√ Kode ICD 10 Trigger Finger 2022 : Penyebab, Gejala & Pengobatan

Kode ICD 10 Trigger Finger – Ketika tenaga medis melakukan diagnosis terhadap gangguan kesehatan pada seorang pasien. Maka nantinya akan dituntut untuk membuat laporan terkait penyakit atau gangguan kesehatan beserta penanganan atas kondisi sedang dialami pasien.

Di mana pada laporan inilah seorang dokter nantinya akan menggunakan kode ICD 10 atau kode diagnosa kesehatan sebagai klasifikasi pengodean penyakit yang diderita. Itu artinya banyak sekali kode ICD 10 ada mengingat banyak sekali gangguan-gangguan kesehatan pada tubuh.

Dengan begitu secara otomatis, para tenaga medis perlu untuk mengetahui kode ICD 10 dari gangguan kesehatan tersebut. Namun dengan banyaknya kode ICD tersebut membuat tenaga medis banyak tidak mengingat atau mengetahui semua kode ICD 10 yang ada.

Dengan begitu, pada kesempatan kali ini kodebpjs.com akan akan sajikan salah satu kode ICD 10 dari gangguan kesehatan bernama trigger finger. Untuk Anda yang penasaran, bisa simak dan ikuti pembahasan kode ICD trigger finger sampai akhir di bawah ini.

Citayam

Kode ICD 10 Trigger Finger

Apa Itu Trigger Finger

Sebelum lanjut ke pembahasan mengenai apa itu kode ICD 10-nya, alangkah baiknya mengetahui terlebih dahulu apa itu trigger finger. Di mana trigger finger adalah kondisi yang menyebabkan jari tangan kaku pada posisi tertentu.

Seperti misalnya saat jari menekuk atau lurus dalam sekejap, seperti pelatuk yang ditarik kemudian dilepaskan. Nantinya trigger finger akan mempengaruhi lapisan jaringan di sekitar jari tangan yang disebut tendon, yang merupakan bagian dari struktur tulang dan sendi.

Tendon yang merupakan jaringan serat tebal yang berhubungan dengan otot kerangka. Peradangan tendon atau tenditinis ini akan menyebabkan tendon tidak bisa bergerak secara leluasa sehingga jari tangan terkunci dalam satu tempat.

Kode ICD 10 Trigger Finger

Lalu untuk kode ICD 10 trigger finger sendiri adalah M65.30 dan kode ini jelas akan berbeda dengan kode ICD 10 atau kode diagnosa kesehatan lain yang menyerang tubuh. Jadi saat menemui kode M65.30, maka itu merupakan kode ICD dari trigger finger.

Penyebab Trigger Finger

Penyebab Trigger Finger

Lalu apa penyebab trigger finger ? Di mana penyebab trigger finger sendiri sampai saat ini tidak terlalu jelas dan belum dikenali. Namun masalah trigger finger terjadi akibat adanya masalah yang menyerang persendian ketika lapisan tendon jari tangan mengalami iritasi dan peradangan.

Tendon yang menjadi jaringan serat yang menghubungkan otot dan tulang, jadi setiap tendon akan dikelilingi oleh lapisan pelindung yang mempengaruhi pergerakan tendon normal. Selain itu, merangsang lapisan akan menciptakan jaringan parut pada tendon dan lapisan akan menebal.

Namun bisa saja trigger finger terjadi ketika Anda kebanyakan bermain telepon genggam, gaming dan gerakan serupa lainnya yang dapat memicu terjadinya trigger finger. Selain itu ada faktor risiko trigger finger:

  • Melakukan gerakan yang sama berulang kali.
  • Alami penyakit tertentu: diabetes, rheumatoid arthritis.
  • Jenis kelamin wanita / perempuan lebih mudah terpengaruh.
  • Efek setelah lakukan operasi.
  • dan beberapa kondisi tertentu.

Gejala Trigger Finger

Penyebab Trigger Finger

Sedangkan untuk gejala atau tanda-tanda yang muncul saat alami trigger finger yaitu Anda akan mengalami salah satu gangguan sendi dan tendon. Yaitu jari tangan seringkali berada dalam posisi tetap atau terkunci pada posisi tertentu saat kondisi melipat atau meregang. Selain itu ada gejala lain:

  • Adanya benjolan di telapak tangan di pangkal jari yang terkena.
  • Jari terkunci dalam posisi bengkok dan tidak bisa diluruskan.
  • Jari terkunci dengan posisi bengkok dan tiba-tiba lurus.
  • Jari-jari akan terasa kaku, terutama disaat pagi hari.
  • Muncul sensasi saat menggerakkan jari dengan bunyi “klik”.

Pengobatan Trigger Finger

Jika sudah alami hal tersebut dan justru lebih memburuk, maka Anda harus menghubungi dokter untuk berkonsultasi. Kemudian dokter akan mendiagnosis terlebih dahulu, setelah berhasil mendiagnosis baru penderita akan diarahkan ke tahap pengobatannya, diantara lain pengobatan seperti.

Pemberian obat-obatan seperti ibuprofen (Advil, Motrin IB) atau naproxen (Aleve), dapat menghilangkan rasa sakit.
Melakukan terapi seperti istirahat yang cukup, belat, latihan peregangan, dan lainnya.
Tindak operasi jika trigger finger sudah termasuk parah dan memang harus dilakukan pembedahan.

Pencegahan Trigger Finger

Setelah tahu akan kode ICD sampai pengobatan yang bisa dilakukan saat alami trigger finger di atas, maka terakhir Anda harus mengetahui apa saja pencegahan perlu dan bisa dilakukan untuk terhindar dari gangguan trigger finger ini, diantara lainnya seperti:

  • Menjaga pola istirahat dengan cukup.
  • Hindari berbagai aktivitas tertentu (bermain HP).
  • Lakukan peregangan saat ingin beraktivitas atau lakukan sebuah hal.

Itulah pembahasan mengenai kode ICD 10 atau kode diagnosa trigger finger dapat kodebpjs.com sajikan. Dengan adanya pembahasan kode ICD 10 masalah atau gangguan kesehatan tersebut, semoga bisa membantu dan bermanfaat bagi semua yang membutuhkan.