7 Cara Cek Kartu Indonesia Sehat Masih Aktif Atau Tidak 2020

Cek Kartu Indonesia Sehat – Seperti yang sudah kalian ketahui, ada program layanan kesehatan yang dijalankan pemerintah yaitu BPJS Kesehatan dan Kartu Indonesia Sehat. Kedua layanan ini memiliki perbedaan. Perbedaan KIS dan BPJS yang paling menonjol yaitu jika menjadi peserta BPJS kalian harus membayar iuran setiap bulannya sedangkan KIS sama sekali tidak membayar iuran apapun. Namun tidak semua orang dapat terdaftar sebagai pemilik Kartu Indonesia Sehat. Kepemilikan Kartu Indonesia Sehat hanya ditunjukkan untuk masyarakat yang kurang mampu atau dengan kondisi ekonomi yang lemah.

Hal ini disebabkan, karena KIS memang diluncurkan untuk masyarakat yang kurang mampu dalam segi ekonomi. Program KIS mulai diadakan pada masa pemerintahan presiden Joko Widodo. KIS diluncurkan sebagai perluasan dari program Jaminan Kesehatan Nasional yang menjadi bagian dari Sistem Jaminan Sosial Nasional. Karena sama sama digunakan untuk keperluan berobat, KIS dan BPJS Kesehatan memiliki kegunaan yang tidak ada bedanya. Bedanya, KIS hanya untuk masyarakat yang kurang mampu agar bisa mengakses layanan kesehatan secara gratis.

Penggunaan KIS tidak terbatas di fasilitas kesehatan tingkat 1 dan juga di fasilitas kesehatan lanjutan. Walaupun berguna untuk mendapatkan fasilitas pengobatan, KIS juga memiliki peran dalam melakukan pencegahan penyakit agar peserta tidak jatuh sakit. Kartu Indonesia Sehat pada awalnya merupakan pengganti identitas masyarakat yang sebelumnya memegang kartu JAMKESMAS atau JAMKESDA, Kartu Indonesia Sehat juga awalnya merupakan kartu identitas untuk peserta BPJS Kesehatan penerima bantuan iuran (PBI) yang seluruh biaya iuran bulanan ditanggung oleh pemerintah.

Pemegang kartu KIS untuk peserta BPJS PBI yaitu masyarakat yang termasuk sebagai warga miskin dan kurang mampu dalam segi ekonomi, mereka secara langsung akan menjadi peserta BPJS PBI jika sudah terdaftar di dinas sosial, KIS akan didistribusikan langsung ke setiap desa atau kelurahan yang ada diseluruh wilayah indonesia. Untuk kalian yang menjadi pemegang kartu KIS dari pemerintah, maka sebaiknya kalian selalu melakukan pengecekan aktif tidaknya kartu tersebut sebelum digunakan kembali, karena bisa saja kartu KIS telah dinonaktifkan tanpa sepengetahuan kalian dikarenakan kalian sudah tergolong sebagai warga mampu. Lalu bagaimana cara melakukan pengecekan apakah kartu KIS kalian masih aktif atau tidak, maka simaklah ulasan kami berikut ini.

Cek Kartu Indonesia Sehat

Cek Kartu Indonesia Sehat

Cek Kartu Indonesia Sehat

Kartu Indonesia Sehat yang telah diterima sebaiknya dicek terlebih dahulu apakah masih aktif atau tidak. Soalnya hal tersebut dapat menjadi masalah apabila KIS yang diterima akan digunakan untuk berobat ke fasilitas kesehatan. Lalu bagaimana cara mengeceknya, nah pada kesempatan yang sangat baik ini kami akan memberikan informasi mengenai cara cek Kartu Indonesia Sehat masih aktif atau tidak. Caranya sangatlah mudah dilakukan berikut langkah langkahnya.

Cek KIS via SMS Gateway

Cek KIS via SMS Gateway

Cek KIS via SMS Gateway

  • Langkah yang pertama bukalah menu SMS di handphone kalian.
  • Kemudian ketik format berikut
    NOKA<spasi>Nomor Kartu BPJS Kesehatan.
    NIP<spasi>Nomor Induk Pegawai.
    NIK<spasi>Nomor Induk Kependudukan.
  • Kemudian kirim ke nomor 087775500400.

Cek KIS via Mobile JKN

Cek KIS via Mobile JKN

Cek KIS via Mobile JKN

  • Pertama unduh aplikasi mobile JKN di Playstore.
  • Kemudian pasang aplikasi mobile JKN di handphone android kalian.
  • Selanjutnya login.
  • Jika sudah login, masukan nomor Kartu Indonesia Sehat Kalian.
  • Jika sudah tekan OK.

Cek KIS via BPJS Online

  • Buka situs resmi BPJS Kesehatan di www.bpjs-kesehatan.go.id.
  • Kemudian pilih link bpjs checking.
  • Kemudian masukan nomor kartu dan juga tanggal lahir kalian.
    Jika sudah tekan cek.

Cek KIS di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama

Cek KIS di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama

Cek KIS di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama

  • Datangi fasilitas kesehatan tingkat pertama yang terdekat dengan tempat tinggal kalian.
  • Kemudian ambil nomor antrian, tunggu sampai giliran kalian dipanggil.
  • Jika kalian sudah dipanggil berikan kartu KIS tersebut kepada petugas untuk dicek apakah kartu indonesia sehat tersebut masih aktif atau tidak.

Cek KIS via Care Center BPJS

  • Langkah yang pertama buka menu telepon di handphone kalian.
  • Kemudian tekan nomor berikut 1500400.
  • Kemudian tekan Ok.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan semoga dapat menambah wawasan dan memberi manfaat untuk kalian semua para pembaca yang baik hati dan tidak sombong. Sekian dan terima kasih telah membaca artikel kami.