√ Manfaat Kartu KIS dari Pemerintah 2021 : Kelebihan & Kekurangan

Manfaat Kartu KIS – Berbagai macam program pemerintah saat ini telah dapat dirasakan bagi seluruh warga masyarakat tanah air. Salah satu bentuk program itu seperti program BPJS Kesehatan dan Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Mungkin sudah banyak dari Anda yang menjadi peserta dari salah satu program pemerintah tersebut, baik itu BPJS maupun KIS. Di mana kedua program pemerintah tersebut memiliki manfaat sangat baik untuk para pesertanya.

Namun terkadang masih banyak para peserta belum memahami betul manfaat apa yang diberikan. Bahkan tidak jarang sudah lama menggunakannya namun tetap saja belum tahu manfaat dari keikutsertaan program tersebut.

Tidak perlu khawatir akan hal itu, karena pada pembahasan kali ini kodebpjs.com akan menyampaikan informasi tentang manfaat dari program KIS. Jadi, jika Anda penasaran akan manfaat dari Kartu Indonesia Sehat, simak terus ulasan ini sampai akhir.

Manfaat Kartu KIS

Apa Itu Kartu KIS?

Kartu Indonesia Sehat (KIS) sendiri ialah salah satu program pemerintah dalam rangka memberikan manfaat bantuan kepada keluarga kurang mampu. Bantuan diberikan sendiri berupa layanan kesehatan gratis serta bisa dinikmati di faskes-faskes terdekat.

Di mana program KIS sendiri digagas sejak tahun 2014 untuk bisa menjangkau 19 provinsi di Indonesia dengan target melindungi serta melayani seluruh keluarga pra-sejahtera. Tentunya program satu ini bisa dikatakan memiliki tujuan sangat baik.

Manfaat Kartu Indonesia Sehat

Manfaat Kartu Indonesia Sehat

Lantas apa saja manfaat kartu KIS itu sendiri? Terkadang banyak orang mempertanyakan hal ini, baik itu peserta maupun bukan peserta. Di mana dengan adanya kartu KIS ada beberapa manfaat dapat di rasakan bagi pemiliknya, seperti:

1. Tidak Dikenakan Biaya Pembuatan

Manfaat pertama yaitu siapa saja yang ingin menjadi peserta KIS tidak akan dikenakan biaya sepeserpun saat melakukan pendaftaran. Mungkin ini menjadi salah satu PERBEDAAN KIS & BPJS, karena jika di BPJS Kesehatan maka harus bayar sesuai dengan kelas dipilih.

2. Bebas Iuran Bulanan

Manfaat selanjutnya dari kartu KIS di mana tidak membebankan iuran bulanan pada pesertanya, sehingga pemilik kartu KIS tidak perlu khawatir akan iuran. Karena iuran sepenuhnya dijatuhkan kepada pemerintah, namun peserta tetap akan menikmati layanan kesehatan semestinya.

3. Dapat Digunakan Di mana Saja

Manfaat lain dari kartu KIS yaitu bisa digunakan untuk berobat di faskes mana saja. Tidak seperti BPJS Kesehatan yang mewajibkan pesertanya berobat di faskes yang sudah bekerja sama menjadi mitra dari BPJS. Sehingga pemilik kartu KIS dapat menggunakannya di faskes di seluruh daerah di tanah air.

4. Tidak Perlu Surat Rujukan

Jika sudah memiliki kartu KIS dan akan digunakan di faskes untuk berobat, maka pemilik KIS tidak perlu menyertakan surat rujukan lagi seperti BPJS. Mungkin ini salah satu manfaat dan kelebihan dari KIS, sehingga tidak merepotkan peserta saat berobat.

5. Dapat Digunakan untuk Pengobatan & Pencegahan

Manfaat lain dari para pemilik kartu KIS yaitu bisa menggunakan kartu KIS untuk berobat maupun melakukan pencegahan penyakit yang sedang di derita. Mungkin ini menjadi nilai plus tersendiri dari kartu KIS, ini jelas berbeda dengan kartu BPJS yang hanya bisa digunakan untuk melakukan pengobatan saja.

Kelebihan & Kekurangan KIS

Kelebihan Kekurangan KIS

Program KIS yang diharapkan bisa membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya di daerah pelosok dengan ekonomi rendah di Indonesia. Bertujuan agar anak-anak pra-sejahtera yang sakit bisa dibantu dengan layanan gratis.

Bahkan bagi mereka yang masih menempuh pendidikan akan mendapat bantuan berupa Kartu Indonesia Pintar (KIP). Mungkin hal inilah yang menjadi kelebihan atau keunggulan dari Kartu Indonesia Sehat.

Dan dari segi kekurangannya, terkadang KIS banyak menuai kritikan dari beberapa pihak karena dinilai mampu menimbulkan kecemburuan sosial. Karena KIS dapat digunakan secara bebas tanpa ada biaya iuran yang bisa mengurangi jatah dan kuota pengguna BPJS Kesehatan.

Tidak hanya itu saja, kekurangan juga bisa terjadi dengan kurang tepatnya sasaran penerimaan kartu KIS yang diberikan oleh pemerintah. Hal inilah terkadang membuat banyak orang berspekulasi kurang tepatnya siapa-siapa para penerimanya.

FAQ

1. Masa Berlaku Kartu KIS?

Masa berlaku dari kartu KIS yaitu sampai pemerintah menonaktifkan.

2. Apakah Kartu KIS Bisa Dicairkan?

Yang bisa dicairkan oleh pemilik kartu KIS yaitu mengenai dana Bansos dari pemerintah.

Demikianlah informasi mengenai manfaat dari Kartu Indonesia Sehat bisa kodebpjs.com sampaikan. Semoga dengan adanya pembahasan mengenai manfaat KIS di atas dapat berguna untuk semua, terutama bagi yang penasaran.