5 Cara Cek Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan 2020

Cek Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan -Program BPJS Ketenagakerjaan Jaminan Hari Tua atau disingkat JHT yang dikeluarkan pemerintah Indonesia merupakan program yang ditujukan untuk jangka panjang dan diberikan secara berkala dan sekaligus sebelum peserta memasuki masa pensiun, kemudian dana dari lembaga BPJS Kesehatan akan diberikan kepada ahli waris jika pekerja meninggal dunia, namun jika pekerja mengalami cacat maka akan diberikan kepada pekerja itu sendiri yang menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Karakteristk dari program Jaminan Hari Tua yaitu diselenggarakan secara nasional yang berlandaskan prinsip tabungan wajib atau asuransi sosial mengapa menjadi prinsip asuransi sosial karena didasarkan adanya mekanisme asuransi dengan peserta pembayar iuran antara seorang pekerja dan pemberi kerja, kemduian mengapa disebutkan bahwa JHT disebut sebagai tabungan wajib, dikarenakan pertimbangan untuk manfaat JHT yang berasal dari akumulasi iuran dan hasil dari pengembangan.

Tujuan diselenggarakannya BPJS Ketenagakerjaan dengan program JHT adalah guna menjamim agar para peserta dapat menerima uang tunai apabila telah memasuki masa pensiunnya serta peserta mengalami kecelakaan saat bekerja ataupun mengalami kematian, maka manfaat yang berupa uang tunaiakan dibayarkan secara langsung. Untuk dapat disebut peserta JHT maka seseorang harus membayar iuran, dan termasuk orang asing yang telah tinggal di Indonesia minimal selama 6 bulan yang telah membayar iuran.

Pemerintah juga telah mewajibkan kepada seluruh perusahaan agar mengikutsertakan para karyawannya untuk menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan dengan Program JHT atau Jaminan Hari Tua hal itu dikarenakan agar pekeja mendapatkan rasa nyaman saat bekerja karena jika suatu saat terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan maka anda tidak menanggung beban sendirian melainkan akan di bantu oleh BPJS Ketenagakerjaan dengan Program JHT yang tentunya akan sangat membantu.

Cek Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan

Cek Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan

Untuk anda peserta BPJS Ketenagakerjan dengan program JHT sudah tahu berapakah saldo yang ada pada kartu BPJS JHT anda? hal ini akan memudahkan anda dalam mengakses informasi tentang saldo yang ada pada kartu anda, biasanya BPJS Kesehatan JHT akan memberikan laporan tertulis secara rinci mengenai saldo JHT anda, dan untuk memudahkan anda mengecek saldo maka kita akan memberikan langkah dan cara mengecek saldo BPJS TK JHT anda dengan 5 cara yang mudah di pahami dan lakukan. berikut langkah-langkahnya.

Cara Cek Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan Lewat SMS

Cara Cek Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan Lewat SMS

  • Pastikan anda sudah terdaftar pada layanan cek saldo
  • Jika anda sudah terdaftar,maka ansa mengirim pesan dengan menggunakan format order contoh : ketik SALDO#ID_anda dan kirim ke 2757
  • Tunggu sampai anda mendapatkan balasan contoh : SALDO JHT ANDA No 74115xxx S.D 29.01.2017 RP 10.000.000
  • Setelah menerima balasan dengan contoh diatas, anda langsung dapat mengetahui berapa saldo yang ada pada JHT BPJS Ketenagakerjaan anda

Cara Cek Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan Lewat Website Online

Cara Cek Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan Lewat Website Online

  • Masuk ke alamat web resmi dari BPJS Ketenagakerjaan
  • Kemudian masukkan User ID KTP atau bisa juga menggunakan e-mail yang digunakan pada saat awal registrasi
  • Lalu pilih Layanan pada menu
  • Kemudian pada kolom Layanan Cek Saldo JHT, pilih aktivasi
  • Maukkan PIN Aktivasi yang telah dikirim melalui SMS, klik Enter
  • Setelah anda melakukan aktivasi pilih menu Cek Saldo JHT dan submit
  • Tunggu sebentar sampai muncl saldo JHT anda pada layar

Cara Cek Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan Lewat Aplikasi

Cara Cek Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan Lewat Aplikasi

  • Patikan anda sudah download dan instal aplikasi BPJSTK di App Store, Google Play Stor
  • Setelah selesai download anda harus registrasi terlebih dahulu sebelum digunakan
  • Setelah selsesai melakukan registrasi, langkah selanjutnya login ke akun BPJS dengan menggunakan PIN atau email anda
  • Kemudian pilih fitur Saldo JHT, lalu Cek Saldo JHT
  • Tunggu sampai informasi saldo anda muncul di layar handphone anda

Cara Cek Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan Lewat ATM BNI

Cara Cek Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan Lewat ATM BNI

  • Untuk saat ini JHT BPJS Ketenagakerjaan hanya bisa di lakukan pengecekan lewat atm untuk nasabah BNI saja dan tidak berlaku untuk peserta BPJS yang bukan nasabah Bank BNI
  • Masukkan kartu ATM anda kedalam mesin ATM BNI
  • Masukkan PIN ATM anda
  • Kemudian pilih menu Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan
  • Tunggu sampai muncul informasi jumlah saldo anda pada layar

Cara Cek Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan Dengan Mendatangi Kantor BPJS

Cara Cek Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan Dengan Mendatangi Kantor BPJS

Cara ini merupakan cara cek saldo yang standar dengan langsung mendatangi kantor BPJS cara itu dapat dilakukan apabila anda sudah tidak dapat menggunakan cara lain. Anda dapat langsung menunjukan kartu BPJS Ketenagakerjaan anda kepada petugas kemudian petugas akan memberikan informasi tentang jumalah saldo yang ada pada JHT BPJS Ketenagakerjaan anda juga dapat menge-print slip saldo BPJS. untuk kekurangan dari cara ini adalah anda harus siap mengantri lama dan tidak praktis jika harus pergi kek kantor BPJS Ketenagakerjaan.

Dengan adanya pilihan berbagai metode untuk melakukan pengecekan saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan masyarakat tidak perlu bingung dan susah paya mengantri panjang untuk datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan dan tidak perlu menunggu giliran. dengan kemajuan teknologi sehingga masyarakat diberi kemudahan cukup memilih salah satu dari cara termudah dan tentunya praktis untuk anda.