9 Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat SPayLater, Bisa Cicilan 12 Bulan!!

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat SPayLater – Guna mensejahterakan kesehatan masyarakat Indonesia, beberapa tahun yang lalu Pemerintah telah menciptakan program bernama BPJS Kesehatan. Setiap masyarakat Indonesia bisa mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS Kesehatan.

Sementara itu, manfaat utama dari dilaksanakannya program ini mungkin lebih tertuju untuk masyarakat kurang mampu yang seringkali mengalami kesulitan dalam urusan biaya pengobatan. Dengan cara menjadi peserta BPJS Kesehatan, masyarakat bakal menerima keringanan biaya mulai dari 30%, 50% bahkan 100% alias gratis.

Disini mungkin banyak dari kalian yang sudah terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan. Jika demikian, pastinya kalian mempunyai kewajiban untuk bayar Premi atau iuran setiap bulannya sesuai dengan kelas BPJS yang digunakan.

Bicara mengenai iuran bulanan BPJS Kesehatan, sekarang kalian bisa memanfaatkan layanan SPayLater dari aplikasi Shopee untuk membayarkan tagihan tersebut. Belum tahu seperti apa cara melakukan transaksi tersebut? Langsung saja simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Citayam

Apa Itu SPayLater ?

Apa Itu SPayLater

Seperti kami sebutkan diatas bahwa BPJS Kesehatan bisa diartikan sebagai suatu program dari Pemerintah untuk mensejahterakan atau lebih tepatnya membantu meringankan biaya pengobatan bagi masyarakat Indonesia. Sementara itu, setiap peserta juga bisa memilih kelas BPJS Kesehatan sesuai keinginan.

Tapi ingat, semakin tinggi kelas maka semakin bagus fasilitas perawatan yang diterima, termasuk pemberian obat, metode penanganan medis dan lain sebagainya. Namun yang paling membedakan dari setiap kelas BPJS Kesehatan adalah jumlah Premi yang diterapkan.

Jadi nantinya setiap peserta bakal diminta membayarkan sejumlah iuran bulanan sesuai kelas yang digunakan. Nah, bicara soal bayar BPJS Kesehatan kami punya informasi menarik, jadi untuk saat ini pembayaran Premi BPJS Kesehatan bisa dibayarkan secara cicilan melalui layanan SPayLater.

Bagi yang belum tahu, SPayLater merupakan fasilitas kredit Online yang disediakan oleh Shopee. Dengan adanya fasilitas ini, setiap pengguna bisa melakukan pembelian barang apapun di Shopee menggunakan limit SPayLater dan bisa memilih metode tenor 30 hari maupun cicilan sampai dengan 12 bulan.

Selain bisa dipakai untuk beli barang, SPayLater juga mendukung pembayaran berbagai macam tagihan, tak terkecuali tagihan BPJS Kesehatan. Untuk kalian peserta dengan kelas I yang memiliki jumlah iuran cukup mahal, mungkin cara ini sangat berguna ketika sudah waktunya bayar iuran tapi kondisi keuangan sedang tidak memungkinkan.

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat SPayLater

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat SPayLater

Kemudian agar bisa menggunakan SPayLater sebagai metode pembayaran iuran BPJS Kesehatan, syarat utamanya kalian harus sudah mengaktifkan limit SPayLater. Selain itu, agar bisa mengaktifkan limit tersebut juga harus memenuhi persyaratan sebagai berikut :

  • Sudah menjadi pengguna Gold di Shopee
  • Sudah mengaktifkan fitur ShopeePay di Shopee
  • Sering melakukan transaksi (belanja atau bayar tagihan) lewat Shopee

Intinya, bagi kalian peserta BPJS Kesehatan yang juga merupakan pelanggan Shopee, kami rasa sudah paham mengenai persyaratan diatas. Apabila sudah memenuhi semua syarat yang ditentukan, maka kalian bisa menerapkan tata cara bayar BPJS Kesehatan lewat SPayLater.

Sebelum itu, kami tegaskan bahwa BPJS Kesehatan mempunyai kebijakan terkait batas waktu pembayaran iuran sebelum tanggal 10 setiap bulannya.

1. Buka Aplikasi Shopee

Buka Aplikasi Shopee

Langkah pertama silahkan buka aplikasi Shopee di smartphone.

