Gaji Apoteker di Apotek Per Bulan Indonesia 2023

Gaji Apoteker di Apotek – Apoteker merupakan seseorang yang bekerja di bidang obat-obatan baik itu meracik, membantu meresepkan maupun memberikan obat kepada pasien. Umumnya apoteker akan bekerja di apotek, rumah sakit, klinik, puskesmas atau perusahaan industri farmasi.

Guna bisa bekerja menjadi apoteker legal, maka perlu membuat Surat Tanda Registrasi Apoteker (STRA) dan Surat Izin Praktik Apoteker (SIPA). Bahkan apoteker yang bekerja di rumah sakit, diperbolehkan mengganti resep dokter dengan obat generik yang sudah terjamin.

Membahas mengenai apoteker itu sendiri, pastinya banyak dari Anda yang penasaran mengenai besaran gaji dari seorang apoteker per bulan. Terutama bagi mahasiswa atau murid SMK Farmasi hendak lulus dan memiliki niat mendaftar kerja menjadi seorang apoteker di apotek.

Jadi berapa besaran gaji apoteker di apotek per bulan? Menjawab hal tersebut, pada pembahasan kali ini kami akan sajikan informasi gaji apoteker tersebut secara lengkap. Jadi agar lebih jelasnya, Anda bisa simak dan terus ikuti pembahasan di bawah ini sampai akhir.

Citayam

Gaji Apoteker di Apotek

Tanggung Jawab Apoteker

Namun sebelum masuk ke pembahasan gaji apoteker di apotek, Anda harus tahu mengenai tanggung jawab seorang apoteker. Dengan tahu tanggung jawab apoteker, maka Anda bisa menilai apakah besaaran gaji apoteker yang didapat, sepadan dengan tanggung jawabnya atau tidak.

Lantas apa saja tanggung jawab apoteker? Mengenai pertanyaan tanggung jawab itu sendiri, seorang apoteker memiliki tugas dan tanggung jawab utama untuk menyimpan, memelihara, mencampur, dan juga memberikan obat kepada pengunjung apotek atau pasien.

Tentu hal ini membuat seorang apoteker benar-benar paham bagaimana cara penggunaan obat yang ada. Tidak hanya situ, apoteker juga wajib mengetahui bagaimana cara menyimpan obat tersebut di tempat yang aman sehingga tingkat keefektifan obat tidak akan berkurang sedikitpun.

Apoteker juga perlu paham akan pemahaman setiap keluhan dari pasien yang disampaikan, dengan begitu jangan sampai seorang apoteker salah dalam memahami keluhan sehingga memberikan obat tidak sesuai. Lalu apoteker juga harus pahami reaksi antara obat satu dengan obat lainnya.

Tidak hanya itu, seirang apoteker juga memiliki kode etik layaknya bidan, dokter, perawat ataupun tenaga medis lainnya. Di mana kode etik apoteker tersebut ada beberapa dan jika belum paham mengenai kode etik apoteker, dipembahasan sebelumnya sudah pernah disampaikan.

Gaji Apoteker di Apotek

Mungkin secara umum, itulah tanggung jawab dari seorang yang memiliki profesi menjadi apoteker. Jika sudah tahu tanggung jawabnya, selanjutnya mari kembali ke pembahasan utama seperti tertera pada judul yaitu mengenai bayaran dari apoteker di apotek.

Bisa dibilang seorang apoteker memiliki gaji yang terbilang cukup besar, tidak heran jika profesi satu ini diminati banyak orang. Menurut informasi yang kami dapatkan dari beberapa sumber, apoteker di apotek memiliki besaran gaji sekitar Rp 2 – 5 juta setiap bulannya.

Nominal atau jumlah tersebut, merupakan rata-rata besaran gaji dari seorang apoteker di Indonesia karena menerapkan gaji sesiap UMP/UMR wilayah tempat kerja. Namun untuk yang berpengalaman lebih selama 10 tahun bisa saja mendapat gaji mencapai Rp 7 jutaan.

Selain itu dari apotek itu sendiri juga memberikan perbedaan urusan gaji apotekernya, bisa saja gaji apoteker di apotek Kimia Farma dan K-24 memiliki perbedaan. Tidak hanya itu, gaji apoteker di apotek juga bisa dilihat dari jenjang pendidikan apakah lulusan SMK atau sarjana farmasi.

Hanya saja untuk seseorang lulusan SMK yang belum melanjutkan sekolah tinggi jurusan farmasi biasanya akan menjadi asisten apoteker di apotek. Mengenai kisaran gaji apoteker di apotek lulusan SMK sendiri masuk dirate tersebut, jadi bisa dikatakan cukup tinggi dan besar.

Namun sekali dan secara umumnya, bayaran seorang apoteker di apotek yang ada di Indonesia seperti yang sudah kami singgung di atas, dan sudah jadi standar gaji apoteker. Jadi jika ada perbedaan gaji yang kami berikan di atas, bisa saja sudah karena sudah ada perubahan gajinya.

Kesimpulan

Bisa di kata, untuk gaji apoteker di apotek di atas ada selisih gaji dibanding dengan gaji apoteker di rumah sakit. Namun dari perbedaan tersebut, masih tergolong wajar dan sesuai dengan tugas ataupun tanggung jawab yang diemban ditempat kerjanya.

Mungkin demikian pembahasan dapat kodebpjs.com sajikan mengenai informasi gaji apoteker di apotek Indonesia. Semoga dengan adanya informasi gaji apoteker di atas bisa bermanfaat untuk semua, terutama bagi yang membutuhkan informasi seputar gaji per bulan dari seorang dengan memiliki profesi menjadi apoteker.

Sumber Gambar : topcareer.id