√ Kode ICD 10 Colic Abdomen 2021 : Penyebab, Gejala & Pengobatan

Kode ICD 10 Colic Abdomen – Seperti sudah diketahui sendiri, jika suatu penyakit akan diberikan kode ICD 10 maupun kode BPJS yang berbeda satu sama lainnya. Terkadang tahu akan penyakitnya, namun tidak tahu akan kode ICD 10 nya.

Tidak perlu khawatir akan hal itu, karena kodebpjs.com sendiri akan sampaikan informasi mengenai kode ICD 10 dari salah satu penyakit yang sering menyerang orang-orang. Di mana yang akan dibahas yaitu mengenai kode ICD 10 colic abdomen.

Tentu ada dari Anda yang pernah mengalami masalah kesehatan satu ini, namun belum tahu akan nama penyakit dan kode ICD tersebut. Untuk mendiagnosis penyakit ini memang harus memerlukan penanganan khusus dari dokter.

Setelah mendapatkan penanganan khusus tersebut, nantinya Anda diberi tahu apa itu nama penyakitnya. Dokter juga akan memberikan penanganan paling tepat sehingga colic abdomen bisa teratasi.

Kode ICD 10 Colic Abdomen Penyebab Gejala Pengobatan

Untuk lebih jelas mengenai informasi mengenai penyakit colic abdomen itu sendiri, simak ulasan ini sampai akhir. Karena berikut akan disampaikan secara lengkap, tidak hanya kode ICD 10 nya saja, melainkan penyebab, gejala dan pengobatannya.

Apa Itu Colic Abdomen?

Apa Itu Colic Abdomen

Sebelum ke pembahasan mengenai kode ICD atau kode BPJS dari penyakit satu ini, Anda terlebih dahulu tahu akan pengertian dari colic abdomen. Sehingga nantinya lebih jelas dan paham lagi.

Colic atau kolik sendiri adalah rasa nyeri yang amat sangat hebat kemudian hilang dan timbul di area usus dan sekitarnya. Terutama di bagian tubuh seperti rongga perut yang berisi alat pencernaan.

Jadi, colic abdomen sendiri adalah gangguan yang terjadi pada aliran normal isi usus sepanjang traktus intestinal. Obstruksi biasanya akan terjadi saat ada gangguan yang menyebabkan hambatan pada aliran isi usus ke depan tetapi peristaltiknya normal.

Selain itu, banyak para ahli juga mendefinisikan colic abdomen sebagai masalah kondisi kesehatan yang kerap ditandai dengan kram atau nyeri colic hebat. Bahkan tidak hanya rasa nyeri, melainkan juga diikuti mual dan muntah.

Kode ICD 10 Colic Abdomen

Kode ICD 10 Colic Abdomen

Berbicara mengenai kode ICD atau kode BPJS dari penyakit satu ini sendiri yaitu memiliki kode R10.4. Kode ini sudah tercantum di KODE DIAGNOSA BPJS KESEHATAN dengan kode penyakit lainnya.

Di mana kode tersebut akan berbeda satu sama lain antar penyakit yang muncul. Bahkan satu jenis penyakit yang sama namun letak/posisi berberbeda kode ICD 10 nya juga akan berbeda.

Penyebab Colic Abdomen

Penyebab Colic Abdomen

Colic atau kolik abdomen sendiri umumnya akan ditandai dengan rasa nyeri parah, kemudian mereda, dan akan muncul nyeri itu kembali. Biasanya orang dewasa, kolik abdomen bisa disebabkan karena adanya beberapa penyakit lain, seperti:

1. Mekanis Adhesi (perlengketan setelah pembedahan/mekanik)

  • Intususepsi
  • Karsinoma
  • Obstipasi
  • Polip
  • Striktur
  • Volvulus

2. Fungsional (non mekanik)

  • Enteritis regional
  • Ileus paralitik
  • Ketidakseimbangan elektrolit
  • Lesi medula spinalis
  • Uremia

Gejala Colic Abdomen

Gejala Colic Abdomen

Sedangkan gejala Colic Abdomen sendiri ada beberapa gejala umum yang kerap terjadi oleh para penderitanya. Nah, berikut beberapa gejala itu sendiri:

1. Mekanika Sederhana Kolon

Kram abdomen diarea tengah sampai bawah, distensi, muntah, peningkatan bising usus & nyeri.

2. Mekanika Sederhana Usus Halus Atas

Penyakit kolik abdomen yang terasa nyeri di bagian pertengahan sampai ke atas perut, distensi, muntah, peningkatan bising usus & nyeri

3. Mekanika Sederhana Usus Halus Bawah

Penyakit kolik signifikan midabdomen, distensi cukup berat, muntah, bising usus meningkat, & nyeri.

4. Obstruksi Mekanik Parsial

Bisa terjadi bersama dengan granulomatosa usus pada penyakit Crohn. Gejala kolik abdomen yaitu berupa kram nyeri abdomen, distensi ringan & diare.

5. Strangulasi

Gejala kolik abdomen berkembang secara cepat, nyeri parah, distensi sedang, muntah, biasanya bising usus menurun & nyeri tekan terlokalisir hebat.

Pengobatan atau Penanganan Colic Abdomen

Pengobatan atau Penanganan Colic Abdomen

Jika dirasa colic abdomen sudah terasa amat sangat parah, maka Anda harus segera untuk melakukan penanganan atau memberi pengobatan. Pengobatan sendiri paling tepat sendiri yaitu datang ke dokter dan konsultasikan.

Kemudian dokter akan memeriksa tensi, nadi, pernapasan, suhu, lokasi nyeri dan beberapa penanganan lainnya. Setelah selesai melakukan pemeriksaan biasanya maka dokter akan memberikan obat, jika sudah terlalu parah maka bisa saja di infus.

Mungkin kiranya itu saja yang dapat kodebpjs.com sampaikan untuk Anda semua mengenai bagaimana kode ICD 10 atau kode BPJS dari penyakit bernama colic abdomen. Semoga dengan adanya informasi kode ICD tersebut dapat bermanfaat bagi yang membutuhkan.