5 Cara Cairkan BLT BPJS Ketenagakerjaan Bagi yang Tidak Punya Rekening Himbara

Cara Cairkan BLT BPJS Ketenagakerjaan Bagi yang Tidak Punya Rekening Himbara – Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) kembali menyalurkan bantuan BSU atau BLT BPJS KETENAGAKERJAAN untuk pekerja/buruh yang terdampak Covid-19.

Bagi penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan, BLT akan langsung disalurkan kepada para penerima melalui rekening calon bantuan dari bank penyalur yaitu bank Himbara yang terdiri dari bank Mandiri, BRI, BNI dan BTN. Lalu, bagaimana jika penerima belum punya rekening bank Himbara?.

Nah, bagi penerima BLT yang belum punya rekening Himbara atau Bank Syariah Indonesia (khusus wilayah aceh), Anda tidak perlu mengkhawatirkan hal itu. Karena Anda masih tetap bisa cairkan dana BLT BPJS Ketenagakerjaan meskipun belum punya rekening bank Himbaran.

Lantas, bagaimana cara cairkan dana BLT BPJS Ketenagakerjaan bagi penerima yang tidak punya rekening Himbara? Tentu saja cara cairkan dana-nya sangat mudah. Adapun untuk informasi lebih jelas lagi, langsung saja simak ulasan mendalam dari kodebpjs.com di bawah ini.

Citayam

Cara Cairkan BLT BPJS Ketenagakerjaan Bagi yang Tidak Punya Rekening Himbara

Cara Cairkan BLT BPJS Ketenagakerjaan Bagi yang Tidak Punya Rekening Himbara

Seperti yang telah diketahui, bahwasanya CARA MENCAIRKAN BLT BPJS KETENAGAKERJAAN sudah secara otomatis masuk ke rekening Himbara. Sehingga penerima hanya perlu mengecek saldo rekening tabungan untuk memastikan saldo BLT atau BSU sudah masuk atau belum.

Namun sebelum cairkan dana BLT, peserta terlebih dahulu CEK NAMA PENERIMA BLT BPJS KETENAGAKERJAAN secara online melalui laman bpjsketenagakerjaan.go.id atau kemnaker.go.id untuk memastikan bahwa namanya terdaftar sebagai penerima bantuan dana BLT.

Sedangkan, bagi peserta yang tidak punya rekening Himbara, berikut adalah cara cairkan dana BLT BP Jamsostek bagi yang tidak punya rekening Himbara.

  1. Bagi para pekerja atau buruh yang menerima BSU, namun tidak punya rekening Himbara tidak perlu khawatir karena Kemnaker akan membukakan rekening Himbara baru bagi peserta.
  2. Peserta bisa mengecek terlebih dahulu status perkembangan bantuan dana BLT, lewat laman resmi Kemnaker yaitu kemnaker.go.id.
  3. Apabila namanya tercantum, maka peserta akan menerima notifikasi status penerimaan bantuan subsidi upah (BSU).
  4. Lalu, untuk cara cairkan BSU tersebut, peserta hanya perlu datang ke bank Himbara (Mandiri, BRI, BNI, BTN) terdekat untuk mengaktifkan rekening. Untuk berjaga-jaga, bawalah kartu BP Jamsostek dan KTP.
  5. Setelah rekening Himbara aktif, maka peserta baru bisa cairkan dana ataupun mengambil dana BLT secara tunai.

Besaran Dana BLT BPJS Ketenagakerjaan Di Rekening Himbara

Besaran Dana BLT BPJS Ketenagakerjaan

Jumlah calon peserta BSU diestimasi kurang lebih mencapai 8,7 juta orang dengan ketersediaan anggaran sebesar Rp 8,79 triliun. Besaran bantuan dana BLT sebesar Rp 500 ribu untuk dua bulan, tapi pencairannya akan diberikan satu kali langsung yaitu Rp 1 juta secara transfer ke rekening.

Cara Cek Status Penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan Bagi Yang Tidak Punya Rekening Himbara

Untuk memastikan bahwa nama terdaftar sebagai penerima bantuan BLT BP Jamsostek, maka Anda bisa mengecek. Cara cek bantuan BLT BP Jamsostek bisa dilakukan secara online lewat laman resmi BPJS Ketenagakerjaan ataupun Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker).

1. Cek Penerimaan BLT Lewat Laman BPJS Ketenagakerjaan

1. Cek Penerimaan BLT Lewat Laman BPJS Ketenagakerjaan

  • Kunjungi laman bpjsketenagakerjaan.go.id
  • Masuk ke menu “cek status calon penerima BLT“.
  • Masukkan NIK, nama lengkap dan tanggal lahir.
  • Ceklis kode captcha dan tekan Lanjutkan.

Apabila lolos verifikasi, maka akan muncul keterangan seperti di bawah ini.

“Anda lolos verfikasi dan validasi BPJS Ketenagakerjaan sebagai calon penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU), untuk verifikasi selanjutnya akan dilakukan oleh Kemnaker.”

“Proses verfikasi dan validasi dilakukan sesuai dengan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 16 tahun 2021.”

2. Cek BLT Melalui Laman Kemnaker

2. Cek BLT Melalui Laman Kemnaker

  • Buka laman kemnaker.go.id
  • Daftar akun terlebih dahulu, bagi yang belum punya akun.
  • Setelah itu, login dengan akun Anda.
  • Selanjutnya, lengkapi profil biodata pribadi.
  • Kemudian, tinggal cek pemberitahuan.
  • Setelah itu, Anda akan mendapatkan notifikasi.

Apabila terdaftar, maka Anda akan memperoleh notifikasi sebagai calon peserta BSU/BLT. Jika tidak, maka Anda akan mendapatkan notifikasi tidak terdaftar.

3. Cek Lewat WhatsApp

3. Cek Lewat WhatsApp

  • Silahkan hubungi nomor WhatsApp 081380070175.
  • Bila sudah mendapatkan alternatif respons, pilihlah “Informasi Calon Penerima BUS 2021“.
  • Berikutnya, tinggal ikuti saja petunjuk pada layar smartphone.

4. Cek Melalui Layanan Masyarakat 175

4. Cek Melalui Layanan Masyarakat 175

  • Anda bisa menghubungi call center BP Jamsostek 175, atau melalui email ke care@bpjsketenagakerjaan.go.id, serta bisa juga DM ke media sosial resmi BP Jamsostek.
  • Jangan lupa sertakan data diri, seperti KTP, nama, tanggal lahir pada kolom komentar.
  • Selain itu, Anda juga bisa menghubungi kantor cabang terdekat dengan membawa KTP dan kartu peserta BP Jamsostek.

Nah, itulah informasi dari kodebpjs.com terkait cara cairkan dana BLT BP Jamsotek bagi yang tidak punya rekening Himbara. Meskipun belum punya rekening Himbara, namun peserta masih tepat bisa cairkan BLT cukup dengan mengunjungi salah satu bank Himbara terdekat.

Demikianlah artikel tentang cara cairkan BLT BPJS Ketenagakerjaan bagi yang tidak punya rekening Himbara, semoga ulasan kodebpjs diatas bermanfaat.