12 Cara Update Nomor Rekening BPJS Ketenagakerjaan & Manfaat

Cara Update Nomor Rekening BPJS Ketenagakerjaan РSebagai pelayanan kesehatan bagi seluruh pekerja di Indonesia, khususnya pada instansi atau perusahaan tertentu berhak menerima fasilitas BPJS Ketenagakerjaan. Dengan adanya fasilitas ini, segala bentuk kecelakaan kerja, baik itu dari karyawan maupun keluarga karyawan seluruh biaya nya akan ditanggung oleh Pemerintah.

Disamping itu, untuk para peserta BPJS Ketenagakerjaan juga bisa menikmati layanan Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Pensiun (JP) dan lain sebagainya. Sedangkan untuk mekanisme atau cara kerja dari program ini sendiri kami rasa banyak dari kalian yang sudah paham. Jadi, nantinya setiap karyawan yang menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan bakal dikenai potongan sesuai ketentuan yang berlaku sebagai iuran.

Bicara mengenai BPJS Ketenagakerjaan, perlu diketahui bahwa saat ini telah berlaku program bantuan untuk para peserta BPJS Ketenagakerjaan. Namun bantuan tersebut hanya bisa dicairkan apabila nomor rekening BPJS Ketenagakerjaan sudah di update. Nah, mengingat para peserta layanan ini merupakan karyawan atau tenaga kerja dari suatu perusahaan, jadi proses update nomor rekening tentu tidak bisa dilakukan oleh para peserta.

Jika demikian, siapa yang berhak melakukan update nomor rekening tersebut? Lalu bagaimana cara melakukannya? Apakah ada syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi jika ingin memperbarui data nomor rekening peserta BPJS Ketenagakerjaan? Temukan jawaban selengkapnya dari masing-masing pertanyaan tersebut dibawah ini.

Syarat Memperbarui Nomor Rekening BPJS Ketenagakerjaan

Seperti kami singgung diatas bahwa para karyawan yang menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan tidak bisa melakukan update nomor rekening sendiri. Peserta hanya bisa melakukan beberapa aktivitas di program tersebut seperti cek saldo maupun mencairkan saldo setelah kontrak di perusahaan terkait sudah habis.

Sedangkan yang berhak melakukan update nomor rekening BPJS Ketenagakerjaan adalah pihak HRD atau Personalia dari perusahaan yang menaungi para peserta. Sebelum kami jelaskan seperti apa cara update data-data tersebut, terlebih dahulu kalian perlu menyiapkan persyaratan sebagai berikut :

  • Perangkat PC atau Laptop
  • Koneksi Internet
  • Mempunyai akun SIPP Online
  • Mempunyai akses Login SIPP BPJS Ketenagakerjaan milik perusahaan

Cara Update Nomor Rekening BPJS Ketenagakerjaan

Cara Update Nomor Rekening BPJS Ketenagakerjaan

Apabila semua syarat sudah dipenuhi, artinya kalian para staf HRD di suatu perusahaan berhak memperbarui data nomor rekening dari para peserta BPJS Ketenagakerjaan. Untuk tata cara update nomor rekening BPJS Ketenagakerjaan telah kami siapkan dibawah ini :

1. Login SIPP Online

Login SIPP Online

Langkah pertama silahkan buka browser di PC atau Laptop lalu kunjungi link sipp.bpjsketenagakerjaan.go.id setelah itu masukkan Email serta Password untuk Login.

2. Pilih Mutasi Data

Pilih Mutasi Data

Pada halaman Beranda langsung saja klik menu Mutasi Data.

3. Pilih Koreksi Data TK Massal

Pilih Koreksi Data TK Masal

Kemudian pilih Sub Menu Koreksi Data TK Massal di bagian bawah.

4. Klik Download Template

Klik Download Template

Setelah itu klik Download Template. Jika sudah, buka file hasil download tersebut.

5. Pilih Update Data TK

Pilih Update Data TK

Setelah file dibuka, kalian akan menjumpai tampilan seperti gambar diatas. Silahkan buka Tab berjudul Update_Data_TK.

6. Update Nomor Rekening

Update Nomor Rekening

Update Nomor Rekening 2

Masukkan data rekening, mulai dari Nama Bank, Kode Bank, Nomor Rekening dan Nama Rekening pada setiap nama peserta.

7. Upload Dokumen

Upload Dokumen

Jika sudah, silahkan simpan file tersebut pada folder di PC atau Laptop yang kalian gunakan. Setelah itu, kembali lagi browser dan pilih menu Choose File lalu cari file update data kemudian pilih Open.

8. Berhasil Memperbarui Data Rekening Tenaga Kerja

Nomor Rekening Berhasil Diperbarui

Sampai disini proses update nomor rekening BPJS Ketenagakerjaan sudah berhasil dilakukan.

Manfaat Memperbarui Nomor Rekening BPJS Ketenagakerjaan

Manfaat Melakukan Update Nomor Rekening BPJS Ketenagakerjaan

Setelah berhasil melakukan update nomor rekening, kalian para peserta BPJS Ketenagakerjaan bisa memperoleh manfaat dari proses tersebut. Jadi, setelah nomor rekening diperbarui, para peserta berhak memperoleh bantuan sosial bernama BLT BPJS Ketenagakerjaan senilai Rp. 1.000.000. Program bantuan ini tidak lain dan tidak bukan merupakan salah satu upaya untuk meringankan kebutuhan ekonomi di tengah pandemi COVID-19.

Bantuan tersebut nantinya akan langsung di transfer ke rekening Bank Himbara yang dimiliki peserta. Apabila tidak punya rekening Bank Himbara (BRI, BNI, BTN, dan Bank Mandiri) masih tetap bisa mencairkan BLT BPJS Ketenagakerjaan dengan cara menghubungi Pusat Bantuan dari BPJS Ketenagakerjaan.

Demikianlah informasi dari kodebpjs.com mengenai tata cara memperbarui nomor rekening BPJS Ketenagakerjaan. Melalui cara diatas, para peserta berhak menerima BLT setiap bulannya guna meringankan beban ekonomi para peserta. Semoga informasi kali ini bermanfaat bagi kalian para pejabat HRD maupun Personalia suatu perusahaan untuk memperbarui data rekening peserta.