Contoh Surat Keterangan Ahli Waris Untuk BPJS ketenagakerjaan

Contoh Surat Keterangan Ahli Waris Untuk BPJS ketenagakerjaan – Program jaminan sosial tak hanya diberikan kepada para peserta saja melainkan keluarga peserta atau ahli waris. Ahli waris dapat menerima manfaat dari program BPJS Ketenagakerjaan, jika peserta meninggal dunia.

Seperti yang telah diketahui, BPJS Ketenagakerjaan hadir dengan memberikan perlindungan kepada semua pekerja di seluruh Indonesia. Perlindungan BP Jamsostek meliputi Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Pensiun (JP) dan Jaminan Hari Tua (JHT).

Nah, bagi peserta BP Jamsostek yang meninggal dunia, maka manfaat dari semua program BPJS akan diberikan kepada ahli waris, baik itu anak, istri ataupun keluarga dekat lainnya. Namun, manfaat program BPJS Ketenagakerjaan tak semudah itu diklaim oleh ahli waris.

Namun, ahli waris harus melalui sejumlah proses untuk melakukan klaim BPJS Ketenagakerjaan dan memenuhi beberapa persyaratan yang dibutuhkan. Salah satu syaratnya ialah melampirkan surat keterangan ahli waris untuk BPJS Ketenagakerjaan, yang dapat Anda lihat pada contoh dibawah ini.

Citayam

Contoh Surat Keterangan Ahli Waris Untuk BPJS ketenagakerjaan

Contoh Surat Keterangan Ahli Waris Untuk BPJS ketenagakerjaan 1

Surat keterangan ahli waris untuk BP Jamsostek bisa Anda dapatkan dari kantor kelurahan setempat dan telah diklarifikasi oleh Camat setempat. Dalam contoh surat keterangan ahli waris berisi informasi tentang data kependudukan tenaga kerja, tanggal, tempat dan penyebab peserta meninggal dunia, serta data keluarga yang ditinggalkan sebagai ahli waris.

Adapun contoh surat keterangan ahli waris untuk BP Jamsostek kurang lebih seperti di bawah ini.

Contoh Surat Keterangan Ahli Waris Untuk BPJS ketenagakerjaan

Download Surat Keterangan Ahli Waris Untuk BP Jamsostek

Download Surat Keterangan Ahli Waris Untuk BP Jamsostek

Setelah menyajikan contoh surat, berikut ini kami juga akan membagikan surat keterangan ahli waris yang bisa Anda download secara gratis. Dimana di bawah ini kami sajikan link download, yang bisa Anda klik untuk mengunduh surat keterangan ahli waris untuk BP Jamsostek sebagai syarat klaim program JKK, JKM, JP dan JHT.

Untuk mendownload contoh suratnya, Anda hanya perlu klik link download, maka nantinya Anda akan langsung diarahkan ke google drive. Berikut adalah link download surat keterangan ahli waris.

  • Surat Keterangan Ahli Waris BPJS Ketenagakerjaan : DOWNLOAD
  • Surat Pernyataan Ahli Waris BPJSTK : DOWNLOAD

Kegunaan Surat Keterangan Ahli Waris

Kegunaan Surat Keterangan Ahli Waris

Contoh surat keterangan ahli waris bukanlah surat biasa, melainkan surat ini memiliki kegunaan tersendiri. Kegunaan surat keterangan ahli waris untuk BPJS Ketenagakerjaan yaitu sebagai syarat klaim program BP Jamsostek.

Ketika akan melakukan klaim JKK, salah satu SYARAT  KLAIM KECELAKAAN KERJA BPJS KETENAGAKERJAAN yang dibutuhkan yaitu melampirkan surat keterangan ahli waris apabila peserta meninggal dunia akibat kecelakaan kerja. Buka hanya itu saja untuk klaim jaminan kematian, surat keterangan ahli waris juga sangat dibutuhkan.

Jadi pada dasarnya, surat keterangan ahli waris untuk BPJS Ketenagakerjaan ini sangat berguna untuk melakukan klaim BPJS Ketenagakerjaan, jika peserta meninggal dunia akibat kecelakaan kerja ataupun penyebab lainnya.

Apabila didapati peserta meninggal dunia, maka ahli waris harus memberikan laporan kepada pihak BPJS Ketenagakerjaan. Apabila tidak segera melapor, maka nantinya status peserta tersebut masih aktif dan ahli waris akan diberi tanggung jawab untuk membayar iuran setiap bulannya.

Syarat Pembuatan Surat Pengantar Klaim BPJS Ketenagakerjaan

Syarat Pembuatan Surat Pengantar Klaim BPJS Ketenagakerjaan

Tak hanya melampirkan contoh surat keterangan, namun untuk melakukan klaim ada beberapa persyaratan yang harus Anda siapkan. Syarat untuk mencairkan BPJS Ketenagakerjaan hanya berupa dokumen identitas peserta dan ahli waris. Adapun syarat tersebut meliputi :

  1. Kartu BPJS Ketenagakerjaan asli dan fotokopi.
  2. KTP almarhum (peserta) asli & fotokopi.
  3. KTP ahli waris asli & fotokopi.
  4. Kartu Keluarga (KK) asli & fotokopi.
  5. Surat kematian dari instansi tempat bekerja.
  6. Surat keterangan kematian dari kantor kelurahan dan diklarifikasi oleh Camat setempat.
  7. Surat keterangan ahli waris dari kantor kelurahan dan diklarifikasi oleh Camat setempat.
  8. Kutipan akta nikah asli & fotokopi.
  9. Buku tabungan ahli waris asli & fotokopi.

Nah, itulah beberapa syarat-syarat yang dibutuhkan untuk melakukan klaim BPJS Ketenagakerjaan, jika peserta meninggal dunia, baik akibat kecelakaan kerja maupun faktor lainnya.

Demikianlah informasi dari kodebpjs.com tentang contoh surat keterangan ahli waris untuk BPJS Ketenagakerjaan, semoga informasi terkait contoh surat di atas bermanfaat.