PCare BPJS Kesehatan Itu Apa Terlengkap & Terbaru 2020

PCare BPJS Kesehatan Itu Apa – Menjadi salah satu program pemerintah ternama dan cukup populer. BPJS Kesehatan selalu memberikan pembaruan di setiap sektornya.

Salah satunya dengan sudah diberikannya layanan Primary Care atau PCare BPJS Kesehatan. Mungkin sudah ada dari anda yang tahu layanan ini atau justru sudah menggunakannya.

Layanan bernama PCare ini sendiri ialah layanan aplikasi online yang dapat memudahkan peserta atau penggunanya akan terasa lebih praktis. Ini merupakan salah satu inovasi baru yang diberikan oleh pihak BPJS.

Lalu apa itu sebenarnya PCare? Banyak peserta BPJS Kesehatan yang bertanya-tanya seputar hal ini. Bahkan banyak juga peserta BPJS Kesehatan yang penasaran mengenai aplikasi PCare.

PCare BPJS Kesehatan Itu Apa Terlengkap & Terbaru

PCare BPJS Kesehatan Itu Apa Terlengkap Terbaru

Tidak terkecuali sebagian dari anda tentunya penasaran juga akan aplikasi PCare tersebut. Dengan begitu simak ulasan ini sampai akhir karena akan disampaikan secara jelas mengenai aplikasi PCare dari pengertian sampai keuntungan yang dapat dirasakan.

PCare BPJS Kesehatan Itu Apa

PCare BPJS Kesehatan Itu Apa

Primary Care atau PCare ialah merupakan aplikasi BPJS Kesehatan dimana menyediakan akses untuk peserta ke fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP). FKTP mempunyai peran sebagai gatekeeper dimana dapat memungkinkan petugas kesehatan menangani 144 diagnosis penyakit yang diderita pasien JKN-KIS/BPJS Kesehatan.

Jika FKTP sudah tidak bisa menangani pasien lebih lanjut, maka nantinya pasien akan dirujuk ke fasilitas kesehatan rujukan tingkat lanjutan (FKRTL). Nantinya pasien akan mendapat penanganan lebih lanjut sesuai kebutuhan medisnya.

Untuk biaya jangan khawatir, jika anda dipindahkan dari FKTP ke FKRTL, karena nantinya biaya akan ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Dengan syarat peserta mengikuti prosedur yang sudah menjadi ketentuan dan berlaku.

Tentunya dengan adanya PCare ini menjadikan peserta BPJS Kesehatan akan merasa di mudahkan dalam urusan rujukan saat berobat. Jadi anda bisa maksimalkan pelayanan dari BPJS Kesehatan dengan menggunakan layanan PCare.

Fungsi PCare BPJS Kesehatan

Dengan sudah mengetahui sedikit mengenai apa itu PCare anda juga perlu mengetahui fungsinya. Dimana PCare memiliki fungsi dalam upaya memaksimalkan pelayanan yang dapat didapatkan oleh peserta BPJS Kesehatan.

Selain itu aplikasi PCare ini juga memiliki cukup beragam fungsi lainnya. Yang jelas fungsi ditawarkan oleh aplikasi PCare ini akan memberikan kemudahan bagi pengguna atau peserta BPJS Kesehatan.

Salah satunya seperti dimudahkannya tanpa perlu lagi mengantre saat akan mengurusi keperluan administrasi. Hal tersebut karena aplikasi PCare akan mengolah data secara digital dimana dapat dilakukan hanya secara online.

Fitur Didalam Aplikasi PCare BPJS Kesehatan

Fitur Didalam Aplikasi PCare BPJS Kesehatan

Setelah mengetahui mengenai sedikit pengertian dan fungsinya anda juga perlu mengetahui fitur apa saja yang ada di dalam aplikasi PCare BPJS Kesehatan. Berikut beberapa fitur yang ada di aplikasi PCare, seperti:

  1. Informasi Tagihan
  2. Tata Cara Mendaftar peserta BPJS Kesehatan Mandiri ataupun Instansi.
  3. Pencarian Fasilitas Kesehatan (Faskes) terdekat.

