara bayar BPJS lewat BRImo akan lebih cepat, namun itu juga harus dilakukan sesuai tanggal jatuh tempo. Dimana denda telah bayar BPJS akan dikenakan bagi peserta yang membayar iuran melebihi batas waktu yang telah ditentukan.

Bayar iuran BPJS dilakukan setiap bulan paling lambat dilakukan setiap tanggal 10. Jadi, untuk menghindari denda dan sanksi keterlambatan, silahkan bayar BPJS sebelum jatuh tempo berakhir.

Itulah beberapa cara bayar BPJS lewat BRImo lengkap dengan denda dan jatuh tempo. Dengan cara cara di atas, maka cukup lewat HP saja Anda bisa membayar biaya BPJS kesehatan setiap bulan. Demikian artikel cara bayar BPJS lewat BRImo dari kodebpjs.com, semoga bermanfaat.