7 Kode Plastik Harus di Pahami Apakah Aman atau Berbahaya

Advertisements

Kode Plastik – Makanan atau minuman cepat saji mungkin saat ini menjadi salah satu kegemaran bagi kebanyakan orang-orang. Hal tersebut karena dalam proses atau mendapatkannya sangat mudah sekali.

Namun dengan begitu anda juga harus mengetahui apa itu yang namanya sebuah kode plastik. Dengan begitu anda nantinya bisa menentukan mana yang aman atau berbahaya untuk kesehatan tubuhnya.

Seperti sudah diketahui sendiri bungkus makanan atau minuman pastinya banyak sekali tipe dan jenis yang berbeda. Nah dalam pemilihan tersebut anda harus memperhatikan kode-kode yang telah diberikan.

Advertisements

Mungkin sudah banyak yang tahu mengenai kode tersebut, namun pastinya ada juga yang belum mengetahuinya. Nah pada kesempatan kali ini kodebpjs.com akan sampaikan informasi mengenai kode-kode plastik tersebut.

Kode Plastik yang Harus di Pahami Pada Bungkus Makanan

Kode Plastik yang Harus di Pahami Pada Bungkus Makanan

Advertisements

Untuk kodenya sendiri terdapat 7 kode yang berbeda-beda, dimana setiap kode tersebut memiliki ketentuan tersendiri. Dengan begitu anda harus memahami hal tersebut, jika belum maka kodebpjs.com akan sampaikan informasinya dibawah ini, simak terus ulasan berikut sampai akhir:

PETE atau PET (Polyethylene Terephthalate)

PETE atau PET Polyethylene Terephthalate

Kode plastik pertama ini yaitu PETE atau PET (Polyethylene Terephthalate) biasa ditemukan pada air dalam kemasan komersil. Plastik jenis ini berwujud transparan serta memiliki tekstur cenderung tipis.

Biasanya di tujukan untuk pemakaian tunggal, biasanya di gunakan pada botol minuman air mineral serta tidak dianjurkan untuk dipakai berulang-ulang. Jika tidak ada sebuah wadah air lain dan terpaksa menggunakan botol ini perhatikan beberapa hal seperti berikut:

  • Jangan terlalu sering di isi ulang atau di gunakan.
  • Hindari menyimpan air hangat atau panas di dalamnya, karena pada suhu tinggi sendiri nantinya bisa mengakibatkan lapisan polimer plastik berkode PETE/PET akan meleleh dan mengeluarkan zat karsinogenik. Dimana zat tersebut sangatlah berbahaya bagi tubuh, bahkan bisa menyebabkan kanker pada jangka panjang nantinya.

HDPE (High Density Polyethylene)

HDPE High Density Polyethylene

Memiliki tekstur kaku, kuat, keras, agak blur, lebih tahan terhadap suhu tinggi, serta mudah di daur ulang. Anda bisa menemukan plastik jenis ini pada wadah minuman komersil seperti susu, jus, soda, atau bungkus detergen, sampo, cairan pembersih dimana memiliki bahan dasar berbahan kimia.

Namun diantara plastik lain bungkus makanan dimana memiliki sebuah kode plastik ini dinyatakan menjadi yang paling aman untuk mengemas makanan serta minuman. Namun lebih baik dianjurkan dipakai sekali saja, atau sekali pakai buang.

PVC (Polivinil Clorida)

PVC Polivinil Clorida

Kode plastik selanjutnya yaitu PVC (Polivinil Clorida), dimana kode plastik ini merupakan jenis plastik paling sulit di daur ulang. Biasanya anda akan menemukan kode plastik ini pada botol cairan pembersih komersil, sabun, sampo, pembungkus kabel, serta pipa plastik.

Meskipun plastik dengan kode ini tahan terhadap sinar matahari dan beragam cuaca, namun jenis plastik satu ini tidak disarankan untuk dipakai membungkus makanan atau minuman. Hal tersebut karena kandungan zat kimia yang ada di dalamnya akan bereaksi saat bersentuhan dengan makanan, ini sangat berbahaya untuk kesehatan hati dan ginjal.

