√ Apa Itu Skrining BPJS Kesehatan ? Ini Fungsi & Cara Pengecekan

Apa Itu Skrining BPJS Kesehatan – Guna memberikan pelayanan terbaik kepada para peserta, pihak BPJS Kesehatan selalu memberikan layanan terbaiknya. Salah satu yang dapat dirasakan adalah dengan hadirnya layanan aplikasi Mobile JKN.

Setelah daftar Mobile JKN, nantinya peserta BPJS Kesehatan bisa dengan mudah mengakses kepesertaannya. Mulai dari cek tagihan, merubah data kepesertaan, atau kepentingan lain atas BPJS kesehatan sudah bisa dilakukan hanya di aplikasi.

Bahkan tidak hanya itu saja, para peserta juga bisa melakukan skrining riwayat kesehatan yang pastinya akan banyak keuntungan didapat. Namun bagi sebagian peserta BPJS Kesehatan banyak yang belum tahu apa itu skrining BPJS Kesehatan.

Nah pada kesempatan kali ini sendiri kami akan sajikan informasi mengenai apa itu skrining BPJS, hal itu menjadikan peserta yang bertanya bisa terjawabkan. Jadi guna lebih jelas mengenai skrining BPJS simak penjelasan ini sampai akhir.

Citayam

Apa Itu Skrining BPJS Kesehatan

Apa Itu Skrining BPJS Kesehatan

Di mana skrining kesehatan merupakan sebuah proses pemeriksaan guna menentukan apakah peserta BPJS memiliki resiko tinggi terhadap penyakit tertentu yang dideritanya. Dengan skrining riwayat kesehatan BPJS inilah nantinya akan membantu mengetahui kondisi maupun diagnosa awal sebuah penyakit.

Tidak hanya itu, skrining riwayat kesehatan BPJS dapat dilakukan dengan mudah secara online oleh siapa saja melalui website maupun aplikasi Mobile JKN. Nantinya Anda tinggal sesuaikan saja dengan keinginan.

Dengan penggunaan fasilitas skrining riwayat kesehatan BPJS inilah nantinya Anda bisa juga membuat surat rujukan di faskes / fasilitas kesehatan tingkat pertama. Tentu saja hal ini akan memudahkan para peserta BPJS kesehatan.

Fungsi Skrining BPJS

Lantas apa fungsi dari skrining BPJS Kesehatan itu sendiri? Pertanyaan tersebut pastinya akan terlontar dari mulut atau benak orang yang belum mengetahui maupun pertama mendengar skrining BPJS Kesehatan.

Di mana fungsi utama dari skrining BPJS Kesehatan adalah untuk mengetahui resiko dari beberapa jenis penyakit. Mulai dari penyakit jantung koroner, hipertensi, ginjal kronik dan diabetes melitus dan beberapa lainnya.

Adanya pemeriksaan inilah nantinya akan mengetahui apakah ada kemungkinan terkena penyakit maupun mendeteksi pencegahan dini. Hal ini bertujuan agar pasien peserta BPJS Kesehatan terhindar dari beberapa penyakit yang ada.

Nantinya setiap peserta BPJS dihimbau melakukan skrining dalam jangka waktu 1 tahun sekali dan itu berlaku bagi semua peserta. Adanya pemeriksaan itu sendiri mampu menghindari risiko penyakit kronis sejak awal.

Cara Cek Skrining BPJS Kesehatan

Cara Cek Skrining BPJS Kesehatan

Setelah berhasil mengetahui apa itu skrining dan fungsinya di atas, maka selanjutnya Anda tinggal perlu mengetahui bagaimana cara pengecekan skrining BPJS itu sendiri. Lantas apakah Anda sudah tahu caranya?.

Jika belum maka tidak perlu khawatir, karena kami juga akan sajikan bagaimana cara cek skrining BPJS secara lengkap. Sebenarnya pengecekan skrining BPJS bisa dilakukan melalui layanan Mobile JKN, namun kali ini kami sajikan di laman resmi BPJS.

Guna lebih jelasanya, simak pembahasan cara skrining BPJS berikut sampai akhir.

  • Pertama silakan buka halaman bpjs-kesehatan.go.id/bpjs melalui browser di perangkat Anda seperti laptop, komputer atau ponsel.
  • Setelah itu lanjut dengan tekan simbol “<“ dibagian kanan sampai muncul pilihan menu disamping.
  • Kemudian pilih saja opsi menu “Skrining Kesehatan”.
  • Pada layar akan meminta Anda memasukkan nomor kartu BPJS serta tanggal lahir. Jika sudah terisi klik “Cari Peserta”.
  • Jika belum pernah atau pertama kali melakukan skrining maka akan muncul pemberitahuan, silakan klik saja “Setuju”.
  • Kemudian lanjut masukkan informasi data diri seperti berat badan, tinggi badan, pendidikan terakhir, nomor handphone, nama anggota keluarga, dan lainnya yang dibutuhkan.
  • Lalu pastikan data sudah benar, karena sistem akan membaca setiap data yang dimasukkan. Berikutnya klik “Selanjutnya”.
  • Setelah itu lanjut isi formulir riwayat kesehatan dengan memilih salah satu jawaban, usahakan isi sesuai dengan data benar agar hasil akurat.
  • Jika sudah lanjut klik “Simpan” dan tunggu beberapa saat.
  • Secara otomatis Anda akan dialihkan ke layar tampilan baru yang mana menunjukkan skrining riwayat kesehatan peserta.

Disini Anda akan diberikan informasi risiko penyakit dan pencegahan yang bisa dilakukan. Bahkan Anda juga bisa melakukan hasil cetak dengan tekan “Cetak Hasil” dibagian pojok kanan bawah.

Catatan : Untuk yang pertama kali melakukan skrining maka wajib memasukkan informasi data diri seperti sudah dijelaskan di atas.

Mungkin itu saja kiranya pembahasan terkait apa itu skrining BPJS yang dapat kodebpjs.com sajikan lengkap fungsi dan cara pengecekannya. Semoga dengan adanya pembahasan terkait skrining di atas bisa bermanfaat untuk semua yang membutuhkan.