Kode ICD 10 TB Paru 2021 : Penyebab, Gejala & Pengobatan

Kode ICD 10 TB Paru – Di dalam Dunia Medis terdapat satu istilah atau sebutan kode ICD 10. Bagi yang belum tahu, kode ICD 10 merupakan kode yang digunakan pada setiap penyakit yang di dalam tubuh manusia. Kode ICD 10 juga kerap disebut sebagai kode diagnosa BPJS.

Bicara mengenai kode ICD 10, kali ini kodebpjs.com punya informasi khusus mengenai kode diagnosa TB Paru. Sebagai pelaku Medis, kami rasa kalian wajib tahu informasi berikut. Selain itu, ada juga pembahasan mengenai faktor penyebab, diagnosa hingga cara mengobati penyakit tersebut.

Sebelum kami jelaskan lebih lanjut, penting diketahui bahwa setiap penyakit mempunyai kode ICD 10 yang berbeda satu sama lain. Kemudian khusus untuk penyakit TB Paru, kami punya 2 kode diagnosa BPJS yang diterapkan pada penyakit tersebut.

Kedua kode tersebut juga memiliki perbedaan yang ditentukan berdasarkan jenisnya, yaitu TB Paru biasa dan TB Paru dengan Efusi Pleura. Baiklah, supaya lebih jelas langsung saja simak informasi selengkapnya pada ulasan dibawah ini.

Kode ICD 10 TB Paru Penyebab Gejala Pengobatan

Apa Itu TB Paru

TB atau Tuberkulosis merupakan salah satu jenis penyakit Paru-Paru yang diakibatkan oleh bakteri Mycobacterium Tuberculosis. Dikutip dari laporan WHO (World Health Organization) hingga saat ini TB Paru masih menjadi penyakit paling menular di Dunia.

Tercatat sudah lebih dari 1,5 juta orang meninggal karena TB Paru dimana 38% diantaranya berasal dari Indonesia, tepatnya dari Daerah Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jawa Tengah. Sebagai tambahan, penyakit TB Paru umumnya menyerang manusia yang memiliki kebiasaan merokok atau memiliki riwayat penyakit pernafasan.

Selain penyakit TB Paru biasa, ada juga penyakit TB Paru yang disertai Efusi Pleura. Bagi yang tahu, Efusi Pleura merupakan kondisi penumpukan cairan pada lapisan pemisah paru dengan dada yang mengakibatkan sulit bernafas, batuk, nyeri dada disertai demam.

Kode ICD 10 TB Paru

Kode ICD 10 TB Paru

Setelah menyimak sedikit mengenai apa itu penyakit TB, sekarang mari lanjut ke informasi kode ICD 10 dari penyakit tersebut. Dalam Dunia Media, penyakit TB Paru biasa memiliki kode diagnosa  A15.0/A16.0. Sedangkan kode ICD 10 untuk TB Paru dengan Efusi Pleura adalah A15.6/A16.5.

Kode tersebut juga tercantum dalam daftar kode diagnosa BPJS bersama dengan berbagai kode dari penyakit lainnya. Selain informasi mengenai kode ICD 10 dari penyakit TB Paru, kami juga punya informasi lainnya seputar penyakit tersebut. Oleh karena itu, mari kita lanjut ke pembahasan berikutnya.

Faktor Penyebab Terjadinya TB Paru

Seperti kami sebutkan diatas bahwa penyakit TB Paru pada manusia terjadi karena adanya bakteri Mycobacterium Tuberculosis. Jika demikian, berarti ada juga faktor atau alasan yang menyebabkan munculnya bakteri tersebut.

Jadi bakteri Mycobacterium Tuberculosis bisa hadir karena kurangnya kesadaran manusia dalam menjaga kesehatan, khususnya untuk kesehatan Paru-Paru. Selain itu, TB Paru juga diklaim sebagai salah satu penyakit paling menular, artinya ketika berada di dekat orang yang mengidap penyakit tersebut maka kita bisa tertular.

Nah, supaya lebih jelas berikut telah kami rangkum beberapa faktor penyebab terjadinya penyakit TB Paru pada manusia :

  • Kebiasaan merokok (lebih dari 2 bungkus sehari)
  • Tertular Pasien pengidap TB Paru, baik karena kontak fisik, air liur dan lain sebagainya
  • Jarang minum air putih
  • Tidak pernah olahraga

Gejala Mengidap TB Paru

Seperti kita ketahui bahwa masing-masing penyakit di tubuh manusia pastinya memiliki gejala nya masing-masing. Dengan demikian kalian juga wajib tahu beberapa gejala yang bisa diartikan sebagai ciri-ciri mengidap penyakit TB Paru.

