7 Cara Cetak Kartu BPJS Kesehatan Online 2020

Cetak Kartu BPJS Kesehatan Online – BPJS kesehatan tidak hanya dibutuhkan ketika masuk rumah sakit, saat anda mendaftar ke salah satu perusahaan membutuhkan cetakan kartu bpjs kesehatan anda (sekarang hampir semua perusahaan). Cara yang biasanya dilakukan dapat langsung ke kantor BPJS terdekat, tapi kalo anda tidak siap dengan antrian yang cukup panjang hanya untuk mendapatkan nomor antrian kami beri saran jangan kesana.

Tapi jika anda siap mengantri di kantor bpjs hanya untuk cetak kartu bpjs kesehatan, silakan datang. Nah, untuk urusan pembayaran iuran bpjs baik itu biaya iuran BPJS Kelas 1, 2 ataupun 3 itu agak mudah karena cukup ngantri dan langsung boleh dilakukan, kalau cetak kartu biasanya petugas akan bilang tidak bisa dan  anda harus menunggu sampai siang hari nanti. Tapi cara ini hanya boleh dilakukan bagi pengurus bpjs karyawan di badan usaha yang telah terdaftar id nya dan memiliki password untuk masuk ke database bpjs kesehatan online.

Bagi kalian pemilik badan usaha dan ingin mencetak sendiri bpjs karyawan anda, silahkan ke kantor bpjs kesehatan terdekat dan mendaftarkan diri kepada petugas dengan membawa dokumen yang diperlukan seperti fotokopi ktp dan lainnya. Sebagai peserta bpjs kesehatan yang di nyatakan telah aktif sebagai peserta bisa di buktikan dengan sudah di bekali kartu bpjs kesehatan hal ini akan di berikan oleh perusahaan untuk bisa di bawa ketika berobat.

Dan bagi peserta mandiri setelah sukses melakukan pendaftaran secara online dan telah membayar iuran awal/pertama maka sudah berhak mendapatkan kartu peserta dari bpjs kesehatan langsung atau bagi anda yang ingin cetak kartu bpjs kesehatan online dapat simak langkah-langkah dibawah ini supaya anda tidak kebingungan untuk melakukannya.

Cetak Kartu BPJS Kesehatan Online

Cara Cetak Kartu BPJS Kesehatan Online

Cara Cetak Kartu BPJS Kesehatan Online

Mungkin mencetak secara online lebih mudah dan tentunya tanpa ribet harus datang ke kantor cabang bpjs kesehatan terlebih dahulu arena anda hanya melakukannya dirumah kapanpun anda mau. Hal ini sangat membantu sekali bagi anda yang sibuk kerja atau beraktivitas lainnya sehingga tidak dapat mengurusnya langsung ke kantor.

Namun hanya sebagai informasi saja bahwa kartu bpjs yang anda dapatkan dari aplikasi bpjs kesehatan mobile ini nantinya akan dikirim kepada anda via email dalam format pdf sebagai lampirannya. Jadi bagi anda perlu mengunduh file Pdf tersebut lalu buka dengan aplikasi pdf kemudian cetak sendiri, nah inilah cara cetak kartu bpjs kesehatan online yang dapat anda praktekan dengan langkah sebagai berikut.

Cetak Kartu BPJS Kesehatan

Cetak Kartu BPJS Kesehatan

Cetak Kartu BPJS Kesehatan

  1. Pertama buka aplikasi bpjs kesehatan atau mobile JKN di hp Android atau alat pintar lainnya.
  2. Kemudian Login menggunakan alamat email, pada saat anda mendaftarkan bpjs secara online.
  3. Setelah berhasil masuk, pilih menu “Peserta” lalu “Ubah Data Peserta” kemudian klik.
  4. Setelah itu pilih peserta bpjs kesehatan mandiri yang ingin anda cetak kartu e-idnya.
  5. Lalu pilih ikon email kemudian akan muncul pertanyaan “Apakah anda ingin mengirim kartu E-ID ke email anda? anda klik/pilih “YA”.
  6. Kemudian, periksa email yang anda gunakan untuk daftar tadi ke aplikasi bpjs lalu cari email dengan judul Kartu e-ID bpjs kesehatan lalu unduh file lampiranya.
  7. Setelah didownload, kemudian buka lalu print.
  8. Jika anda tidak mempunyai mesin printer sendiri maka copy data ke usb kemudian bawa ke warnet ( warung internet) dan minta tolong di printkan.
  9. Jangan lupa membawa uang untuk bayar hasil print tadi.
  10. Minta dileminating sekalian agar dapat tahan dari air, dan tidak mudah sobek.
  11.  dan selesai.

Cetak Kartu BPJS Yang Rusak atau hilang

Cetak Kartu BPJS Yang Rusak atau hilang

Cetak Kartu BPJS Yang Rusak atau hilang

Mungkin sebagian dari anda yang menanyakan hal ini bagaimana cara cetak kartu BPJS yang rusak atau hilang, nah bagi anda yang kehilangan kartu bpjs kesehatan atau rusak karena sering terlipat di dompet cara cetak kartu BPJS Kesehatan dapat anda cetak kembali tetapi dengan mengajukan permohonan cetak ulang terlebih dahulu dari pihak bpjs kesehatan setempat. Yaitu dengan adanya syarat membuat surat pernyataan kehilangan dengan materai 6000 bahkan ada juga yang di minta untuk melengkapi surat kehilangan dari kepolisian.

Nah bagi anda para peserta bpjs kesehatan untuk menghindari kartu hilang atau rusak bpjs online menyarankan untuk di laminating agar dapat tahan lama dan tidak mudah untuk basah atau sobek jika terkena air, jika sedang kehujanan. Semoga cara tadi dapat bermanfaat bagi anda yang ingin mencetaknya sendiri.