Penyebab Kartu KIS Tidak Aktif & Cara Cek KIS Terbaru 2020

Penyebab Kartu KIS Tidak Aktif – KIS merupakan salah satu program pemerintah yang dikeluarkan untuk memberi jaminan atas kesehatan rakyatnya. Dimana KIS akan lebih ditujukan kepada masyarakat kurang mampu sesuai dengan data Dinas Sosial setempat.

Nantinya iuran-iuran akan ditiadakan dan sepenuhnya di tanggung oleh pemerintah. Selain itu peserta KIS juga akan diberikan sebuah layanan kesehatan hanya di kelas 3 saja, berbeda dengan peserta mandiri dimana bisa memilih kelas sesuai dengan kemampuan bayar iurannya.

Dengan begitu terkadang banyak peserta atau bahkan anda yang bertanya mengenai PERBEDAAN KIS DAN BPJS. Untuk KIS sendiri akan lebih ditujukan kepada masyarakat kurang mampu tanpa bayar iuran, sedangkan BPJS Kesehatan diwajibkan bayar iuran setiap bulannya sesuai kelas.

Setelah membahas sedikit mengenai apa itu KIS dan perbedaan dengan BPJS Kesahatan, sebenarnya pada pembahasan kali ini kodebpjs.com akan memberikan informasi mengenai penyebab kartu KIS tidak aktif. Pastinya banyak peserta KIS yang merasa panik saat kepesertaan KIS-nya menjadi tidak aktif.

Penyebab Kartu KIS Tidak Aktif & Cara Cek KIS Terbaru

Penyebab Kartu KIS Tidak Aktif Cara Cek KIS Terbaru

Nah untuk tahu lebih jelas mengenai penyebab dan alasan kartu KIS anda menjadi nonaktif, berikut akan disampaikan secara jelas di bawah ini. Jadi terus simak ulasan ini sampai akhir agar anda paham mengenai penyebabnya.

Penyebab Kartu KIS Tidak Aktif

Penyebab Kartu KIS Tidak Aktif

Bicara mengenai penyebab kartu KIS tak aktif atau nonaktif sendiri penyebabnya yaitu pemerintah sudah menganggap peserta tersebut mampu. Selain itu penonaktifan juga dapat dipicu dari minimnya anggaran yang dimiliki pemerintah daerah, hal itu didukung dengan adanya data yang diberikan oleh Dinas Sosial setempat.

Dengan begitu menjadikan peserta yang dahulunya merupakan peserta KIS diberhentikan dari Penerima Bantuan Iuran (PBI) dan diarahkan pada menjadi peserta yang mandiri. Dimana nantinya peserta KIS akan membayarkan iuran setiap bulannya sesuai dengan kelas apa yang sudah ditentukan.

Cara Mengecek KIS Masih Aktif Atau Tidak

Cara Mengecek KIS Masih Aktif Atau Tidak

Untuk memastikan jika kartu kepesertaan KIS anda masih aktif atau tidak maka bisa dilakukan pengecekan. CARA CEK KARTU INDONESIA SEHAT MASIH AKTIF ATAU TIDAK terdapat beberapa cara seperti:

  • Cek KIS lewat SMS Gateway.
  • Cek KIS lewat aplikasi Mobile JKN.
  • Cek KIS lewat BPJS Online dengan masuk ke situs resminya.
  • Cek KIS di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama.
  • Cek KIS lewat Care Center BPJS Kesehatan di 1500400.
  • Cek KIS di Dinas Sosial.
  • Cek KIS dengan datang ke kantor BPJS Kesehatan.

FAQ

1. Apakah Kartu Indonesia Sehat itu Gratis?

Ya gratis namun lebih diperuntukkan untuk keluarga atau masyarakat yang kurang mampu.

2. KIS BPJS Bisa Berobat Dimana Saja?

Peserta KIS/BPJS PBI nantinya hanya bisa berobat di faskes tingkat pertama seperti puskesmas kelurahan atau desa.

3. Apakah Peserta KIS/BPJS PBI Bisa Pindah Faskes?

Karena tidak bisa memilih klinik serta praktek dokter pribadi maka peserta KIS/BPJS PBI hanya dapat melakukan pindah faskes antar puskesmas saja.

Demikianlah informasi yang kodebpjs.com sampaikan mengenai penyebab kartu KIS anda tidak aktif dan bagaimana cara untuk mengecek apakah KIS masih aktif atau tidak. Semoga dengan adanya ulasan di atas, anda yang penasaran dan bertanya mengenai hal tersebut dapat terbantu dan menemukan jawabannya.