Dengan menggunakan aplikasi PCare anda dapat merasakan berbagai penjelasan dari manfaat yang ada. Salah satunya anda akan dimudahkan saat ingin melakukan pencarian faskes terdekat saat ingin melakukan berobat.

Cara Daftar & Cara Menggunakan Aplikasi PCare

Cara Daftar Cara Menggunakan Aplikasi PCare

Mungkin banyak para peserta BPJS Kesehatan yang masih asing dan bingung mengenai cara menggunakan ataupun cara daftar aplikasinya. Berikut lebih jelas mengenai langkah menggunakan dan cara daftar PCare BPJS kesehatan.

1. Cara Daftar PCare BPJS Kesehatan

Pastinya untuk bisa menikmati layanan PCare ini anda terlebih dahulu untuk sudah terdaftar. Sehingga nantinya baru bisa mengakses layanan dari PCare.

Caranya anda hanya perlu buka laman resmi dari aplikasi PCare di https://pcare.bpjs-kesehatan.go.id/eclaim/Login. Atau bisa juga lewat aplikasi yang dapat di unduh di playstore oleh pengguna smartphone android.

Nantinya anda diminta untuk memasukkan username dan password agar bisa login. Karena aplikasi ini bukan ditujukan kepada masyarakat umum, dan hanya ditujukkan kepada faskes saja maka perlu dapatkan username dan password dahulu.

Untuk mendapatkannya sendiri anda (faskes) perlu datang ke kantor BPJS Kesehatan terdekat untuk melakukan pendaftaran dan mendapatkan username dan password untuk loginnya.

2. New PCare Login

Setelah mendaftar dan mendapatkan username serta password langsung saja masukkan pada kolom yang diminta. Setelah berhasil login nantinya anda akan dibawa masuk ke halaman menu utama.

3. Mendaftar Layanan Fasilitas Kesehatan

Jika sudah berada di tampilan menu utama nantinya anda akan di berikan 2 pilihan yaitu proses menu Pendaftaran atau Pelayanan. Jika anda ingin melakukan pengobatan maka langsung saja pilih Pendaftaran, lalu masukkan nomor BPJS Kesehatan kemudian klik menu Cari.

Jika anda (pasien) yang akan berobat sudah terdaftar di FKTP maka akan muncul identitasnya. Selanjutnya hanya perlu isi bagian yang masih kosong, jika sudah terisi semua maka tekan Simpan.

Keuntungan Menggunakan PCare BPJS Kesehatan

Keuntungan Menggunakan PCare BPJS Kesehatan

Setelah mengetahui dari pengertian sampai cara menggunakan aplikasi PCare BPJS Kesehatan anda pastinya juga penasaran mengenai keuntungan dari penggunaan aplikasi PCare. Berikut beberapa cara untuk keuntungan yang dapat dirasakan saat menggunakan aplikasi PCare dari BPJS Kesehatan.

  • Pendaftaran pasien lebih praktis atau sederhana.
  • Data pasien yang terintegrasi.
  • Proses diagnosa pasien lebih cepat.
  • Langkah rujukan akan lebih mudah.

FAQ

1. Apa Itu PCare?

PCare ialah aplikasi dari BPJS Kesehatan yang memiliki fungsi dalam memudahkan pesertanya untuk mendapatkan faskes.

2. Call Center BPJS Kesehatan?

Jika ada masalah atau kendala pada aplikasi PCare BPJS Kesehatan anda bisa hubungi call center BPJS di 1500400 untuk meminta bantuan.

Demikianlah informasi yang dapat kodebpjs.com sampaikan mengenai apa itu PCare BPJS Kesehatan dari pengertian sampai keuntungan yang dapat dirasakannya. Dimana PCare hampir sama dengan HFIS BPJS KESEHATAN dimana akan memudahkan anda saat ingin mendapatkan layanan dari faskes. Semoga dengan adanya informasi PCare ini dapat berguna dan bermanfaat untuk anda semua yang membutuhkan.