√ Kode ICD 10 Neuritis 2021 : Penyebab, Gejala & Pengobatan

Kode ICD 10 Neuritis – Berbagai penyakit atau gangguan kesehatan yang dapat menyerang tubuh. Nantinya akan diberikan sebuah kode berbeda satu sama lain, di mana kode tersebut adalah kode ICD 10 atau banyak orang menyebutnya KODE DIAGNOSA BPJS KASEHATAN.

Di mana kode ICD 10 ini adalah sebuah sistem klasifikasi penyakit dan berbagai tanda, kelainan, komplain bahkan penyebab eksternal suatu gangguan kesehatan yang bisa saja terjadi pada manusia.

Nantinya adanya kode ICD 10 inilah, setiap kondisi kesehatan akan memiliki kode ICD 10 yang tidak mungkin sama. Bahkan dari satu jenis penyakit sama, namun letak berbeda juga akan memiliki kode berbeda.

Nah, pada pembahasan ini kodebpjs.com akan sampaikan salah satu kode ICD 10 dari gangguan kesehatan bernama neuritis. Mungkin banyak yang bertanya dan penasaran akan kode ICD neuritis itu sendiri.

Kode ICD 10 Neuritis Penyebab Gejala Pengobatan

Untuk lebih jelas mengenai kode ICD 10 tersebut, berikut akan disampaikan secara lengkap di bawah ini. Jadi, terus untuk simak dan ikuti pembahasan kode ICD 10 atau kode diagnosa penyakit sampai akhir.

Apa Itu Neuritis

Apa Itu Neuritis

Neuritis adalah istilah umum yang digunakan untuk kondisi saraf perifer meradang, di mana saraf ini sendiri berada di luar otak dan sumsum tulang. Fungsi dan tugas dari saraf parifier ialah menyampaikan sinyal dari berbagai bagian tubuh ke otak.

Dengan begitu, saat saraf sedang meradang maka saraf perifer mulai tidak berfungsi dengan baik. Tidak hanya dapat memengaruhi satu saraf, melainkan bisa juga melibatkan kelompok saraf di berbagai bagian tubuh.

Nantinya neuritis akan menyebabkan dan memunculkan rasa nyeri dan kaku. Hal inilah di mana bisa menyebabkan kelemahan dan peletihan otot bahkan pada suatu kasus yang terbilang parah, neuritis dapat memicu paralisis.

Kode ICD 10 Neuritis

Kode ICD 10 Neuritis

Lalu berapa kode ICD dari neuritis itu sendiri? Mengenai kode ICD atau kode diagnosa mengenai gangguan saraf sendiri yaitu M79.2. Ini jelas berbeda dengan kode ICD 10 penyakit lain-lainnya yang bisa menyerang kesehatan tubuh manusia.

Penyebab Neuritis

Penyebab Neuritis

Bagi Anda yang bertanya mengenai faktor penyebab neuritis, ternyata gangguan pada saraf ini sendiri ada beberapa penyebabnya. Adapun faktor penyebab umum dari gangguan saraf bernama neuritis sendiri seperti berikut:

  • Trauma dan cedera.
  • Adanya tumor yang menjadikan pertumbuhan abnormal dapat menyumbat saraf.
  • Infeksi tertentu.
  • Konsumsi alkohol.
  • Konsumsi obat-obatan tertentu dalam jangka waktu cukup panjang.

Gejala Neuritis

Gejala Neuritis

Sedangkan untuk gejala neuritis sendiri nantinya akan tergantung pada lokasi saraf. Namun, secara umum sebagian besar penderita atau pasien akan merasakan sensasi geli, terbakar, dan sensasi abnormal di area saraf yang meradang.

Tidak hanya itu saja, gejala lainnya yang bisa muncul seperti adanya rasa nyeri yang menusuk ke dalam otot yang lemah. Gejala pada kasus yang berat, akan memunculkan tanda seperti kehilangan sensasi dan refleks otot.

Namun yang jelas, neuritis akan memunculkan tanda pada kulit berupa adanya area yang berwarna kemerahan dan otot terasa lebih terlihat. Itu menjadi salah satu gejala umum selain beberapa gejala neuritis di atas.

Pengobatan Neuritis

Pengobatan Neuritis

Mengenai pengobatan yang bisa dilakukan sendiri, biasanya akan dilakukan setelah dokter berhasil mendiagnosis apa itu neuritis. Pengobatan sendiri nantinya akan tergantung pada hasil tes, pasien akan dirujuk ke dokter spesialis mata atau nyeri.

Tidak hanya dirujuk ke dokter mata dan nyeri, nantinya para penderita/pasien juga akan dirujuk ke dokter THT atau ahli neurologi. Selanjutnya akan di tes darah, tes saraf, dan pencitraan resonansi magnetik (MRI) atau CT scan.

Setelah pemeriksaan biasanya dokter akan memberikan beberapa obat-obatan, sesuai dengan kondisi dan gejala yang dimunculkan pada pasien. Adapun pilihan pengobatan tersebut seperti:

  • Suplementasi vitamin B yang digunakan jika penyakit neuritis disebabkan oleh kekurangan vitamin B.
  • Prosedur bedah (pengangkatan tumor) bisa dilakukan jika kondisi tumor yang menyumbat saraf.
  • Pemberian obat-obatan, (pereda nyeri, antiseizure, antidepresandan pengobatan topikal).
  • Terapi medis.

Pencegahan Neuritis

Pencegahan Neuritis

Selain itu, ada sejumlah cara dapat dilakukan untuk melakukan pencegahan neuritis. Pencegahan sendiri biasanya akan dilakukan seperti misalnya:

  • Jaga pola makan seimbang dan mengobati pemicu radang.
  • Konsumsi suplemen vitamin B.
  • Olahraga rutin.
  • Hindari stres.
  • Hentikan kebisaan merokok dan meminum terlalu banyak alkohol.
  • Dokter juga menyarankan pasien untuk melakukan teknik relaksasi.

Mungkin itu saja yang dapat kodebpjs.com sampaikan mengenai kode ICD atau kode BPJS dari penyakit neuritis. Dengan adanya informasi kode ICD 10 di atas semoga bisa bermanfaat bagi semua yang membutuhkan.