Kartu KIS Salah NIK 2020 : Cara & Syarat Mengurusnya

Kartu KIS Salah NIK – KIS yang menjadi salah satu program pemerintah untuk menjamin kesehatan bagi warga masyarakat kurang mampu yang di kelola oleh BPJS. Sampai saat ini kartu KIS sudah tersebar luas di Indonesia.

Nantinya peserta program pemerintah bernama KIS ini akan mendapatkan sebuah kartu identitas yang dapat digunakan untuk berobat di faskes, puskes atau rumah sakit. Dengan kartu KIS ini nantinya anda akan mendapat layanan kesehatan secara gratis tanpa dikenakan biaya.

Lalu apa jadinya jika saat berobat dengan kartu KIS, ternyata ada kesalahan cetak yang terdapat pada kartu KIS tersebut? Biasanya jika terjadi kesalahan tersebut nantinya peserta KIS tidak dapat berobat dengan kartu tersebut akibat adanya perbedaan data dengan KTP seperti pada NIK atau namanya.

Dengan begitu agar bisa menggunakan kartu KIS kembali untuk berobat anda peserta harus mengurusnya terlebih dahulu. Nah berikut akan disampaikan mengenai cara dan syarat mengurus perubahan data pada kartu KIS akibat salah identitas diri.

Cara & Syarat Mengurus Kartu KIS Salah NIK Terbaru

Mengurus Kartu KIS Salah NIK

Penyebab salah cetak NIK, Nama atau lainnya pada kartu KIS sendiri terdapat beberapa masalah, seperti peserta salah dalam memberikan informasi datanya maupun petugas pencetakan yang salah memasukkannya. Namun jika mengalami masalah seperti itu jangan khawatir, karena masih dapat diatasi atau diperbaiki.

Cara Mengurus Kartu KIS Salah NIK

Untuk cara mengurus atau merubah data yang salah pada kartu KIS tersebut agar sesuai dengan yang ada di KTP ada dua cara. Yang pertama bisa mengurus dengan datang ke kantor BPJS kesehatan atau buat laporan di situs lapor.go.id. Untuk lebih jelasnya berikut cara ataupun langkahnya:

Datang ke Kantor BPJS

Datang ke Kantor BPJS

Untuk cara yang pertama anda hanya perlu datang ke kantor BPJS Kesehatan terdekat. Dengan membawa persyaratan yang diperlukan. Jika sudah siap persyaratannya maka lanjut dengan datang ke kantor BPJS Langsung.

  • Setelah sampai kantor BPJS langsung saja ambil nomor antrean.
  • Tunggu sampai nomor antrean tersebut dipanggil oleh petugas yang sedang berjaga.
  • Kemudian temui petugas dan sampaikan jika anda ingin meminta bantuan untuk melakukan perbaikan data kesalahan yang tercantum pada kartu KIS berupa salah cetak NIK.
  • Nantinya petugas akan mulai membantu memperbaiki data NIK tersebut sesuai dengan yang ada di KTP dengan meminta persyaratan yang diperlukan.
  • Lalu tunggu sebentar petugas akan memprosesnya, nantinya setelah selesai anda akan diberikan kartu KIS pengganti baru yang sudah benar.
  • Terakhir proses perubahan data NIK pada kartu KIS yang salah selesai. Jangan lupa untuk ucapkan terima kasih kepada petugas yang telah membantu.

Buat Laporan Pengaduan

Buat Laporan Pengaduan

Jika cara pertama anda perlu mendatangi kantor BPJS terdekat untuk mengurus perubahan NIK pada kartu KIS akibat adanya kesalahan. Cara yang satu ini hanya perlu buat laporan pengaduan lewat situs pemerintah yaitu lapor.go.id secara online.

Dimana cara ini lebih cocok untuk anda yang mendapatkan kartu KIS dengan identitas benar, namun saat digunakan berobat ternyata data di master file BPJS terjadi kesalahan. Sehingga terjadi perbedaan identitas seperti NIK, Nama, atau lainnya beda dengan yang ada di KTP atau KK. Berikut langkah mengurus lewat layanan online:

  • Masuk ke situs lapor.go.id lalu buat akun.
  • Jika sudah buat akun lanjut saja dengan buat laporan pengaduan yang ditujukan kepada pihak BPJS Kesehatan dengan judul MEMPERBAIKI DATA INDENTITAS PADA KARTU KIS.
  • Nantinya pihak BPJS melalui situs lapor akan menginformasikan pada anda, jika memang dapat dibuktikan bahwa data pada kartu KIS anda salah maka akan segera di lakukan perbaikan.
  • Sebenarnya cara ini hanya dapat dilakukan untuk pemegang kartu KIS peserta PBI saja, namun banyak juga dilakukan oleh pemiliki kartu KIS maupun kartu BPJS.

Syarat Mengurus Kartu KIS Salah NIK

Syarat Mengurus Kartu KIS Salah NIK

Untuk persyaratan dalam mengurus kartu KIS yang salah identitas diri seperti NIK, Nama dan lainnya terbilang sangat mudah. Karena peserta KIS hanya perlu melengkapi persyaratan dokumen seperti berikut:

  • Fotokopi dan asli Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • Fotokopi dan asli Kartu Keluarga (KK).
  • Membawa atau membuktikan dengan menyertakan kartu KIS yang salah NIK atau data identitas lainnya.

FAQ

1. Apa Kegunaan Kartu KIS?

Membantu memberikan bantuan kepada keluarga yang kurang mampu dalam mengatasi kesehetannya.

2. Biaya Pergantian Kartu KIS Baru Akibat Salah?

Segala perubahan data yang ada di kartu KIS seperti nama, NIK dan identitas diri lainnya dengan kartu KIS baru nantinya tidak akan dikenakan biaya alias gratis.

3. Berapa Lama Mengurus Kartu KIS yang Salah Data?

Perubahan atau pencetakan kartu KIS yang salah dengan pembuatan kartu KIS baru tidak sampai 30 menitan dari anda bertemu dengan petugasnya.

Demikianlah informasi yang dapat disampaikan oleh kodebpjs.com mengenai cara dan syarat mengurus kartu KIS salah NIK atau identitas dirinya. Dimana cara mengurusnya tidak jauh berbeda dengan cara mengurus KARTU BPJS KESEHATAN SALAH ALAMAT, dimana perlu datang ke kantor BPJS langsung dengan membawa persyaratan yang diperlukan.