2. Masuk ke Menu Pulsa, Tagihan & Hiburan

Masuk ke Menu Pulsa Tagihan Hiburan

Setelah itu masuk ke menu Pulsa, Tagihan & Hiburan

3. Pilih BPJS

Pilih BPJS

Pada halaman berikutnya langsung saja pilih menu tagihan BPJS

4. Masukkan Nomor Peserta

Masukkan Nomor Peserta

Kemudian masukkan nomor peserta BPJS Kesehatan.

5. Tentukan Waktu Pembayaran

Tentukan Waktu Pembayaran

Pada kolom Bayar Sampai kalian diminta untuk menentukan waktu pembayaran, misal bulan 1 tahun 2022. Jika sudah klik Lanjutkan.

6. Periksa Informasi Tagihan

Periksa Informasi Tagihan

Selanjutnya akan muncul detail informasi mengenai tagihan BPJS Kesehatan yang dimiliki. Silahkan periksa informasi data tersebut, apabila semua sudah sesuai klik Lanjutkan.

7. Pilih Metode Pembayaran

Pilih Metode Pembayaran

Pilih Metode Pembayaran 2

Sekarang ketuk menu Metode Pembayaran lalu pilih SPayLater sebagai metode pembayaran. Tentukan juga tenor yang tersedia, baik Tempo maupun Cicilan hingga 12 bulan. Jika sudah klik Konfirmasi.

8. Klik Bayar Sekarang

Klik Bayar Sekarang

Pada tampilan berikutnya langsung saja klik Bayar Sekarang di pojok kanan bawah.

9. Masukkan PIN ShopeePay

Masukkan PIN ShopeePay

Terakhir masukkan PIN ShopeePay untuk menyelesaikan pembayaran BPJS Kesehatan lewat SPayLater. Jangan lupa untuk screenshot status transaksi sebagai bukti pembayaran yang sah.

Biaya Admin Pembayaran BPJS Kesehatan Lewat SPayLater

Setelah mengetahui seperti apa tata cara bayar iuran BPJS lewat SPayLater, kalian juga perlu tahu bahwa transaksi diatas berlaku biaya admin. Namun biaya admin disini akan langsung dipotong dari jumlah limit SPayLater.

Untuk besaran biaya admin atau biaya layanan bayar BPJS lewat SPayLater adalah Rp. 2.500 (Dua Ribu Lima Ratus Rupiah). Biaya tersebut berlaku untuk pembayaran BPJS dari semua kelas dan total tagihan SPayLater merupakan jumlah dari nominal iuran dan biaya admin.

Setiap kali melakukan pembayaran tagihan lewat SPayLater kalian harus melunasinya atau bayar cicilan sebelum tanggal 5 setiap bulannya. Sedangkan untuk cetak tagihan SPayLater akan muncul setelah tanggal 25 setiap bulannya.

Kelebihan & Kekurangan Bayar Iuran BPJS Lewat SPayLater

Sementara itu disini kami juga ingin memberitahukan bahwa untuk bayar BPJS Kesehatan lewat cara diatas terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan. Antara lain sebagai berikut :

Kelebihan

  • Proses mudah dan cepat
  • Menjadi solusi ketika sudah tiba waktu pembayaran BPJS Kesehatan tapi sedang tidak punya uang
  • Tersedia pilihan tenor 30 hari sampai 12 bulan

Kekurangan

  • Tidak semua pengguna Shopee bisa mendapatkan limit SPayLater
  • Apabila limit SPayLater kurang dari jumlah iuran BPJS, maka transaksi tidak bisa dilakukan lewat SPayLater

Itulah penjelasan dari kodebpjs.com mengenai cara baru melunasi iuran BPJS Kesehatan setiap bulannya, yaitu lewat SPayLater. Dengan adanya cara diatas kami rasa kalian tidak punya alasan lagi untuk telat bayar iuran BPJS Kesehatan.

Selain itu, melalui cara ini kalian bisa memilih tenor pembayaran tagihan SPayLater mulai dari 1 bulan sampai 12 bulan. Apabila tidak punya limit SPayLater, kalian bisa bayar BPJS lewat Kredivo, Akulaku maupun fasilitas PayLater lainnya.