4 Cara Ganti Nomor Handphone BPJSTKU Termudah 2020

Cara Ganti Nomor Handphone BPJSTKU – Sama halnya dengan layanan BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan juga banyak memberikan kemudahan bagi para pesertanya. Salah satunya dengan diberikannya aplikasi bernama BPJSTKU.

Dimana para peserta BPJS Ketenagakerjaan bisa mengakses aplikasi BPJSTKU untuk melakukan berbagai hal, seperti melakukan pengajuan klaim JHT, pendaftaran antrean online dan masih banyak lainnya. Aplikasi ini tentunya sangat bermanfaat sekali untuk para peserta.

Namun sebelum bisa menikmatinya anda para peserta BPJS Ketenagakerjaan harus DAFTAR BPJSTKU terlebih dahulu. Jika sudah baru bisa rasakan kemudahan atas layanan aplikasi bernama BPJSTKU ini dalam mengakses beberapa layanan yang diberikan.

Namun sebenarnya pada pembahasan kali ini kodebpjs.com akan membahas mengenai cara ganti nomor handphone di aplikasi BPJSTKU. Karena penggunaan aplikasi ini didaftarkan atau registrasi dengan menggunakan atau memasukkan nomor handphone.

Cara Ganti Nomor Handphone BPJSTKU Cepat Mudah & Terbaru

Cara Ganti Nomor Handphone BPJSTKU

Ganti nomor HP di akun BPJSTKU sendiri bisa dilakukan akibat berapa faktor, seperti nomor yang terdaftar hilang atau sudah tidak aktif. Dengan begitu mengganti nomor baru menjadi solusinya, dan untuk cara menggantinya sendiri terdapat beberapa cara, berikut cara-cara tersebut.

1. Ganti Nomor Handphone BPJSTKU lewat Website Resmi

Untuk cara ganti nomor handphone yang sudah terdaftar di akun BPJSTKU pertama yaitu ganti lewat website resmi BPJS ketenagakerjaan yaitu di https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/. Berikut cara mudah gantinya:

  • Pertama buka broswer dan masuk ke alamat website tersebut.
  • Lanjut dengan masukkan ALAMAT EMAIL, KATA SANDI, centang Saya bukan robot dan klik GABUNG.

Masukkan ALAMAT EMAIL KATA SANDI centang Saya bukan robot dan klik GABUNG

  • Setelah itu muncul menu utama dilayar handphone, langsung saja klik Strip Tiga di pojok kanan atas.

Klik Strip Tiga

  • Kemudian akan muncul pilihan lainnya, langsung saja pilih Pengaturan.

Pilih Pengaturan

  • Nantinya akan muncul kembali pada layar yang memberikan 4 pilihan menu & 4 menu pengaturan.

4 pilihan menu 4 menu pengaturan

  • Lanjut dengan klik pada Ganti Nomor HP.

Klik Pada Ganti Nomor HP

  • Lalu isikan nomor handphone baru yang akan dimasukkan dan klik Kirim.

Masukkan Nomor Baru dan Klik Kirim

  • Kemudian anda akan mendapatkan SMS berupa kode verifikasi layanan BPJSTK ke nomor baru tersebut sebagai PIN verifikasi.
  • Masukkan 6 digit angka tersebut di kolom verifikasi dan selesai, maka nomor handphone lama di akun BPJSTKU sudah berhasil di ubah dengan nomor handphone baru.

2. Ganti Nomor Handphone lewat Aplikasi BPJSTKU

Ganti Nomor Handphone lewat Aplikasi BPJSTKU

Cara ganti nomor handphone yang kedua bisa juga lewat layanan aplikasi  BPJSTKU langsung. Caranya tidak jauh berbeda dengan cara diatas, hanya saja letak menu-menunya saja yang berbeda.

Mungkin jika anda menggunakan aplikasi BPJSTKU bisa manfaatkan ganti nomor handphone lewat aplikasi saja. Bisa dikatakan caranya sama mudahnya dengan cara ganti nomor BPJSTKU yang pertama.

3. Cara Ganti Nomor Handphone BPJSTKU lewat SMS

Cara Ganti Nomor Handphone BPJSTKU lewat SMS

Cara ganti yang ketiga masih seputar menggunakan handphone saja, dimana kedua cara tersebut lewat layanan aplikasi. Cara ketiga ini anda bisa lakukan dengan cara mengirim SMS lewat handphone saja.

Untuk caranya cukup mudah dan sederhana, dimana peserta BPJS Ketenagakerjaan yang akan ganti nomor handphone akun BPJSTKU perlu mengirimkan SMS dengan format:

DAFTAR(spasi)GANTI(spasi)NO_HP_BARU#NO_HP_LAMA#NO_KTP

Contoh : DAFTAR GANTI 085221234567#085227654321#1421092407760002

Setelah menuliskan format tersebut langsung saja kirimkan ke 2757, nantinya ada balasan dari nomor tersebut yang menyatakan anda telah berhasil mengubah nomor handphone. Ganti nomor handphone aplikasi BPJSTKU lewat SMS berhasil.

4. Ganti Nomor Handphone BPJSTKU lewat Kantor BPJS Ketenagakerjaan

Ganti Nomor Handphone BPJSTKU lewat Kantor BPJS Ketenagakerjaan

Cara terakhir ganti nomor HP BPJSTKU yang terakhir bisa dilakukan dengan cara datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan langsung. Caranya cukup mudah yaitu hanya perlu datang dan temui petugas yang sedang berjaga.

Namun untuk kelancaran proses ganti nomor handphone BPJSTKU tersebut maka persiapkan terlebih dahulu mengenai syarat diperlukannya. Biasa peserta BPJS Ketenagakerjaan yang akan ganti nomor handphone akan dimintai persyaratan seperti:

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • Nomor handphone yang baru.

Mungkin itulah informasi yang dapat kodebpjs.com sampaikan mengenai cara ganti nomor HP BPJSTKU mudah dan sederhana. Dimana dalam pengantian tersebut anda bisa melakukan beberapa cara seperti lewat aplikasi, website, SMS, atau datang langsung ke kantor.