√ Cara Bayar BPJS Lewat Mobile Banking Kalsel 2022

Cara Bayar BPJS Lewat Mobile Banking Kalsel – Sebagai peserta BPJS Kesehatan, tentu kalian memiliki kewajiban untuk bayar iuran atau premi setiap bulan. Besaran iuran dari masing-masing peserta tentu berbeda, tergantung kelas BPJS yang digunakan.

Bicara mengenai pembayaran iuran BPJS Kesehatan, tahukah bahwa saat ini transaksi tersebut sudah bisa dilakukan melalui layanan Mobile Banking dari Bank Kalsel. Dengan begitu, bagi kalian peserta BPJS yang berdomisili di Kalimantan Selatan dan sudah terdaftar sebagai nasabah Bank Kalsel, kalian bisa bayar BPJS dengan cara lebih praktis.

Sebelumnya mungkin kalian harus repot-repot antri di ATM, Indomaret atau Alfamart hanya untuk membayar iuran BPJS Kesehatan. Tapi jika sudah memiliki fasilitas Mobile Banking Bank Kalsel, kini transaksi tersebut bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja, bahkan bisa sambil rebahan dirumah.

Lalu seperti apa langkah-langkah atau tata cara bayar BPJS Kesehatan lewat Mobile Banking Kalsel? Apakah terdapat syarat khusus jika ingin bayar BPJS pakai cara? Bagaimana dengan ketentuan biaya admin dan lain sebagainya? Semua pertanyaan tersebut telah kami siapkan jawabannya dibawah ini.

Citayam

Cara Bayar BPJS Lewat Mobile Banking Kalsel

Cara Bayar BPJS Lewat Mobile Banking Kalsel

Seperti kami sebutkan diatas bahwa setiap peserta BPJS Kesehatan diwajibkan untuk bayar iuran setiap bulan. Jumlah iuran BPJS Kesehatan ditentukan berdasarkan jenis kelas BPJS yang digunakan.

Tersedia pilihan kelas mulai dari kelas 1 sampai dengan kelas 3 dimana harga atau Premi yang paling mahal diterapkan untuk kelas 1, yaitu Rp. 150.000 per bulan. Selain itu, jumlah iuran juga ditentukan dari jumlah peserta dalam 1 keluarga, karena ada jenis peserta Keluarga dan Perorangan.

Terlepas dari berapapun nominal Premi setiap bulannya, yang jelas para peserta diharapkan selalu bayar tepat waktu atau sebelum tanggal jatuh tempo pembayaran BPJS Kesehatan. Sedangkan untuk metode atau cara pembayaran yang digunakan ada banyak pilihan, salah satunya lewat Mobile Banking Kalsel.

Nah, pada pembahasan kali kami khusus ingin menjelaskan cara bayar BPJS lewat Mobile Banking Kalsel. Bagi yang belum tahu, Mobile Banking Kalsel merupakan fasilitas mBanking yang disediakan oleh Bank Kalsel (Kalimantan Selatan).

Dengan begitu, informasi secara khusus mengarah ke para peserta BPJS Kesehatan yang bertempat tinggal di wilayah Kalimantan Selatan dan sudah menjadi nasabah Bank Kalsel sekaligus mengaktifkan layanan Mobile Banking.

Sedangkan untuk syarat yang harus dipenuhi jika ingin bayar BPJS lewat Mobile Banking Kalsel adalah memiliki saldo di rekening tersebut lebih dari total tagihan iuran BPJS yang harus dibayarkan. Selain itu, kalian juga perlu menyiapkan nomor Virtual Account sebagai kode pembayaran dari transaksi tersebut.

Nomor VA BPJS sendiri merupakan 11 (sebelas) digit nomor terakhir yang tertera pada kartu BPJS Kesehatan. Setelah memenuhi semua persyaratan tersebut, sekarang simak tata cara bayar BPJS lewat Mobile Banking Kalsel dibawah ini :

1. Login Mobile Banking Kalsel

Login Mobile Banking Kalsel

Pertama-tama silahkan Login ke Mobile Banking Kalsel dengan cara memasukkan password lalu tap Login.

2. Pilih m-Payment

Pilih m Payment

Lalu pada halaman utama kalian pilih menu m-Payment

3. Klik Tagihan

Klik Tagihan

Setelah itu akan muncul beberapa menu m-Payment (pembayaran). Disini langsung saja pilih Tagihan

4. Pilih BPJS Kesehatan

Pilih BPJS Kesehatan

Sedangkan untuk jenis tagihan nya kalian pilih BPJS Kesehatan

5. Masukkan Nomor VA

Masukkan Nomor VA

Sekarang masukkan nomor VA untuk pembayaran iuran BPJS Kesehatan

6. Input PIN Transaksi

Input PIN Transaksi

Pada halaman berikutnya akan muncul rincian tagihan berisi nama peserta, jumlah bulan, nominal iuran dan lain sebagainya. Apabila data yang tertera pada rincian tagihan sudah benar, silahkan input PIN Transaksi lalu klik Proses untuk menyelesaikan pembayaran.

7. Pembayaran BPJS lewat Kalsel Mobile Berhasil

Pembayaran BPJS Lewat Bank Kalsel Mobile Berhasil

Jika muncul tampilan seperti gambar diatas artinya bayar BPJS lewat Mobile Banking Kalsel telah berhasil. Silahkan screenshot tampilan tersebut sebagai bukti pembayaran yang sah.

Sementara itu, perlu diketahui juga bahwa pada transaksi diatas setiap peserta bakal dikenai biaya admin sebesar Rp. 2.500 (Dua Ribu Lima Ratus Rupiah). Biaya tersebut akan langsung dipotong dari saldo rekening Bank Kalsel milik peserta, jadi pastikan saldo kalian mencukupi untuk melakukan transaksi pembayaran Premi BPJS Kesehatan.

KESIMPULAN

Demikianlah informasi dari kodebpjs.com mengenai prosedur bayar BPJS melalui layanan mBanking Bank Kalsel. Diatas kami juga menyebutkan bahwa syarat untuk melunasi Premi BPJS lewat cara ini adalah harus memiliki akun Mobile Banking Kalsel dan saldo di dalamnya mencukupi.

Semoga dengan adanya pembahasan kali ini, setiap peserta BPJS yang beralamat di wilayah Kalimantan Selatan dan sudah terdaftar sebagai nasabah Bank Kalsel, bisa melakukan pembayaran iuran BPJS dengan lebih praktis lewat aplikasi Mobile Banking Kalsel. Jika belum punya akun mBanking Kalsel, silahkan lakukan registrasi terlebih dahulu di Kantor BPD Kalsel terdekat.

sumber gambar :

  • Tim kodebpjs.com
  • apahabar.com
  • bankkalsel.co.id