10 Optik BPJS Bandung 2021 : Klaim & Besaran Pertanggung Jawaban

Optik BPJS Bandung – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, mungkin menjadi salah satu program yang mewajibkan seluruh masyarakat Indonesia ikut ke dalamnya. Selain banyak manfaat didapatkan, peserta BPJS juga bisa menikmati layanan kesehatan yang diberikan.

Berbagai permasalahan kesehatan sudah bisa ditangani dengan BPJS, sehingga pembayaran tidak sepenuhnya akan di beratkan pada pasien. Bahkan ada banyak jenis penyakit yang tidak akan dikenakan biaya berobat jika Anda merupakan peserta BPJS.

Namun pada pembahasan kali ini kodebpjs.com bukan akan membahas mengenai daftar penyakit yang masuk BPJS. Melainkan akan membahas mengenai sebuah optik di bandung yang bisa menangani pasien BPJS.

Nah, salah satu keuntungan jadi peserta BPJS mungkin ini. Karena bagi peserta BPJS yang memiliki keterbatasan fisik di mata bisa melakukan pemeriksaan di optik, bahkan bisa juga klaim kacamata pula.

Optik BPJS Bandung

Lalu optik apa saja di Bandung yang sudah bisa menangani peserta BPJS? Berikut akan disampaikan di bawah ini beberapa optik tersebut lengkap dengan CARA KLAIM KACAMATA, & informasi besaran pertanggung jawaban. Jadi terus untuk simak dan pahami ulasan ini sampai akhir.

Optik BPJS Bandung

Daftar Optik BPJS Bandung

Untuk optiknya sendiri, di Bandung bisa dikatakan sudah cukup banyak. Bagi warga Bandung dan sekitarnya tentu sudah tidak asing lagi dengan optik-optik yang akan disebutkan kali ini. Berikut daftar optik di Bandung yang bekerjasama dengan BPJS:

NO.NAMA OPTIKALAMAT
1.Optik ABCJalan ABC No 26, Bandung
2.Optik BHOJalan Desa Cipadung No 37 Ujungberung, Bandung
3.Optik BillahJalan Buah Batu No 88, Bandung
4.Optik Indra UtamaJalan Gandawijaya No 74, Cimahi
5.Optik InternasionalJalan Lengkong Besar No 5, Bandung
6.Optik NikoJalan Kiaracondong No 218, Bandung
7.Optik RayaJalan Raya Cimahi No 597 Kelurahan Setiamanah, Cimahi
8.Optik RS. CicendoJalan Cicendo No 4, Bandung
9.Optik SuciJalan RS. Dustira No 114, Cimahi
10.Optik YoedaJalan Sukajadi No 18D, Bandung

Cara Klaim atau Beli Kacamata dengan BPJS

Cara Klaim atau Beli Kacamata dengan BPJS

Lalu bagaimana jika ingin klaim atau beli kacamata di optik tersebut? Tentu saja banyak peserta BPJS yang menanyakan akan hal ini. Berikut langkah atau cara klaim kacamata di optik yang sudah bekerjasama atau menerima peserta BPJS:

1. Dapatkan Surat Rujukan

Langkah pertama, Anda minta surat rujukan dengan cara datangi Faskes 1 atau fasilitas kesehatan tingkat pertama yang sudah dipilih saat awal pendaftaran program.

Surat rujukan yang berhasil didapatkan, nantinya akan ditujukan pada dokter spesialis mata yang telah ditentukan oleh pihak BPJS Kesehatan.

2. Dapatkan Resep

Kemudian Anda hanya perlu memeriksakan mata di Faskes 2 atau rumah sakit rujukan. Setelah pemeriksaan, jangan lupa untuk minta resep. Lalu lanjut dengan menukarkan saat membeli/klaim kacamata.

3. Dapatkan Legalisasi Resep

Jika sudah dapatkan resep, maka Anda hanya perlu kunjungi loket BPJS Kesehatan terdekat untuk meminta legalisasi resep dari dokter mata.

4. Mulai Klaim ke Optik

Jika resep sudah berhasil di legalisasi, maka Anda hanya perlu datang ke optik yang sudah disebutkan di atas dengan bawa
fotokopi KTP dan kartu BPJS Kesehatan.

Catatan : Datangi rumah sakit dituju sesuai dengan rujukan dari Faskes, agar bisa berjalan lancar.

Besaran Pertanggung Jawaban

Besaran Pertanggung Jawaban

Tidak hanya daftar optik dan cara klaim saja yang Anda ketahui, ada hal lain perlu untuk di ketahui. Yaitu mengenai besaran pertanggung jawaban atas kacamata yang diklaim.

Dan setiap harga kacamata pada optik yang ditanggung BPJS kesehatan setiap peserta berbeda. Adapun harga pertanggung jawaban itu sendiri seperti berikut:

KELAS PESERTA BPJSBESARAN
KELAS 1Rp 300.000
KELAS 2Rp 200.000
KELAS 3Rp 150.000

Mungkin itulah informasi dapat kodebpjs.com sampaikan mengenai daftar optik di Bandung yang menangani pasien BPJS beserta cara klaimnya. Semoga dengan adanya daftar optik Bandung di atas dapat bermanfaat dan berguna bagi semua.