10 Cara Berhenti BPJS Ketenagakerjaan Gojek Terbaru 2020

Cara Berhenti BPJS Ketenagakerjaan Gojek – BPJS Ketenagakerjaan dimana merupakan program pemerintah dengan tujuan memberikan jaminan risiko kepada setiap para pekerja ini sudah bisa dirasakan oleh banyak peserta. Tidak terkecuali pada pengemudi atau driver Gojek.

Semua perusahaan yang memiliki lebih dari 10 tenaga kerja sudah wajib mendaftarkan para pekerjanya jadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Apalagi perusahaan Gojek yang sudah sangat banyak sekali tenaga kerjanya dari beberapa layanan yang tersedia.

Namun pada kesempatan kali ini  kodebpjs.com akan menyampaikan informasi mengenai cara berhenti BPJS Ketenagakerjaan Gojek. Pada umumnya berhentinya kepesertaan tersebut diakibatkan peserta ingin resign atau berhenti dari perusahaan Gojek dan beralih ke pekerjaan baru.

Dengan begitu akan secara otomatis jika resign dari perusahaan Gojek kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan juga akan berhenti. Lalau bagaimana caranya jika mitra driver Gojek ingin berhenti BPJS Ketenagakerjaan? Apakah caranya harus lewat kantor BPPJS Ketenagakerjaan lansgung atau melalui perusahaan.

Cara Berhenti BPJS Ketenagakerjaan Gojek Sendiri atau Perusahaan

Cara Berhenti BPJS Ketenagakerjaan Gojek

Dalam penonaktifan atau berhenti menjadi peserta tersebut sebenarnya sangatlah mudah dan bisa dikatakan hampir sama seperti cara menonaktifkan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan dari perusahaan lain. Cara berhenti atau menonaktifkan tersebut terdapat 2 cara yaitu bisa dilakukan secara mandiri/sendiri atau dari perusahaan Gojek tersebut yang akan mengurusanya.

Cara Berhenti Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Gojek Sendiri

Cara Berhenti Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Gojek Sendiri

Cara berhenti kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan yang pertama jika anda merupakan peserta penerima upah di perusahaan Gojek bisa dilakukan sendiri. Namun jika ingin berhenti dan menonaktifkan sendiri maka dapat dilakukan jika perusahaan bersangkutan belum memberhentikan kepesertaan anda.

Dengan begitu pastikan ada sebuah pembicaran antara peserta BPJS Ketenagakerjaan dengan perusahaan Gojek, sehingga tidak ada miskomunikasi. Jika sudah membicarakan peserta BPJS Ketenagakerjaan yang bekerja di perusahaan Gojek dan ingin berhenti kepesertaannya maka akan di berikan surat penonaktifan dari pihak perusahaan.

  1. Pertama anda siapkan surat resign atau surat referensi kerja dari perusahaan Gojek. Didalam surat referensi tersebut berisi berupa pernyataan jika benar pernah bekerja di perusahaan bersangkutan serta berisi informasi mengenai durasi kerja, alamat penempatan dan keterangan lainnya.
  2. Selanjutnya lengkapi dokumen pendukung seperti Kartu BPJS Ketenagakerjaan (KPJ), fotokopi KTP, fotokopi Kartu Keluarga, fotokopi Akta kelahiran dan pas foto 3 × 4 (2 lembar).
  3. Jika surat dan dokumen sudah lengkap maka datanglah ke kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat di daerah anda.
  4. Setelah itu lanjut dengan ambil nomor antrean dan tunggu sampai nomor di panggil oleh petugas.
  5. Saat giliran dipanggil nomor urutnya maka langsung saja temui petugas dan sampaikan maksud kedatangan dimana akan mengurus penonaktifan atau berhenti jadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.
  6. Terakhir yaitu pelunasan tunggakan, jika anda memiliki tunggakan maka wajib melunasinya. Jika tidak ada tunggakan maka secara otomatis anda akan diberi surat keterangan berisi penonaktifan/berhenti kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan. Adapun jika ada saldo di kepesertaan tersebut maka anda bisa coba klaimkan sekalian, coba tanyakan langsung pada petugas apakah bisa.

Cara Berhenti Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan lewat Perusahaan

Cara Berhenti Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan lewat Perusahaan

Untuk cara yang kedua ini anda bisa berhenti dengan dibantu atau dilakukan oleh pihak perusahaan tempat bekerja dalam artian Gojek. Dimana sebelumnya anda harus melaporkan kepada pihak perusahaan Gojek jika anda ingin berhenti, nantinya penonaktifan/berhenti kepesertaan tersebut akan segera di proses.

Kemudian anda diminta untuk mengisi formulir penonaktifan, setelah itu diisi semuanya dan kembalikan. Maka perusahaan Gojek akan memproses penonaktifan BPJS Ketenagakerjaan anda. Nantinya anda akan diberikan bukti berupa surat keterangan berhenti yang menyatakan jika peserta bersangkutan sudah berhenti bekerja di perusahaan Gojek dan kepesertaan BPJS ketenagakerjaan.

FAQ

1. Apakah BPJS Ketenagakerjaan Bisa Langsung Dicairkan?

Untuk anda yang baru berhenti menjadi kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan maka tidak bisa langsung dicairkan, harus menunggu satu bulan setelah berhenti bekerja.

2. Cara Mengetahui Apakah BPJS Ketenagakerjaan Masih Aktif atau Tidak?

Untuk memastikan jika kepesertaan anda sudah tidak aktif atau berhenti maka bisa coba cek via aplikasi BPJSTK Mobile yang sebelumnya digunakan.

3. Berapa Lama Proses Non Aktif BPJS Ketenagakerjaan?

Status kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan sudah nonaktif/berhenti minimal satu bulan.

Mungkin itulah yang bisa kodebpjs.com sampaikan mengenai cara menonaktifkan atau berhenti kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan bagi peserta yang bekerja di perusahaan Gojek. Dimana cara tersebut tidak jauh berbeda dengan CARA MENONAKTIFKAN BPJS KETENAGAKERJAAN dari perusahaan atau tempat bekerja yang lainnya. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat dan berguna bagi semua yang membutuhkan.