Kode ICD 10 Varicella (Cacar Air) 2022 : Penyebab, Gejala & Pengobatan

Kode ICD 10 Varicella – Teruntuk seorang tenaga medis (dokter), lakukan diagnosis penyakit diderita pasien menjadi tindakan awal dalam sebuah penanganan gangguan kesehatan. Tujuannya agar bisa menentukan apa penyakit dan penanganan yang diperlukan.

Di dalam pembuatan laporan, nantinya dokter akan mencantumkan sebuah kode diagnosa atau dikenal dengan kode ICD. Di mana kode ICD adalah suatu sistem klasifikasi penyakit dan beragam jenis tanda, kelainan, simptoma, komplain dan penyebab eksternal penyakit.

Jadi, dari banyaknya penyakit yang ada membuat setiap penyakit maupun gangguan kesehatan pada tubuh manusia akan memiliki kode ICD yang berbeda satu sama lain. Nah kali ini kodebpjs.com akan sajikan salah satu kode ICD 10 yaitu kode ICD 10 penyakit varicella.

Mungkin bagi sebagian orang akan sedikit terdengar asing dengan penyakit bernama varicella, namun di Indonesia penyakit ini dikenal dan populer dengan nama berbeda. Di mana di Indonesia penyakit ini lebih terkenal dengan nama cacar air.

Citayam

Kode ICD 10 Varicella

Apa Itu Varicella

Varicella atau disebut dengan cacar air adalah sebuah infeksi yang diakibatkan oleh adanya virus Varicella-zoster. Sebagian besar dan besar kemungkinan kasus ini terjadi pada anak-anak di bawah usia 12-15 tahun.

Namun bukan tidak mungkin jika penyakit ini juga dapat terjadi pada orang dewasa yang belum pernah terinfeksi. Nantinya saat alami varicella pada orang dewasa maka gejala yang muncul secara umum akan jauh lebih parah.

Varicella menjadi salah satu penyakit yang dapat dengan mudah untuk menyebar dari satu orang ke orang lain. Namun jika sudah pernah terkena, maka kekebalan tubuh akan mengenali atau tidak akan terserang lagi dua kali.

Kode ICD 10 Varicella

Lalu berapa kode ICD 10 varicella atau cacar air ini? Mengenai kode ICD atau kode diagnosa penyakit ini adalah B01. Lalu untuk zoster (herpes zoster) akan memiliki kode ICD 10 berupa B02.

Di mana kode ICD 10 ini akan berbeda satu sama lain dengan kode ICD penyakit lain meskipun itu penyakit kulit seperti misalnya kode ICD 10 Neurodermatitis, Pyoderma dan lainnya.

Penyebab Varicella

Penyebab Varicella Atau Cacar Air

Mengenai penyebab utama cacar air yaitu infeksi virus Varicella zoster, di mana infeksi dimulai dengan munculnya ruam dan kemudian berubah menjadi bintil merah berisi cairan yang terasa gatal, dan mengering dalam waktu tertentu.

Bintil tersebut nantinya akan menjadi koreng dan terkelupas dalam waktu 7 – 14 hari. Namun ada beberapa risiko varicella atau cacar air, seperti misalnya:

  • Imun atau sistem kekebalan rendah akibat penyakit atau obat-obatan.
  • Lakukan kontak langsung dengan orang yang terinfeksi.
  • Lebih sering terjadi saat berusia di bawah 12 tahun.
  • Menghabiskan waktu di sekolah atau fasilitas penitipan anak yang rentan tertular.
  • Orang dewasa yang tinggal bersama anak-anak dan belum pernah mengalami.

Gejala Varicella

Lalu seperti apa gejala-gejala yang muncul? Secara umum, varicella maupun cacar air adalah penyakit yang ditandai dengan ruam gatal berisi air. Namun sebelum gejala lain berkembang, ruam biasanya menetap di tubuh pengidap selama 7-21 hari.

Bahkan setelah 48 hari terinfeksi, pengidap sudah bisa menularkan kepada orang lain, bahkan sebelum gejala-gejala berupa ruam kulit muncul. Di fase awal sebelum munculnya sebuah ruam, gejala cacar air nantinya akan ditandai dengan:

  • Ada atau munculnya benjolan merah di seluruh tubuh.
  • Benjolan berubah menjadi lepuhan berisi cairan.
  • Demam/badan panas.
  • Hilangnya selera makan.
  • Mual-mual.
  • Muntah.
  • Rasa lelah berlebih.
  • Rasa nyeri otot.
  • Saat mulai sembuh, benjolan akan pecah, kering lalu berkerak.
  • Sakit kepala.

Pengobatan Varicella

Pengobatan Varicella

Setelah tahu akan kode ICD, penyebab dan gejala yang muncul maka Selanjutnya Anda tinggal mengetahui pengobatan yang diperlukan. Di mana pengobatan hingga kini, masih belum ditemui langkah pengobatan efektif untuk mengatasi varicella atau cacar air.

Hingga saat ini pengobatan dilakukan hanya untuk meredakan gejala yang muncul. Selain itu dokter biasanya meresepkan sebuah obat penurun panas untuk meredakan demam atau losion guna mengurangi rasa gatal pada area ruam di kulit.

Tidak hanya itu, ada beberapa langkah perawatan yang bisa dilakukan sendiri guna menunjang proses pengobatan agar cepat pulih:

  • Gunakan celana, kaos tangan dan kaos kaki panjang guna mencegah ruam digaruk.
  • Mandi menggunakan air dingin untuk meredakan gatal.
  • Memotong kuku agar tidak melukai lepuhan ruam saat tidak sengaja digaruk.
  • Menggunakan krim, gel, lotion pendingin anjuran dokter yang bisa dibeli di apotek.
  • Menggunakan pakaian longgar dengan bahan lembut.
  • Perbanyak konsumsi cairan (Air putih dan jus guna cegah dehidrasi).

Pencegahan Varicella

Sedangkan untuk pencegahan varicella atau cacar air bisa dicegah dengan lakukan vaksinasi. Vaksinasi cacar air menjadi salah satu langkah pencegahan yang paling efektif dan jika sampai terkena, maka gejala dialami tidak akan parah.

Karena penularan cacar air terjadi sangat mudah dan sangat cepat, menjadikan saat (anak-anak) terkena maka silakan lakukan isolasi di rumah. Minimal lakukan isolasi selama 1 minggu ke depan terutama 1–2 hari sebelum kemunculan ruam.

Namun jika ada gejala lain yang menghambat dan terasa tidak mengenakan, maka bisa segera untuk konsultasikan dengan dokter. Sehingga dilakukan periksakan dan dokter akan memberikan perawatan yang diperlukan.

Itu saja kiranya pembahasan terkait kode diagnosa kesehatan maupun kode ICD 10 varicella atau dikenal dengan cacar air dapat kodebpjs.com sajikan. Dengan adanya kode ICD 10 diatas semoga bisa bermanfaat bagi semua yang membutuhkan.