7 Cara Mencairkan Bantuan KIS Dari Pemerintah 2021

Cara Mencairkan Bantuan KIS – Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Sosial (Kemensos) memberikan bantuan sosial tunai (BST) kepada para pemilik Kartu Indonesia Sehat (KIS). BST sendiri dikeluarkan oleh pemerintah guna membantu masyarakat yang ekonominya terdampak pandemi Covid-19.

Bantuan Sosial Tunai (BST) diberikan kepada keluarga penerima manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) yang belum menerima bansos. Bantuan KIS dari Pemerintah ini akan disalurkan ke masing-masing rekening penerima melalui bank HIMBARA yaitu Bank Mandiri, BNI, BRI dan BTN.

Bagi yang sudah memiliki rekening pencairan bantuan KIS bisa dilakukan lewat ATM, kantor cabang atau e-warong menggunakan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang dimiliki. Untuk cara mencairkan bantuan KIS ini sangatlah mudah, karena memang tidak membutuhkan banyak persyaratan.

Namun sebelum mencairkan BST KIS, bagi Anda yang belum mengetahui dirinya menerima bantuan KIS ini, maka Anda bisa CEK BANTUAN KIS secara online melalui dtks.kemensos.go.id terlebih dahulu. Bagi yang belum tahu cara mengeceknya, silahkan simak informasi dari kodebpjs di bawah ini hingga akhir.

Cara Cek Penerima Bantuan KIS

Cara Cek Penerima Bantuan KIS

Cara mengecek penerima bantuan KIS sendiri juga sangat mudah, Anda hanya perlu pencarian data PM (penerimaan manfaat) bansos dengan memasukkan wilayah dan nama penerima manfaat. Pastikan data yang Anda masukkan sesuai dengan data yang tertera pada Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Untuk cara lebih jelas lagi, langsung saja ikuti langkah-langkah pengecekan penerima bantuan KIS melalui situs dtks.kemensos.go.id di bawah ini.

  1. Langkah pertama kunjungi situs dtks.kemensos.go.id.
  2. Kemudian, pilih menu Cek Penerima Bansos di sisi kanan atas.
  3. Setelah itu isi formulir pencarian data penerima manfaat KIS, mulai dari provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, desa dan nama sesuai KTP.
  4. Masukkan 8 digit huruf kode (dipisahkan spasi) yang tertera dalam kotak kode. Jika huruf kode kurang jelas, klik ikon refresh untuk mendapatkan kode baru.
  5. Jika sudah tinggal klik tombol Cari Data, maka hasil pencarian akan ditampilkan dan lihat pada kolom status apakah Anda penerima bantuan KIS atau tidak.

Cara Mencairkan Bantuan KIS

Cara Mencairkan Bantuan KIS

Seperti sudah disinggung sebelumnya, bahwa cara mencairkan dana bansos KIS sangatlah mudah, Anda bisa mencairkan melalui bank ataupun kantor pos. Bukan hanya mudah, namun proses mencairkan bantuan KIS juga cukup cepat, tidak membutuhkan waktu yang terbilang sangat lama.

Dimana dana bantuan KIS akan cair pada waktu itu juga. Adapun cara mencairkan bantuan KIS dari pemerintah, yaitu sebagai berikut ini.

Pencairan lewat Kantor Pos

Pencairan lewat Kantor Pos

Penerima bantuan harus datang ke kantor pos untuk mencairkan bansos KIS. Masyarakat harus membawa surat undangan dari ketua RT.

Selain surat undangan, masyarakat juga perlu membawa KTP atau Kartu Keluarga saat mengunjungi kantor pos untuk mencairkan batuan KIS.

Setelah menunjukan KTP ke petugas kantor pos, maka petugas akan langsung melakukan scan barcode yang tertera pada surat undangan.

Setelah itu, maka Anda bisa menerima bantuan KIS tanpa potongan setiap sebulan sekali. Proses pencairan bantuan KIS pun telah berhasil.

Cara ini dilakukan untuk Anda yang ingin mencairkan bantuan tanpa KIS. Dengan kata lain yaitu tidak memiliki kartu indonesia sehat (KIS).

Pencairan Lewat Bank

Pencairan Lewat Bank

Selain itu, Anda juga bisa mencairkan bansos KIS melalui bank HIMBARA, baik melalui ATM ataupun melalui teller kantor cabang terdekat.

Caranya tak jauh berbeda, dimana Anda cukup mengunjungi kantor cabang terkait dengan membawa KTP, KK dan buku rekening tabungan.

Sedangkan, untuk pencairan di ATM, caranya juga terbilang sangat mudah. Dimana Anda bisa cek saldo tabungan terlebih dahulu untuk memastikan dana bantuan sudah masuk ke rekening tabungan atau belum.

Jika sudah maka untuk mencairkan bantuan KIS dari pemerintah tersebut, cukup dengan melakukan penarikan tunai saldo tabungan.

Dengan adanya bantuan KIS dari Pemerintah RI ini diharapkan masyarakat yang krisis ekonomi akibat pandemi Covid-19 bisa terbantu.

Nah, itulah informasi lengkap dari kodebpjs.com terkait cara mencairkan bantuan KIS dari pemerintah lengkap beserta cara cek penerima bantuan KIS. Sekiranya cukup itu saja informasi dari kodebpjs, semoga cara mencairkan bansos dari pemerintah di atas bermanfaat untuk Anda.