5 Cara Pindah Faskes BPJS Melalui WhatsApp & Syarat 2022

Cara Pindah Faskes BPJS Melalui WhatsApp – Peserta BPJS Kesehatan akan mendapat sebuah layanan berobat gratis di faskes terdaftar. Namun dengan catatan kartu kepesertaan aktif atau dalam artian tidak ada tunggakan di bulan sebelumnya.

Lantas bagaimana jika peserta pindah domisili atau tempat tinggal? Apakah masih tetap bisa berobat di faskes terdekat dengan lokasi saat ini? Dari beberapa kasus ini, banyak peserta yang melakukan pindah faskes BPJS sesuai domisili.

Kemudian apakah Anda sudah tahu bagaimana cara pindah faskes BPJS? Mungkin pertanyaan ini akan terlontar bagi peserta yang pindah tempat tinggal. Lalu bagaimana cara bagaimana cara pindah faskesnya?.

Guna menjawab pertanyaan tersebut, sebenarnya ada beberapa cara pindah faskes BPJS baik itu secara offline atau online. Untuk cara pindah faskes BPJS offline yaitu di kantor cabang, sedangkan online bisa melalui aplikasi JKN Mobile dan WhatsApp.

Citayam

Dan di pembahasan kali ini kami akan sampaikan informasi mengenai cara pindah faskes BPJS secara online melalui layanan WhatsApp. Untuk langkahnya, bisa simak dan ikuti pembahasan ini sampai akhir.

Tujuan & Manfaat Pindah Faskes

Sebelum lanjut ke pembahasan cara pindah, ganti atau merubah faskes BPJS melalui WA Pandawa, alangkah baiknya mengetahui dahulu apa tujuan dan manfaat dari pemindahan fasilitas terdaftar di BPJS Kesehatan itu sendiri.

Secara umum tujuan dan manfaat dari pindah faskes BPJS adalah guna memudahkan saat Anda berobat. Apalagi jika Anda merupakan peserta yang memiliki riwayat penyakit yang setiap beberapa kali sekali perlu pengobatan.

Syarat Pindah Faskes BPJS Melalui WhatsApp

Syarat Pindah Faskes BPJS Melalui WhatsApp

Jika sudah tahu tujuan dan manfaat dari pindah faskes di atas, maka selanjutnya tinggal ke pembahasan utama mengenai pindah faskes BPJS melalui WhatsApp. Namun guna kelancaran dalam proses pindah ada beberapa syarat ketentuan yang dibutuhkan.

  • Perangkat berupa smartphone / ponsel.
  • Sudah memiliki / install aplikasi WhatsApp.
  • Tahu nomor WhatsApp Pandawa.
  • Koneksi internet lancar.
  • Surat keterangan kerja atau domisili.
  • Nomor BPJS sudah terdaftar.
  • Kepesertaan BPJS Kesehatan berstatus aktif.
  • Kepesertaan tidak ada tunggakan dan jika ada harus sudah melunasi semua.
  • Peserta BPJS Kesehatan sudah terdaftar minimal 3 bulan.

Membahas pindah faskes ini sendiri hanya bisa dilakukan minimal 3 bulan sekali. Itu tandanya, jika Anda melakukan pindah faskes pada bulan Januari, maka perubahan berikutnya bisa dilakukan di bulan April.

Cara Pindah Faskes BPJS Melalui WhatsApp

Cara Pindah Faskes BPJS Melalui WhatsApp

Setelah tahu syarat ketentuan pindah faskes lewat WA di atas, maka selanjutnya Anda tinggal mengetahui bagaimana cara pindah fasilitas kesehatan BPJS-nya. Caranya bisa dibilang sangat mudah.

Namun sebelum itu, perlu diketahui Anda harus sudah menyimpan nomor WhatsApp Pandawa di kontak. Bagi yang belum tahu nomor WhatsApp Pandawa maka ini adalah nomornya 08118165165. Jika sudah tinggal lanjut ke langkahnya.

  • Langkah awal silakan buka aplikasi WhatsApp.
  • Lalu cari kontak Pandawa.
  • Lanjut kirim pesan “Menu”.
  • Setelah itu Anda akan dapatkan pilihan layanan sesuai kebutuhan.
  • Jika sudah, tinggal ikuti instruksi guna selesaikan proses pindah faskes BPJS.

Pindah Faskes Berapa Lama?

Mengenai proses di WhatsApp sendiri tidak membutuhkan waktu lama yaitu kurang dari 10 menit saja. Namun untuk bisa menggunakan faskes yang baru yaitu saat awal bulan (tanggal 1) pada bulan berikutnya.

Dengan artian jika peserta merubah atau ganti faskes BPJS pada pertengahan bulan, maka peserta BPJS masih tetap bisa berobat di faskes lama sebelum tanggal 1 tersebut.

Keuntungan Pindah Faskes BPJS Lewat WhatsApp

Lalu apa keuntungan pindah faskes melalui WhatsApp? Membahas keuntungan proses pindah faskes BPJS lewat WhatsApp sendiri yaitu menghemat waktu dan tenaga dibandingkan jika Anda lakukan cara pindah faskes BPJS secara offline di kantor BPJS.

Karena nantinya Anda butuh waktu untuk menyempatkan datang ke kantor cabang BPJS Kesehatan terdekat. Dengan melakukan ubah faskes lewat WhatsApp ini maka proses dilakukan hanya melalui aplikasi chatting bernama WhatsApp.

Kesimpulan

Demikian kiranya pembahasan terkait cara pindah faskes BPJS Kesehatan melalui WhatsApp Pandawa yang dapat kodebpjs.com sajikan. Semoga dengan adanya cara pindah faskes melalui WA di atas bisa bermanfaat untuk semua yang membutuhkan.

Sumber Gambar : finansialku.com