27 Cara Daftar BPJS Online Keluarga Terbaru 2020

Cara Daftar BPJS Online Keluarga –┬áSeperti yang kita ketahui, hadirnya program JKN ( Jaminan Kesehatan Nasional ) memang sangat membantu masyarakat Indonesia dalam urusan biaya pengobatan, khususnya bagi mereka yang kurang mampu dimana seringkali mengeluh akan mahalnya biaya pengobatan. JKN sendiri merupakan program yang di selenggarakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan atau lebih kita kenal dengan nama BPJS Kesehatan.

Namun untuk bisa menikmati layanan tersebut, kita mesti melakukan pendaftaran terlebih dahulu, pada kesempatan sebelumnya kami telah menjelaskan bagaimana syarat pencairan BPJS Ketenagakerjaan, nah kali ini kita juga akan mengulas informasi mengenai cara daftar BPJS untuk keluarga kita, seperti ayah, ibu, kakak, dan adik kita sehingga apabila suatu saat salah satu anggota keluarga kita mengalami sakit dan mengharuskan kita untuk membawanya ke Rumah Sakit kita tidak perlu pusing lagi mengenai masalah biaya.

Lalu apakah semua biaya pengobatan di tanggung oleh BPJS Kesehatan ? tentu saja tidak, kita diwajibkan menyisihkan sebagian penghasilan kita untuk membayar iuran BPJS setiap bulannya, kemudian iuran yang ditentukan juga disesuaikan dengan kelas faskes yang di pilih ketika melakukan pendaftaran. Namun biaya pengobatan tidak diperuntukan bagi mereka yang masuk dalam kategori PBI ( Penerima Bantuan Iuran ) mereka merupakan masyarakat dari kelas menengah ke bawah atau masyarakat kurang mampu.

Kemudian apa saja yang harus kita siapkan ketika akan melakukan pendaftaran BPJS Kesehatan untuk keluarga ? hampir sama dengan syarat pendaftaran BPJS Kesehatan Anak dan Perorangan, yakni KTP, KK, Buku Rekening, dan Pas Foto ukuran 3×4 sebanyak 2 lembar. Selain itu, untuk kelas faskes ( fasilitas kesehatan ) yang ditawarkan juga terdapat 3 pilihan, yakni kelas satu, kelas dua, dan kelas tiga dimana setiap kelas faskes yang dipilih juga menentukan akan biaya administrasi setiap bulannya.

Cara Daftar BPJS Online Keluarga Terbaru

Cara Daftar BPJS Online Keluarga Terbaru

Cara Daftar BPJS Online Keluarga Terbaru

Metode pendaftaran BPJS Kesehatan untuk Keluarga juga terbagi menjadi dua pilihan, yakni Offline dan juga Online, namun di jaman yang serba canggih seperti saat ini mungkin banyak orang yang memilih melakukan pendaftaran BPJS Kesehatan melalui jalur Online, pasalnya sangat mudah, praktis, dan tidak mengharuskan kita untuk antri dan datang ke kantor BPJS Kesehatan terdekat. Baiklah, untuk lebih jelasnya langsung saja kalian simak ulasan dibawah ini mengenai Cara Daftar BPJS Online Keluarga Terbaru.

Cara Daftar BPJS Online Keluarga

Seperti yang kita ketahui, melakukan pendaftaran BPJS Kesehatan Online memang memberikan efisiensi waktu dan memangkas biaya pengeluaran, seperti cetak foto, fotocopy, dan biaya transportasi. Nah, sebelum memberikan informasi cara daftar BPJS Online Keluarga, alangkah baiknya kalian simak persyaratannya terlebih dahulu, antara lain :

Syarat Pendaftaran BPJS Kesehatan

Syarat Pendaftaran BPJS Kesehatan

  1. Kartu Identitas
  2. Kartu Keluarga
  3. NPWP
  4. Nomor Handphone yang aktif
  5. Buku Rekening ( BRI, BNI, Mandiri, BTN )
  6. Foto berwarna berukuran 50 kb
  7. Alamat e-mail yang aktif

Sebelum melanjutkan ke tata cara daftar BPJS Online Keluarga, perlu kalian ketahui persyaratan diatas terlebih dahulu kalian scan di tempat percetakan atau fotocopy terdekat dan minta untuk dibuat dengan format pdf berukuran kurang dari 2 Mb, sedangkan untuk fotonya kalian bisa melakukan compress foto untuk memperkecil ukurannya, melalui aplikasi di smartphone atau menggunakan program di PC. Setelah semuanya beres, kalian tinggal melakukan pendaftaran, dengan tata cara sebagai berikut :

Cara Daftar BPJS Online Keluarga

Cara Daftar BPJS Online Keluarga

  1. Kunjungi website resmi dari BPJS Kesehatan https://bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/ kami rasa semua sudah mempunyai akun di website BPJS Kesehatan.
  2. Kemudian pilih menu “log in” dan masukan username serta password kalian .
  3. Setelah itu, masukan nomor kartu keluarga.
  4. Salin kode captcha yang muncul pada kolom yang tersedia.
  5. Kemudian pilih “Inquery Kartu Keluarga” .
  6. Lalu centang kotak pernyataan bahwa data yang kalian masukan telah benar dan sesuai.
  7. Pilih proses selanjutnya untuk memasuki laman form pengisian BPJS.
  8. Pada laman ini kalian diminta untuk melengkapi data BPJS, seperti nomor HP, NPWP, dan alamat
  9. Kemudian pilih kelas faskes yang kalian inginkan.
  10. Setelah itu, upload foto berwarna berukuran 50 kb.
  11. Lalu pilih “Selanjutnya”.
  12. Lengkapi form pengisian anggota keluarga.
  13. Lalu tentukan kelas faskes yang diinginkan.
  14. Kemudian masukan data pemilik rekening.
  15. Setelah itu masukan alamat e-mail yang aktif.
  16. Salin kode captcha pada kolom yang tersedia.
  17. Kirim e-mail untuk memperoleh link aktivasi BPJS Kesehatan.
  18. Cek e-mail di kotak masuk, jika e-mail tidak masuk coba periksa folder spam atau junk.
  19. Kemudian klik tautan yang telah dikirimkan melalui e-mail.
  20. Kemudian kalian akan mendapatkan nomor virtual account.
  21. Lalu lakukan pembayaran BPJS Kesehatan pada Bank yang telah bekerjasama dengan BPJS, yakni BRI, BNI, BTN, dan Mandiri.
  22. Setelah melakukan pembayaran, kalian akan memperoleh e-ID melalui e-mail dan bisa melakukan cetak e-ID.
  23. Terakhir, datanglah ke kantor cabang BPJS Kesehatan terdekat untuk memperoleh kartu BPJS Kesehatan Keluarga.

Berikut merupakan cara daftar BPJS Online Keluarga, cukup mudah bukan ? jadi tunggu apa lagi, ayo daftarkan semua anggota keluarga kalian menjadi peserta BPJS Kesehatan. Disamping itu, untuk pemilihan fasilitas kesehatan kami sarankan kalian untuk memilih faskes kelas satu, meskipun iuran nya paling mahal, yakni 80 ribu rupiah namun yang terpenting adalah fasilitas yang bakal kita peroleh cukup terjamin. Baiklah, cukup sekian informasi mengenai cara daftar BPJS Online Keluarga semoga bermanfaat dan bisa menjadi panduan bagi kalian semua. Terimakasih.