√ Kode ICD 10 Colitis 2022 : Penyebab, Gejala & Cara Mengobati

Kode ICD 10 Colitis – Kode ICD 10 merupakan istilah yang sangat sering ditemui dalam Dunia Medis. Bagi yang belum tahu, kode ICD 10 merupakan sebuah kode khusus yang digunakan untuk mendiagnosis suatu penyakit maupun gangguan kesehatan.

Dalam menentukan kode ICD 10 dari suatu penyakit, para Dokter maupun tenaga medis di Indonesia menggunakan buku Klasifikasi Internasional Penyakit revisi ke-10 (KIP/10). Di dalam buku tersebut berisi pengodean dari semua penyakit yang sudah dilakukan oleh WHO (World Health Organization).

Bicara mengenai kode ICD 10, pada pembahasan kali ini tim kodebpjs ingin menjelaskan informasi terkait kode ICD 10 yang berlaku untuk penyakit Colitis. Informasi ini mungkin berguna bagi kalian yang bekerja sebagai  tenaga medis dalam membuat laporan diagnosis ketika menangani pasien penderita Colitis.

Bukan hanya itu, kami juga bakal menjelaskan apa saja penyebab, gejala hingga cara pengobatan dari penyakit tersebut. Baiklah, tanpa perlu berlama-lama lagi langsung saja simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Citayam

Apa Itu Colitis

Apa Itu Colitis

Colitis merupakan suatu gangguan medis berupa peradangan yang terjadi pada Kolon (Usus Besar) serta Rektum (bagian Usus Besar yang tersambung ke Anus). Biasanya penderita Colitis akan mengalami Diare secara terus menerus dan pada kotoran yang keluar muncul darah atau nanah.

Dengan begitu siapa saja yang menderita Colitis atau Radang Usus pastinya bakal terganggu dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Belum lagi rasa mual disertai rasa nyeri berlebihan pada area perut semakin menghambat penderita untuk beraktivitas.

Oleh karena itu, jika kalian mengalami penyakit seperti ini, kami sarankan untuk segera menjalani pengobatan di Rumah Sakit. Sebab, Colitis bukanlah penyakit Diare biasa yang dikhawatirkan bisa menimbulkan risiko berbahaya jika tidak segera ditangani.

Kode ICD 10 Colitis

Kode ICD 10 Colitis

Sebelum kami beritahukan bagaimana cara mengobati Colitis, sekarang kami ingin menjelaskan inti pembahasan dari artikel ini, yaitu kode ICD 10 untuk penyakit Colitis. Jadi berdasarkan informasi yang kami peroleh dari daftar kode Diagnosa BPJS Kesehatan, saat ini Colitis mempunyai kode ICD 10 berupa K51.

Kode tersebut nantinya bermanfaat bagi kalian para pekerja medis dalam membuat sebuah laporan dari penyakit Colitis. Selain itu, kode ICD 10 juga bisa dipakai untuk mencari jenis obat maupun metode penanganan yang tepat untuk pasien penderita Colitis.

Penyebab Penyakit Colitis

Setelah mengetahui kode ICD 10 Colitis, sekarang kita lanjut ke informasi seputar penyebab dari penyakit diatas. Hingga saat ini memang belum diketahui secara pasti apa penyebab terjadinya Radang Usus pada tubuh.

Meski begitu, jika dilihat dari kondisi tubuh para penderita Colitis, penyakit ini disebabkan oleh adanya kekeliruan respons sistem kekebalan tubuh terhadap sel-sel sehat di saluran buang. Hal tersebut mengakibatkan terjadinya peradangan hingga luka pada dinding dalam Usus Besar.

Selain itu, ada juga faktor lain yang mungkin bisa menjadi alasan terjadinya Colitis pada tubuh manusia, diantaranya :

  • Infeksi virus
  • Keracunan makanan / minuman
  • Alergi obat
  • Penggunaan Pil KB (untuk wanita)

Gejala Penderita Colitis

Gejala Penderita Colitis

Sementara itu terjadinya Colitis atau Radang Usus juga bisa ditengarai oleh beberapa gejala yang ditimbulkan. Gejala atau Indikasi ini juga berdeda-beda, tergantung tingkat keparahannya. Misal, untuk penderita Colitis ringan bisa ditandai dengan beberapa gejala sebagai berikut :

  • Demam
  • Nyeri / kram pada perut
  • Sering ingin BAB tapi kotoran susah keluar

Sedangkan untuk penderita Colitis yang sudah cukup parah, biasanya gejala yang ditimbulkan adalah sebagai berikut :

  • Tubuh mudah lelah
  • Diare disertai darah dan nanah
  • Merasa nyeri berlebih pada Anus
  • Berat badan menurun cukup drastis

Cara Mengobati Colitis

Cara Mengobati Colitis

Sampai disini kalian sudah tahu informasi mengenai kode ICD 10 Colitis menurut BPJS Kesehatan lengkap dengan informasi penyebab dan gejala dari penyakit tersebut. Nah, selain itu kami juga masih punya informasi seputar cara mengobati Colitis. Jadi, penyakit ini ternyata bisa disembuhkan melalui obat-obatan sebagai berikut :

  • Jenis obat-obatan Antiradang = Sulfasalazine dan Kortikosteroid
  • Jenis obat-obatan Imunosupresan = Azathioprine dan Ciclosporin
  • Mengkonsumsi obat Paracetamol
  • Jenis obat-obatan penghambat TNF (Tumor Necrosis Factor)
  • Obat Antidiare
  • Meminum suplemen zat besi

Namun jika melalui jenis obat-obatan diatas ternyata Colitis tidak kunjung sembuh karena memang kondisi nya yang sudah sangat parah, maka jalan satu-satunya untuk mengobati adalah melakukan operasi.

Pada proses ini, Dokter akan mengangkat Usus Besar secara permanen kemudian menyambungkan Usus Halus ke Anus. Biaya operasi Colitis mungkin hampir sama seperti biaya operasi Usus Buntu karena memang proses penanganan nya yang juga tidak beda jauh seperti operasi Colitis.

Itulah informasi dari kodebpjs.com mengenai kode ICD 10 Colitis yang tentu bermanfaat bagi kalian para pekerja medis. Selain itu, barangkali ada salah satu kalian yang juga menjadi penderita Colitis, diatas kami menjelaskan informasi seputar penyebab, indikasi hingga cara mengobati penyakit tersebut yang semoga bisa membantu.