Dimana untuk penyembuhannya sendiri bisa ditangani dengan cara operasi ginjal akibat pada ginjal terdapat komplikasi. Untuk biaya operasi batu ginjal tersebut memiliki besaran yang cukup besar, sehingga lebih baik antisipasi dengan mengetahui kode plastik tersebut agar tidak terjadi hal tidak di inginkan ini.

LDPE (Low Density Polyethylene)

LDPE Low Density Polyethylene

Kode selanjutnya ini bernama LDPE (Low Density Polyethylene) sendiri dibuat dengan menggunakan minyak bumi (thermoplastic). Hal tersebut karena memiliki resistensi cukup baik terhadap reaksi kimia, maka plastik dengan kode ini tergolong cukup aman untuk membungkus makanan atau minuman.

Plastik ini memiliki sebuah keunggulan seperti kuat, tembus cahaya, fleksibel, serta memiliki daya proteksi terhadap uap air. Kode LDPE sendiri biasa ditemukan pada kantong plastik tipis transparan, kantong belanjaan, plastik pembungkus, dan botol minuman yang dapat diperas karena memiliki tekstur tidak terlalu kaku.

PP (Polypropylene)

PP Polypropylene

Plastik dengan memiliki kode PP (Polypropylene) menjadi plastik dengan pilihan terbaik dimana kuat, tahan suhu tinggi atau panas, serta resisten terhadap minyak dan bahan kimia. Biasanya anda menemukan kode ini pada botol minuman, botol bayi, kotak makanan, sedotan, kantong belanja, gelas plastik, serta bungkus atau wadah margarin dan yoghurt.

Selain itu, plastik-plastik PP (Polypropylene) bisa digunakan berulang-ulang untuk membungkus makanan agar lebih aman serta tidak berbahaya bagi kesehatan tubuh. Jadi plastik ini sangat rekomended untuk anda yang sering membawa bekal saat bekerja, sekolah atau kegiatan lainnya.

PS (Polystyrene)

PS Polystyrene

Memiliki sebuah tekstur atau bentuk kaku, getas, buram, dan sulit di daur ulang plastik PS (Polystyrene), biasanya anda menemukan plastik ini pada styrofoam. Ini sangat tidak disarankan karena polystyrene sendiri sangat untuk membungkus makanan atau minuman.

Hal tersebut karena bahan kimia bernama styrene yang terkandung di dalamnya bisa dengan mudah tercampur pada makanan yang akan di santap. Ini sangat berbahaya pada kesehatan otak, hormon estrogen, pertumbuhan, reproduksi bahkan bisa mengganggu sistem syaraf.

Other

Other

Jenis plastik dengan memiliki kode angka 7 ini sendiri biasanya dapat dengan mudah untuk di temukan pada bungkus makanan serta minuman seperti botol minum olahraga. Polycarbonate jika sering digunakan bisa mengeluarkan bahan utamanya berupa Bisphenol-A kemudian akan bercampur pada makanan dan minuman yang akan di konsumsi.

Hal tersebut sangat berbahaya sekali dan bisa menyebabkan timbulnya penyakit atau masalah pada tubuh dimana berpotensi merusak sistem hormon, dan gangguan-gangguan di area tubuh lainnya. Jadi sebaik mungkin hindari makanan atau minuman yang terbungkus dengan plastik berkode angka 7 ini.

Nah setelah mengetahui kode-kode tersebut, menjadikan anda harus lebih selektif dalam pemilihan bungkus plastik pada makanan atau minuman. Hal tersebut agar anda terhindar dari bahaya atau efek yang terjadi pada tubuh anda di kemudian harinya.

Mungkin itu saja yang bisa kodebpjs.com sampaikan mengenai sebuah kode plastik, semoga bermanfaat dan berguna bagi semua yang membutuhkannya. Dimana setelah mengetahui kode tersebut anda benar-benar untuk bisa memilih makanan dan minuman yang terbungkus oleh plastik dengan kode yang berbahaya untuk tubuh.

Advertisements