Cara Mengganti Faskes di JKN Mobile Hanya 3 Menit!!

Cara Mengganti Faskes di JKN Mobile – Seperti kita tahu bahwa JKN Mobile memberi banyak sekali manfaat untuk para peserta BPJS Kesehatan. Dengan adanya aplikasi tersebut, kini proses perubahan data peserta bisa dilakukan tanpa harus datang ke Kantor BPJS Kesehatan.

Pada aplikasi JKN Mobile, terdapat banyak fitur untuk ubah data peserta, salah satunya adalah mengganti Faskes di JKN Mobile. Ya, ketika melakukan registrasi sebagai peserta BPJS Kesehatan pastinya kalian diminta memilih Faskes atau Fasilitas Kesehatan yang berada tidak jauh dari lokasi.

Tapi terkadang karena satu dan lain hal kalian harus pindah rumah yang berada cukup jauh dari Faskes yang terdaftar sebelumnya. Jika demikian, kalian perlu mengganti FKTP (Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama) agar nantinya bisa menggunakan Faskes terdekat di lokasi yang baru.

Untuk mengganti Faskes BPJS Kesehatan di JKN Mobile, cara nya sangat mudah. Selain itu, kalian juga bisa mengubah data tersebut untuk pribadi maupun satu keluarga penuh. Baiklah, supaya lebih jelas kalian bisa langsung simak pembahasan di bawah ini.

Citayam

Cara Mengganti Faskes di JKN Mobile

Cara Mengganti Faskes di JKN Mobile

Seperti kami sebutkan diatas bahwa di aplikasi JKN Mobile tersedia banyak fitur yang siap memudahkan para peserta BPJS Kesehatan dalam melakukan perubahan data, mulai dari ganti Email, ganti nomor HP hingga mengganti Faskes yang sudah terdaftar.

Setiap peserta BPJS Kesehatan tentu saja diminta untuk memilih Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) terdekat dari rumah. FKTP bisa dalam bentuk Klinik, Puskesmas maupun Rumah Sakit.

Bicara mengenai FKTP, beberapa peserta terkadang perlu mengganti Faskes yang sudah terdaftar karena pindah rumah, pindah lokasi tugas dan lain sebagainya. Pada proses perubahan Faskes, nantinya peserta perlu memilih FKTP terdekat dari lokasi yang baru.

Faskes tersebut juga harus terdaftar sebagai penerima pasien BPJS Kesehatan. Sementara itu, untuk ubah data tersebut kini bisa dilakukan lewat JKN Mobile, sehingga lebih praktis. Tapi sebelum itu, kalian perlu memenuhi syarat yang berlaku.

Jadi, perubahan Faskes di JKN Mobile hanya bisa dilakukan oleh peserta BPJS Kesehatan yang sudah membuat akun JKN Mobile. Disamping itu, kalian juga bisa mengganti Faskes Mandiri maupun satu Keluarga sekaligus di JKN Mobile.

Kemudian selain Faskes Tingkat Pertama, JKN Mobile juga menyediakan fitur ganti Faskes Dokter Gigi, Dokter Anak dan beberapa Faskes khusus lainnya, barangkali beberapa dari kalian ada yang membutuhkan.

Sedangkan untuk tutorial atau tata cara ubah Faskes BPJS Kesehatan di aplikasi JKN Mobile bisa kalian simak di bawah ini :

1. Login JKN Mobile

Login JKN Mobile

Langkah pertama silahkan Login aplikasi JKN Mobile dengan cara memasukkan Email, Password dan Kode Captcha.

2. Pilih Menu Ubah Data Peserta

Pilih Menu Ubah Data Peserta

Kemudian pada halaman utama silahkan pilih menu Ubah Data Peserta

3. Tentukan Nomor Kartu Peserta

Tentukan Nomor Kartu Peserta

Tentukan Nomor Kartu Peserta 2

Pada halaman berikutnya kalian ketuk ikon panah ke bawah pada kolom No. Kartu BPJS lalu tentukan Nomor Peserta yang ingin di ubah Faskes nya. Bisa pilih salah satu dan bisa juga pilih semuanya

4. Ketuk Menu FKTP

Ketuk Menu FKTP

Jika sudah, sekarang kalian masuk ke menu FKTP

5. Tentukan Lokasi FKTP

Tentukan Lokasi Faskes

Tentukan Lokasi Faskes 2

Centang kotak kecil di sebelah kanan Perubahan Satu Keluarga jika kalian ingin mengganti Faskes dari semua anggota keluarga. Atau bisa dibiarkan saja kalau hanya kalian atau salah satu yang ingin mengganti Faskes.

Setelah itu masukkan informasi Alamat, silahkan tentukan Provinsi dan Kabupaten / Kota. Jika sudah, sekarang tinggal pilih Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama yang akan di pakai di lokasi baru.

6. Klik Simpan

Klik Simpan

Seusai menentukan alamat dan lokasi Faskes, silahkan klik tombol Simpan.

7.  Berhasil Ubah Faskes di JKN Mobile

Berhasil Ubah Faskes di JKN Mobile

Sampai disini kalian sudah berhasil merubah lokasi Faskes BPJS Kesehatan melalui aplikasi JKN Mobile.

Tapi perlu diketahui bahwa setelah melakukan perubahan FKTP di JKN Mobile, kalian tidak bisa langsung menggunakan layanan tersebut. Disini kalian masih harus menunggu selama 1 bulan (30 hari) agar Faskes tersebut bisa mulai digunakan.

Oleh karena itu, untuk kalian yang punya rencana pindah dalam waktu dekat, sebaiknya lakukan perubahan FKTP sekarang agar nantinya jika sudah berada di lokasi baru, Faskes tersebut bisa langsung digunakan untuk berobat menggunakan layanan BPJS Kesehatan.

KESIMPULAN

Demikianlah informasi dari Kodebpjs.com mengenai cara ubah Faskes BPJS Kesehatan lewat aplikasi JKN Mobile. Dengan adanya cara diatas kini kalian tidak perlu lagi repot-repot datang ke Kantor BPJS Kesehatan hanya untuk merubah Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama.

sumber gambar :

  • Tim Kodebpjs.com
  • Channel Youtube Annisa Martasari
  • Channel Youtube KOMPASTV
  • kumparan.com