√ Tagihan BPJS Tidak Muncul 2022 : 8 Penyebab & Cara Mengatasi

Tagihan BPJS Tidak Muncul – Sebagai peserta BPJS Kesehatan yang bukan PBI (Penerima Bantuan Iuran) pastinya kalian mempunyai kewajiban untuk bayar iuran setiap bulannya. Jumlah premi atau iuran BPJS Kesehatan sendiri dibedakan sesuai jenis kelas yang digunakan.

Sementara itu, untuk membayarkan tagihan BPJS ada banyak cara bisa digunakan, seperti lewat ATM, Mobile Banking, Dompet Digital atau datang langsung ke Kantor BPJS Kesehatan setempat. Nah, sebelum tagihan dibayarkan, seharusnya akan muncul data tagihan BPJS yang dimiliki.

Lalu apa jadinya, ketika hendak melunasi tagihan BPJS, ternyata informasi mengenai tagihan yang dimiliki tidak muncul? Ya, beberapa peserta BPJS Kesehatan pernah mengalami masalah seperti itu. Kalian sendiri apakah pernah menjumpai kendala serupa pada saat melakukan transaksi pembayaran tagihan BPJS?

Kendati demikian, melalui artikel ini kami ingin menjelaskan penyebab dari tagihan BPJS tidak muncul. Bukan hanya itu, kami juga telah menyiapkan cara untuk mengatasi masalah tersebut. Baiklah, tanpa perlu berlama-lama lagi langsung saja simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Citayam

Tagihan BPJS Tidak Muncul

Tagihan BPJS Tidak Muncul

Seperti kami singgung diatas bahwa bayar tagihan atau bayar iuran adalah kewajiban bagi setiap peserta BPJS Kesehatan. Sementara itu, jumlah iuran BPJS Kesehatan sendiri disesuaikan dengan jenis kelas yang digunakan.

Pada pertemuan kali ini, tim kodebpjs ingin menjelaskan seputar masalah tagihan BPJS tidak muncul yang kerap dialami oleh beberapa peserta. Ketika cek tagihan BPJS maupun melakukan pembayaran tapi informasi tagihan tidak muncul, tentunya transaksi tersebut tidak bisa diproses.

Di sisi lain, ketika tagihan BPJS tidak segera dilunasi hingga lewat tanggal jatuh tempo, maka peserta bisa menerima denda keterlambatan dari BPJS Kesehatan. Kalian pasti tidak ingin mengalami hal seperti itu bukan?

Penyebab Tagihan BPJS Tidak Tersedia

Penyebab Tagihan BPJS Tidak Tersedia

Terkait masalah tagihan BPJS tidak muncul sebenarnya bisa diatasi dengan mudah, jadi kalian tidak perlu panik. Namun sebelum kami jelaskan lebih lanjut mengenai solusi dari masalah tersebut, alangkah baiknya kalian simak beberapa faktor penyebab dari masalah diatas, antara lain :

1. Tagihan Sudah Dibayar

Penyebab pertama, masalah diatas mungkin saja terjadi karena tagihan BPJS di bulan tersebut sudah dibayar oleh salah satu anggota keluarga kalian. Faktor ini berlaku bagi peserta BPJS Kesehatan keluarga.  Adanya miskomunikasi dalam hal ini sangatlah wajar, jadi ketika tagihan BPJS tidak muncul, coba tanyakan ke orang rumah apakah ada yang sudah melunasi tagihan BPJS di bulan tersebut.

2. Sistem Pembayaran Sedang Error

Penyebab kedua, tagihan BPJS tidak muncul juga bisa terjadi karena metode pembayaran yang dipakai untuk bayar iuran BPJS sedang error. Hal ini biasanya terjadi ketika melakukan transaksi melalui mBanking, Internet Banking, eWallet atau Digital Payment lainnya.

3. Server BPJS Kesehatan Mengalami Gangguan

Selain sistem pembayaran yang sedang error, masalah diatas juga bisa disebabkan oleh server dari BPJS Kesehatan yang sedang gangguan. Selain mengakibatkan tagihan tidak muncul, faktor ini juga bisa berdampak pada tagihan tetap muncul meskipun sudah dibayar dan lain sebagainya.

4. Salah Memasukkan Data Peserta

Kemudian setiap kali melakukan cek tagihan maupun pembayaran tagihan BPJS, pastinya kalian diminta untuk memasukkan nomor peserta yang tertera di kartu BPJS Kesehatan. Nah, jika nomor yang dimasukkan tidak sesuai dengan data peserta di sistem BPJS Kesehatan, maka bisa dipastikan informasi tagihan tidak akan muncul.

5. Dialihkan Sebagai Peserta PBI BPJS Kesehatan

Penyebab terakhir dari masalah iuran BPJS tidak muncul adalah status kepesertaan kalian telah dialihkan menjadi peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI). Hal ini biasanya terjadi karena sebelumnya kalian pernah menunggak tagihan BPJS lebih dari 1 bulan. Dengan begitu, status peserta akan otomatis dialihkan sebagai peserta PBI dimana jumlah iuran bulanan akan dibayarkan oleh Pemerintah.

Cara Mengatasi Gagal Cek Iuran BPJS

Cara Mengatasi Gagal Cek Iuran BPJS

Setelah menyimak beberapa penyebab diatas, sekarang mari kita lanjut ke pembahasan seputar cara mengatasi masalah tagihan BPJS tidak tersedia atau tidak terlihat pada saat di cek maupun di menu pembayaran. Jadi, untuk kalian yang mungkin sedang mengalami masalah diatas, bisa pakai beberapa cara berikut sebagai solusinya :

1. Masukkan Nomor Peserta Dengan Benar

Pertama, masukkan nomor peserta dengan benar agar data tagihan BPJS yang harus dibayarkan bisa muncul. Ingat, ketika satu digit saja nomor yang dimasukkan salah, maka data tagihan bisa dipastikan tidak akan muncul.

2. Ganti Metode Cek Tagihan / Pembayaran

Kedua, apabila masalah disebabkan oleh sistem pembayaran yang sedang error sehingga tidak bisa menampilkan data tagihan, maka cara mengatasinya adalah mengganti metode pembayaran. Disini kami sarankan untuk bayar secara Offline melalui Kantor Pos atau datang langsung ke Kantor BPJS Kesehatan terdekat. Dengan begitu, detail tagihan pasti akan muncul dan tagihan berhasil dibayarkan.

3. Hubungi Call Center BPJS Kesehatan

Apabila kedua cara diatas sudah dilakukan tapi masalah belum juga teratasi, maka kami sarankan untuk menghubungi Call Center BPJS Kesehatan. Dengan cara ini, kalian bisa berbicara dengan petugas Customer Service dan menyampaikan masalah yang sedang dialami, yaitu tagihan tidak muncul saat di cek atau saat sedang melakukan transaksi pembayaran. Selanjutnya petugas akan membantu kalian dalam mengatasi masalah tersebut.

Demikianlah penjelasan dari tim kodebpjs.com mengenai penyebab rincian premi atau biaya iuran BPJS Kesehatan tidak muncul. Selain itu, diatas kami juga memberikan beberapa cara untuk mengatasi masalah tagihan BPJS tidak muncul. Jadi, untuk kalian peserta BPJS tidak perlu khawatir jika suatu saat menjumpai masalah serupa, cukup simak artikel diatas sebagai panduan mengatasinya.