Seseorang bisa diklaim memiliki gejala penyakit TB Paru apabila mengalami beberapa indikasi sebagai berikut :

  • Batuk disertai darah
  • Demam tinggi
  • Berkeringat pada malam hari
  • Nafsu makan berkurang
  • Berat badan turun secara drastis
  • Mudah lelah

Maka dari itu, apabila kalian mengalami beberapa gejala seperti diatas, kami sarankan untuk segera melakukan pencegahan atau langsung konsultasi dengan Dokter Spesialis Paru.

Resiko Penyakit TB Paru

Sampai disini kalian sudah tahu informasi seputar kode ICD 10 TB Paru, penyebab hingga gejala yang ditimbulkan dari penyakit tersebut. Nah, untuk informasi selanjutnya kami bakal menjelaskan resiko yang mungkin dialami bagi para pengidap TB Paru.

Berdasarkan informasi yang kami peroleh, penyakit TB Paru bisa menimbulkan beberapa resiko sebagai berikut :

1. Kerusakan Fungsi Hati

Pertama, pengidap penyakit Tuberkulosis bisa mengakibatkan kerusakan pada fungsi Hati. Sebab, aliran darah kotor yang sudah terinfeksi virus TB bisa menimbulkan Hepatic Tuberculosis. 

Dengan demikian, tidak menutup kemungkinan organ Hati akan mengalami pembengkakan hingga membuat lapisan Mukosa berwarna Kuning karena Bilirubin tidak seimbang.

2. Kerusakan Pada Tulang & Sendi

Kedua, penyakit TB Paru juga berdampak buruk pada kesehatan Tulang dan Sendi. Kenapa demikian? Sebab, virus TB bisa menyebar dan merusak sistem saraf hingga bentuk tulang bagian belakang.

3. Mengurangi Kesehatan Ginjal

Ketiga, penyakit TB Paru juga bisa menjadi penyebab menumpuk nya kalsium, Hipertensi dan pembentukan jaringan nanah dimana hal-hal tersebut tentu saja mempengaruhi kesehatan Ginjal.

4. Kerusakan Pada Otak

Keempat, ketika penyakit TB Paru tidak ditangani dengan benar maka bakteri akan menyebar ke cincin cincin tulang belakang dan Meninges (selaput sekeliling otak).

Hal tersebut bisa menimbulkan beberapa resiko buruk seperti mengurangi kemampuan mendengar, meningkatkan tekanan pada otak hingga penurunan kesadaran.

5. Mengurangi Kesehatan Jantung

Kelima, bakteri Mycobacterium Tuberculosis juga bisa menyerang Pericardium, Myocardium hingga ke katup jantung. Apabila hal ini tidak ditangani dengan baik maka bisa mengakibatkan gagal jantung dan berujung pada resiko terburuk yaitu kematian.

Cara Mengobati TB Baru

Sementara itu bagi kalian para pengidap TB Paru, baik itu TB Paru maupun TB Paru dengan Efusi Pleura kami punya beberapa tips untuk mengobati gangguan kesehatan tersebut. Tanpa perlu berlama-lama lagi langsung saja simak informasi selengkapnya dibawah ini :

  • Mengkonsumsi obat Isoniazid, Rifampicin, Pyrazinamide dan Ethambutol secara rutin selama kurang lebih 6 bulan
  • Menjalani kontrol rutin satu bulan sekali (sesuai anjuran) dengan Dokter Spesialis Paru
  • Lakukan Olahraga rutin setiap hari minimal 15 menit

Cara Mencegah TB Paru

Terakhir kami juga beberapa tips atau cara untuk mencegah timbulnya masalah kesehatan pada Paru-Paru. Cara ini mampu membuat kondisi kesehatan Paru-Paru tetap terjaga. Lalu apa sih tips mencegah virus Tuberkulosis pada Paru-Paru? Simak selengkapnya berikut ini :

  • Berhenti merokok
  • Minum air putih minimal 8 gelas sehari
  • Tidur teratur
  • Gunakan masker ketika berada di tempat maupun fasilitas umum
  • Olahraga rutin

Demikianlah informasi dari kodebpjs.com mengenai kode ICD 10  TB Paru biasa dan kode ICD 10 TB Paru dengan dengan Efusi Pleura. Selain itu, diatas kami juga menjelaskan penyebab hingga ciri-ciri orang terkena TB Paru.

Bahkan, kami juga membagikan informasi seputar resiko atau dampak buruk dari penyakit itu sendiri. Meskipun demikian, kalian bisa melakukan beberapa cara diatas untuk mengobati bahkan mencegah timbulnya virus Tuberkulosis pada Paru-Paru.