Gaji Apoteker di Puskesmas Per Bulan 2023

Gaji Apoteker di Puskesmas – Apoteker? Siapa tidak tahu pekerjaan satu ini. Mungkin hampir semua orang sudah mengetahui apoteker. Di mana apoteker merupakan tenaga profesional kesehatan yang memiliki spesialisasi untuk menggunakan, menyimpan, dan menyediakan obat-obatan.

Mungkin Anda akan sering jumpai apoteker di apotek terdekat, rumah sakit, klinik, puskesmas ataupun industri-industri. Cukup banyak minat untuk bisa menjadi apoteker, hal itu dibuktikan dengan sudah banyaknya orang yang berimpian bekerja menjadi apoteker terutama yang baru lulus sarjana atau SMK farmasi.

Lantas apakah yang membuat banyak orang berminat menjadi seorang apoteker? Apakah gaji yang besar per bulannya? Jika iya, pastinya banyak dari Anda yang bertanya-tanya atau penasaran terkait besaran gaji tersebut. Nah pada pembahasan kali ini kami akan sampaikan informasi terkait besaran gaji seorang apoteker.

Jika pada pembahasan sebelumnya kami sudah sampaikan gaji apoteker di rumah sakit dan di apotek, maka pada pembahasan kali ini akan membahas gaji, bayaran, uang diterima per bulan oleh seorang apoteker yang bekerja di puskesmas. Lebih jelasnya besaran gaji apoteker tersebut simak di bawah ini sampai akhir.

Citayam

Gaji Apoteker di Puskesmas

Tugas Apoteker di Puskesmas

Namun untuk bisa menjadi seorang apoteker di layanan kesehatan yaitu puskesmas, ada banyak hal perlu dilakukan. Di mana salah satunya adalah Anda harus sudah menyelesaikan pendidikan farmasi serta sudah membuat Surat Tanda Registrasi Apoteker (STRA) dan Surat Izin Praktik Apoteker (SIPA).

Tentu saja dengan surat tersebut nantinya Anda akan memperoleh gelar apoteker yang bisa menjadi bukti jika Anda merupakan apoteker dan bisa menjalankan tugas-tugasnya seperti memberikan panduan atau informasi cara menggunakan obat, serta menginformasikan potensi efek samping dari obat yang dikonsumsi pasien.

Untuk apoteker di puskesmas sendiri hampir sama seperti kebanyakan apoteker di lingkup kesehatan lain seperti rumah sakit, klinik atau apotek yang perlu juga perlu menguasai ilmu obat-obatan, kemampuan meracik obat, memastikan kualitas obat yang akan diberikan dan berkomunikasi dengan baik.

Untuk lebih jelas apa saja tugas dari seorang apoteker di puskesmas, maka lihat beberapa daftar di bawah ini:

  • Memberi obat pada pasien sesuai resep dokter.
  • Meracik obat-obatan yang akan diberikan ke pasien.
  • Mampu buat rencana dan evaluasi suatu obat terhadap pasien.
  • Memastikan puskesmas tempat bekerja mematuhi peraturan telah ditetapkan Pemerintah tentang penjualan obat-obatan.
  • Memastikan pasien dapatkan bantuan kesehatan secara tepat.
  • Menerima konsultasi dari pasien terkait penggunaan obat yang diresepkan.

Tidak hanya tugas-tugas di atas, seorang apoteker juga memiliki sebuah kode etik. Yang mana kode etik apoteker ini berkaitan dengan kewajiban umum, penderita, teman sejawat dan sesama petugas kesehatan lain. Jadi, kode etik apoteker tersebut juga perlu diketahui.

Gaji Apoteker di Puskesmas

Mengenai gaji apoteker di puskesmas, besaran yang diberikan berbeda dengan gaji apoteker di klinik atau rumah sakit. Yang mana besaran bayaran per bulan seorang dengan profesi sebagai apoteker di puskesmas akan disesuaikan dengan pemerintah. Lantas berapa besar gajinya?.

Dari informasi yang kami dapatkan dari beberapa sumber yang ada gaji apoteker di puskesmas terbilang tinggi, di mana apoteker tersebut bisa mendapatkan gaji pokok sebesar Rp 4.000.000 per bulan. Gaji tersebut masih bisa bertambah dengan adanya tunjangan-tunjangan yang diberikan.

Adapun beberapa tunjangan seorang apoteker di puskesmas sendiri secara umum akan dapatkan uang makan, uang transportasi, Tunjangan Hari Raya (THR), bonus dalam pekerjaan dan insentif jika lembur. Melihat gaji apoteker per bulan tersebut, bisa dikatakan cukup besar.

Kesimpulan

Jadi kesimpulan dari melihat pembahasan di atas, seorang apoteker di puskesmas memiliki gaji yang disesuaikan oleh pemerintah. Selain itu besaran gaji per bulan apoteker tersebut berbeda dengan gaji seorang apoteker yang bekerja di apotek, rumah sakit, klinik atau industri.

Mungkin seperti itu saja yang dapat kodebpjs.com sampaikan mengenai bayaran seorang apoteker di puskesmas per bulan. Semoga dengan adanya pembahasan gaji apoteker di atas bisa bermanfaat dan membantu. Terutama bagi Anda yang sedang mencari-cari atau penasaran gaji apoteker di puskesmas.

Sumber Gambar : news.unair.ac.id