6 Cara ke Psikolog Pakai BPJS Kesehatan Gratis Tanpa Biaya!

Cara ke Psikolog Pakai BPJS – Banyak manfaat yang dirasakan oleh para peserta BPJS kesehatan, salah satunya adalah berobat di klinik maupun rumah sakit secara gratis dengan kartu kepesertaannya. Dengan catatan berobat di fasilitas kesehatan yang terdaftar.

Hingga saat ini ada banyak penyakit yang ditanggung oleh pihak BPJS kesehatan, bahkan tidak hanya penyakit saja. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial ini juga memberikan beberapa pelayanan lain termasuk konsultasi ke psikolog.

Citayam

Pelayanan konsultasi ke psikolog sendiri meliputi promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif. Nah bagi peserta BPJS yang ingin konsultasi ke psikolog bisa mendatangi faskes tingkat pertama terdaftar terlebih dahulu.

Namun dalam beberapa kasus, banyak pengguna yang masih bingung mengenai cara ke psikolog pakai BPJS. Untuk hal itu, kami akan sampaikan informasinya secara lengkap di bawah ini mengenai cara ke psikolog pakai kepesertaan BPJS Kesehatan.

Cara ke Psikolog Pakai BPJS Kesehatan Gratis Tanpa Biaya

Apakah ke Psikiater Bisa Pakai BPJS?

Namun guna Anda yang masih bertanya-tanya “Apakah ke psikiater / psikolog bisa pakai BPJS” mari kulik tuntas penjelasannya. Di mana untuk konsultasi ke psikolog, para peserta bisa memakai kepesertaan BPJS kesehatannya.

Bahkan menurut informasi yang didapat, peserta BPJS tinggal perlu mendatangi saja fasilitas tingkat pertama yang terdaftar. Kemudian lanjut dengan menemui dokter spesialisnya guna melakukan serangkaian konsultasi.

Syarat ke Psikolog Pakai BPJS

Syarat ke Psikolog Pakai BPJS

Dalam proses konsultasi ke psikolog sendiri ada beberapa syarat atau hal yang musti peserta lengkapi. Tujuannya agar proses konsultasi pakai BPJS bisa berjalan lancar tanpa ada kendala, adapun syarat dimaksud seperti:

  • Fotokopi KTP.
  • Fotokopi KIS/BPJS.
  • Fotokopi kartu keluarga (KK).
  • Surat rujukan.

Dengan catatan kartu kepesertaan BPJS Kesehatan aktif atau tidak ada tunggakan iuran bulan sebelumnya yang belum terbayar. Hal ini menjadi salah satu syarat wajib bagi peserta BPJS yang ingin memanfaatkan kepesertaan untuk berobat atau konsultasi.

Cara ke Psikolog Pakai BPJS

Cara ke Psikolog Pakai BPJS

Jika sudah melengkapi syarat ketentuan ke psikolog pakai BPJS di atas, maka selanjutnya Anda tinggal mengetahui bagaimana cara ke psikiater dengan memanfaatkan kepesertaan BPJS. Untuk langkahnya bisa simak di bawah ini.

1. Cari Informasi Faskes Apakan Ada Layanan Psikolog

Cara ke psikolog pakai BPJS pertama yaitu adalah dengan mencari tahu dahulu faskes (puskesmas/klinik terdekat) sudah sediakan layanan poli jiwa atau belum. Karena di beberapa pusat kesehatan masyarakat ada yang belum memiliki layanan ini.

Jikapun belum menyediakan, maka pihak faskes akan memberikan surat rujukan agar pasien bisa mendapatkan layanan konsultasi psikolog di fasilitas kesehatan tingkat lanjutan yang menyediakan layanan konsultasi gangguan kejiwaan dan mental.

2. Siapakan Berkas Administrasi

Cara ke psikolog pakai BPJS kedua adalah menyiapkan berkas administrasi yang sudah kami sampaikan di atas. Dengan tujuan untuk jika Anda merupakan peserta BPJS aktif, agar nantinya proses bisa berjalan lancar.

3. Berkunjung ke Faskes

Cara ke psikolog ketiga adalah dengan berkunjung ke faskes terdekat yang sudah memiliki layanan psikolog atau psikiater. Dengan begitu, cara pertama menjadi salah satu hal terpenting yang dilakukan oleh para pasien sebelum berkonsultasi ke psikolog.

4. Proses Verifikasi

Cara ke psikolog pakai BPJS keempat adalah melanjutkan ke proses verifikasi berkas administrasi di faskes. Jika sudah, baru Anda mulai mendaftar dan mendapat nomor antrian. Anda bisa mempertimbangkan registrasi jauh-jauh hari.

5. Bertemu Psikolog

Cara ke psikolog kelima adalah menemui psikolog untuk lakukan konsultasi dan wawancara. Silakan sampaikan keadaan secara terbuka dengan menjelaskan secara singkat dan mudah dipahami, usahakan sampaikan tanpa yang ada ditutupi.

Dengan begitu, maka psikiater akan berikan beberapa tes dan resep obat ke pada pasien. Pemberian obat mungkin akan dianjurkan atau diresepkan oleh dokter jika peranan obat dalam mendukung pemulihan mental. Anda bisa dapatkan obat di farmasi dengan anjuran dosis yang diberikan dokter.

6. Lakukan Berkala

Cara ke psikolog pakai BPJS keenam adalah dengan melakukan / bertemu psikiater secara berkala. Hal itu dikarenakan gangguan kejiwaan tidak bisa sembuh secara instan dan membutuhkan waktu. Lakukan sampai ada perubahan yang lebih positif.

Manfaat Konsultasi ke Psikolog

Jika sudah tahu syarat dan cara ke psikologi dengan BPJS di atas, maka selanjutnya Anda tinggal mengetahui apa saja manfaat yang didapatkan dengan konsultasi ke psikolog. Adapun manfaat tersebut antara lainnya seperti:

  • Guna mendiagnosis dan mengatasi gangguan mental (depresi, gangguan kecemasan, bipolar dan skizofrenia).
  • Membantu dalam memahami dan mengubah sudut pandang atas permasalahan sedang dihadapi.
  • Membantu mengatasi kesedihan, rasa cemas, rasa takut berlebihan, dan kebiasaan buruk yang mengganggu aktivitas.
  • Membantu menjadi titik tengah atau meluruskan masalah dalam hubungan dengan orang lain (keluarga, teman dan pasangan).
  • Membimbing atau memberi saran dalam menyelesaikan masalah.

Adakah Biaya saat ke Psikolog Pakai BPJS

Menjawab pertanyaan “Adakah biaya saat ke psikolog pakai BPJS?”, seperti sudah dibahas sedikit di atas, jika mana proses konsultasi ke psikiater atau psikolog menjadi salah layanan yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

Dengan begitu, para peserta BPJS aktif tidak akan dikenai biaya apapun saat bertemu psikolog. Dalam artian proses konsultasi ke psikolog yaitu gratis tanpa ada biaya apapun, jika kepesertaan aktif tanpa ada tunggakan apapun.

Kesimpulan

Demikian kiranya pembahasan terkait cara ke psikolog dengan BPJS beserta informasi terkait lainnya yang dapat kodebpjs.com sajikan. Semoga dengan adanya pembahasan cara ke psikolog di atas bisa bermanfaat untuk Anda semua yang membutuhkan.

Sumber Gambar : idxchannel.com, suara.com, health.grid.id