√ Kode ICD 10 Ulkus Diabetikum : Penyebab & Pengobatan

Kode ICD 10 Ulkus Diabetikum – Pada saat mendiagnosis sebuah penyakit atau gangguan kesehatan, biasanya dokter akan menggunakan kode ICD revisi ke-10 untuk klasifikasi pengodean penyakit versi terbaru.

Apapun jenis penyakit tersebut yang telah teridentifikasi akan di diagnosis dengan menggunakan kode ICD 10 atau KODE DIAGNOSIS. Setiap jenis penyakit dan gangguan kesehatan akan di diagnosis menggunakan kode berbeda.

Artinya, kode ICD 10 yang digunakan untuk 1 penyakit dengan penyakit lainnya akan berbeda-beda, meskipun itu masih dalam 1 jenis namun beda gejala dan penyebab. Begitu juga dengan kode ICD 10 Ulkus Diabetikum.

Lantas, berapa kode ICD 10 untuk menujukan diagnosis Ulkus Diabetikum? Adapun pengodean ICD 10 untuk penyakit Ulkus Kaki Diabetik, maka silahkan langsung saja simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Citayam

Apa Itu Kode ICD 10 Ulkus Diabetikum ?

Apa Itu Kode ICD 10 Ulkus Diabetikum

Bagi Anda yang belum tahu, Ulkus Diabetikum atau Ulkus Kaki Diabetik didefinisikan sebagai ulkus yang diasosiasikan dengan neuropati dan penyakit arteri perifer yang mencakup infeksi, ulkus serta kerusakan jaringan ekstremitas bawah pada penyakit diabetes mellitus.

Kondisi ini paling sering di alami oleh penderita diabetes yang ditandai dengan munculnya luka disertai keluarnya cairan berbau tidak sedap dari kaki. Ulkus Diabetikum termasuk salah satu komplikasi diabetes yang berbahaya dan harus segera ditangani oleh dokter.

Jadi kode ICD 10 Ulkus Diabetikum merupakan kode yang digunakan untuk menujukan diagnosis Ulkus Kaki Diabetik, yang disebabkan karena komplikasi diabetes mellitus.

Kode ICD 10 Ulkus Diabetikum

Kode ICD 10 Ulkus Diabetikum

Pengodean untuk Ulkus Diabetikum akibat komplikasi diabetes mellitus dilakukan sesuai dengan kondisi luka itu sendiri. Dimana untuk Kode ICD 10 yang bisa digunakan untuk menunjukan diagnosis Ulkus Diabetikum yaitu E11.622.

Namun, berdasarkan kondisi, indukasi obat atau kimia dan kaitan lainnya, mungkin penggunaan kode ICD 10 akan berbeda. Adapun penggunaan kode ICD 10 lainnya untuk kondisi Ulkus Diabetikum yaitu sebagai berikut.

  • Kode ICD 10 untuk diabetes karena kondisi yang mendasari :

Diabetes Mellitus karena kondisi yang mendasarinya dengan ulkus kaki : E08.621

  • Kode ICD 10 Untuk Diabetes Diindukasi Obat atau Kimia

Diabetes Mellitus yang diindukasi obat atau kimia dengan ulkus kaki : E09.621

  • Diabetes Mellitus tipe 1 dengan Ulkus Kaki : E10.621
  • Diabetes Mellitus tipe 2 dengan Ulkus Kaki : E11.621
  • Diabetes Mellitus Spesifik dengan Ulkus Kaki : E13.621

Untuk kode ICD 10 E11.622 adalah kode yang dapat ditagih atau spesifik yang digunakan untuk menujukan diagnosis untuk tujuan penggantian dan E11.622 merupakan kode ICD 10 Ulkus Diabetikum yang berlaku.

Penyebab Ulkus Diabetikum

Penyebab Ulkus Diabetikum

Penyebab ulkus diabetikum ialah sirkulasi darah yang sangat buruk, sehingga aliran darah tidak mengalir ke kaki dengan baik. Bukan itu saja, kadar glukosa yang tinggi juga menjadi pemicu kerusakan saraf pada kaki, sehingga menyebabkan kaki mati rasa.

Kondisi seperti itu memudahkan terbentuknya luka pada kaki dan menyulitkan proses penyembuhan luka tersebut. Tak hanya itu saja, masih ada beberapa faktor lainnya yang bisa menjadi penyebab ulkus diabetikum, yaitu :

  1. Gangguan bentuk kaki, seperti tulang menonjol.
  2. Kepalan pada kaki.
  3. Gangguan penglihatan.
  4. Kelebihan berat badan (obesitas).
  5. Kebiasaan merokok atau mengkonsumsi minuman beralkohol.

Setiap penderita diabetes mellitus berisiko mengalami ulkus diabetikum, namun sebagai besar terjadi pada pria lanjut usia. Jika itu terjadi pada Anda, maka untuk mengobatinya bisa dilakukan dengan beberapa cara seperti di bawah ini.

Pengobatan Ulkus Diabetikum

Pengobatan Ulkus Diabetikum

Penderita diabetes yang mengalami ulkus diabetikum, sangat dianjurkan untuk menjalani pola hidup sehat serta mengkonsumsi obat-obatan yang telah diresepkan dokter agar bisa menjaga kadar gula darah, tekanan darah, dan kadar kolesterol tubuh.

Gula darah terkontrol akan membantu proses penyembuhan ulkus diabetikum sekaligus mencegah terjadinya komplikasi lainnya. Selain itu beberapa langkah berikut juga bisa menangani ulkus diabetikum.

  • Menutup luka ulkus diabetikum dengan perban dan menggantinya secara rutin.
  • Mengkonsumsi obat antibiotik untuk mencegah dan mengatasi infeksi, antiplatelet untuk melancarkan darah, dan obat antidiabetes atau insulin untuk membantu mengendalikan kadar gula darah.
  • Menghilangkan kulit dan jaringan mati dengan metode bedah.

Meskipun setiap penderita diabetes mellitus dapat mengalami ulkus diabetikum, namun kondisi seperti itu bisa dihindari. Berikut beberapa tips untuk mencegah ulkus diabetikum.

  1. Periksa kaki secara rutin untuk mengetahui apakan ada retak atau kapalan yang memungkinkan munculnya luka.
  2. Bersihkan kaki menggunakan sabun dan air hangat, terutama pada bagian diantara jari-jari kaki dan kemudian keringkan secara menyeluruh.
  3. Memotong kuku secara rutin.
  4. Menggunakan sepatu berukuran nyaman dan berbahan lembut serta ganti kaus kaki, jika sudah basah atau berkeringat.

Nah, itulah informasi lengkap dari kodebpjs.com terkait kode ICD 10 untuk diagnosis ulkus kaki diabetik lengkap beserta penyebab dan cara pengobatannya. Sangat penting bagi kita untuk mengetahui setiap kode ICD 10 untuk diagnosis sebuah penyakit.

Pasalnya dengan mengetahui kode ICD 10, maka kita bisa melakukan tindakan selanjutnya untuk mengatasi penyakit yang diderita. Demikian informasi dari kodenpjs, semoga informasi di atas bermanfaat dan menambah wawasan.