5 Perbedaan KIS Dan BPJS Yang Wajib Kalian Tau

Perbedaan KIS Dan BPJS – KIS dan BPJS adalah dua layanan yang tidak asing lagi di telinga kita ketika berbicara mengenai layanan asuransi kesehatan. Sering kali kita menganggap dua layanan tersebut sama karena fungsinya yang ditawarkan yaitu menjamin kesehatan masyarakat indonesia. KIS merupakan kartu layanan kesehatan yang dikeluarkan oleh Presiden Joko Widodo sebagai kartu yang menjamin kesehatan masyarakat miskin, tanpa membayar iuran dan dapat digunakan dimana saja dan tidak terbatas.

Sedangkan BPJS adalah bagian dari program Jaminan Kesehatan Nasional untuk mampermudah masyarakat indonesia dalam berbagai hal seperti jaminan kesehatan atau jaminan ketenagakerjaan. Meskipun memiliki fungsi yang sama namun KIS dan BPJS memiliki perbedaan. Untuk BPJS ketika ingin menjadi peserta kalian harus mendaftarkan diri kalian serta anggota keluarga kalian dan membayar iuran setiap bulannya, sedangkan KIS anggotanya diambil dari masyarakat yang kurang mampu dan pemberian kartu juga ditetapkan oleh pemerintah serta iurannya pun ditanggung pemerintah.

Bukan hanya itu saja KIS dapat digunakan dimana saja seperti di Puskesmas, Klinik Kesehatan dan Rumah Sakit yang ada di indonesia, dan sedangkan untuk BPJS hanya berlaku di Klinik Kesehatan tingkat pertama yang nantinya jika kalian dirawat kalian akan mendapatkan surat rujukan jika diharuskan untuk berobat lebih lanjut ke rumah sakit. KIS juga dapat digunakan bukan hanya untuk pengobatan, tetapi juga melakukan pencegahan, sedangkan BPJS hanya dapat digunakan bila kalian benar benar dalam keadaan sakit dan memerlukan perawatan medis.

Kedua kartu ini memiliki persamaan dalam memberikan bantuan bagi rakyat miskin yang ingin berobat dan keduanya pun berbentuk berupa kartu yang memudahkan masyarakat dalam hal mendapatkan layanan kesehatan. Pastinya sebelum Mengenal lebih lanjut mengenai kedua layanan kesehatan tersebut kalian harus sudah memdaftarkan diri kalian dan anggota keluarga kalian sebagai anggota BPJS ataupun KIS. Jika belum maka daftarkan diri kalian segera dan penuhilah syarat syarat membuat BPJS jika kalian ingin menjadi anggota BPJS. Lalu apa saja perbedaan kedua layanan kesehatan tersebut. Simaklah ulasan kami berikut ini.

Daftar Perbedaan KIS Dan BPJS Kesehatan

Perbedaan KIS Dan BPJS

Perbedaan KIS Dan BPJS

Pada kesempatan yang sangat baik ini kami akan memberikan informasi mengenai perbedaan KIS dengan BPJS. Pastinya kedua layanan asuransi kesehatan ini memiliki perbedaan, seperti yang sudah kami jelaskan tadi mengenai perbedaannya yang paling menonjol dari kedua layanan asuransi kesehatan tersebut. Lalu apa saja perbedaan lainnya mengenai kedua layanan kesehatan tersebut. Berikut adalah beberapa perbedaan KIS dan BPJS yang wajib kalian ketahui.

Perbedaan antara KIS dan BPJS

Perbedaan antara KIS dan BPJS

Perbedaan antara KIS dan BPJS

No.KISBPJS
1.KIS merupakan jaminan kesehatan yang di khususkan untuk masyarakat miskin atau kurang mampu secara ekonomi.Sedangkan BPJS merupakan sebuah badan atau lembaga yang menyelenggarakan serta mengelola layanan kesehatan.
2.Untuk KIS sendiri hanya khusus masyarakat dengan kondisi ekonomi yang lemah atau kurang mampu.Sedangkan BPJS adalah jaminan layanan kesehatan yang harus dimiliki setiap masyarakat di Indonesia baik itu mampu atau pun tidak mampu dalam hal kondisi ekonomi.
3.KIS dapat digunakan dimana saja baik itu di Puskesmas, Klinik kesehatan maupun di Rumah Sakit yang ada di Indonesia.BPJS hanya dapat digunakan di Puskesmas atau Klinik Kesehatan yang sudah didaftarkan saja.
4.Manfaat KIS bukan untuk digunakan sebagai pengobatan saja tetapi juga dapat digunakan untuk melakukan pencegahan.Sedangkan BPJS hanya dapat digunakan jika kalian benar benar dalam kondisi sakit dan membutuhkan perawatan medis.
5.KIS sendiri adalah jenis jaminan kesehatan yang memperoleh dari jaminan pemerintah tanpa harus membayar iuran setiap bulannya.Dan sedangkan BPJS anggota diwajibkan membayar iuran setiap bulannya sesuai dengan kelas yang ditentukan.

Persamaan Kartu Indonesia Sehat dan BPJS

Persamaan Kartu Indonesia Sehat dan BPJS

Persamaan Kartu Indonesia Sehat dan BPJS

  1. Sama sama menjamin kesehatan masyarakat indonesia
  2. Keduanya memiliki persamaan memberikan bantuan kepada masyarakat kurang mampu yang ingin berobat.
  3. Keduanya pun berbentuk berupa kartu yang memudahkan masyarakat dalam hal mendapatkan layanan kesehatan.

Mungkin masih ada lagi perbedaan yang lain dari kedua layanan kesehatan tersebut. Namun kami memberikan perbedaan yang paling menonjol dari kedua layanan asuransi kesehatan tersebut. Demikian informasi mengenai perbedaan kedua layanan asuransi kesehatan tersebut. Semoga informasi yang kami berikan dapat menambah wawasan kalian mengenai kedua layanan asuransi kesehatan tersebut. Sekian dan terima kasih telah membaca artikel kami dan semoga kalian yang membaca artikel kami ini selalu mendapatkan kesehatan dan selalu dilindungi oleh Tuhan yang maha Esa.