√ Biaya Cabut Gigi di Puskesmas 2021 : BPJS & Non BPJS

Biaya Cabut Gigi di Puskesmas – Menjadi salah satu bagian tubuh yang berada di dalam mulut, gigi tentu memiliki peranan sangat penting. Karena dengan gigi inilah nantinya manusia bisa mengoyak makanan sebelum lanjut ditelan.

Dalam susunan gigi di dalam mulut sendiri cukup banyak jenis gigi, baik gigi seri, taring, geraham dan bungsu. Semua jenis gigi tersebut memiliki fungsi berbeda satu sama lain. Dengan begitu, untuk bisa berfungsi dengan baik Anda harus selalu menjaganya.

Namun pada pembahasan ini kodebpjs.com bukan akan membahas mengenai bagaimana cara maupun tips menjaga gigi agar tetap sehat. Melainkan akan membahas mengenai sebuah biaya jika ingin melakukan cabut gigi rusak atau bermasalah di Puskesmas.

Yah, memang beradar kabar dari seorang yang sudah pengalaman cabut gigi di puskesmas akan diberikan tarif yang lebih terjangkau dari pada saat datang langsung ke dokter spesialis atau poliklinik. Lalu berapa sebenarnya besaran biaya atau tarif pencabutan gigi di Puskesmas?

Biaya Cabut Gigi di Puskesmas BPJS Non BPJS

Untuk lebih jelas mengenai biaya cabut gigi tersebut, berikut akan disampaikan secara lengkap di bawah ini. Jadi bagi Anda penderita masalah gigi yang berniatan untuk cabut gigi namun belum tahu besaran biaya atau tarifnya, simak ulasan ini sampai akhir.

Biaya Cabut Gigi di Puskesmas

Biaya Cabut Gigi di Puskesmas

Berbicara mengenai cabut gigi sendiri sebenarnya akan tergantung dengan jenis gigi apa yang nantinya akan di cabut. Perbedaan biaya ini dikarenakan prosedur penanganan yang dilakukan, antara cabut gigi seri dengan cabut gigi geraham bungsu akan berbeda.

Namun secara umum dan normal biaya atau tarif cabut gigi di Puskesmas berkisar hanya Rp 500 ribu – Rp 1 juta, ini jelas berbeda jika Anda cabut di rumah sakit atau klinik di mana bisa mencapai Rp 2 – 5 juta. Jelas biaya cabut gigi tersebut terpaut cukup jauh.

Lalu apakah cabut gigi di Puskesmas bisa dengan BPJS? Yah bisa, bahkan jika Anda merupakan peserta BPJS Kesehatan cabut gigi di Puskesmas akan lebih murah. Atau bisa saja pencabutan gigi tersebut tidak akan dikenakan biaya alias gratis.

Itu merupakan biaya cabut gigi bukan operasi gigi, karena jika operasi gigi nantinya juga akan memiliki biaya berbeda. Sebut saja BIAYA OPERASI GIGI bisa mencapai jutaan tergantung gigi apa yang akan di operasi, semakin sulit pencabutan maka semakin mahal biaya.

Dan biaya cabut gigi di atas merupakan biaya secara umum, namun biaya nantinya berbeda di setiap wilayah. Antara biaya cabut gigi di Puskesmas Semarang, Sleman, Solo, Banjarnegara, Surabaya, Jakarta, Bekasi, Depok, Bandar Lampung akan berbeda satu sama lain.

Penyebab Gigi Harus Dicabut

Penyebab Gigi Harus Dicabut

Lalu apa penyebab seorang harus melakukan cabut gigi? Dalam beberapa kasus, pencabutan gigi menjadi salah satu cara perawatan terbaik dan terkadang tidak bisa untuk dihindari. Ada beberapa kondisi masalah gigi yang mengharuskan untuk dicabut, antara lain:

1. Gigi Impaksi

Gigi tidak tumbuh atau tumbuh sebagian, yaitu akibat kurangnya tempat. Biasanya akan sering terjadi pada gigi molar ketiga atau gigi bungsu. Dengan begitu, pencabutan merupakan tujuan yang bisa dilakukan agar tidak menimbulkan rasa sakit serta merusak gigi lain.

2. Gigi Persistensi

Untuk gigi persistensi sendiri sebenarnya kerap dialami oleh anak-anak yang sedang mengalami proses gigi bercampur. Dengan pencabutan gigi ini sendiri dilakukan jika gigi sulung anak belum lepas, tetapi gigi pengganti sudah tumbuh. Hal ini bertujuan agar tidak mengganggu arah tumbuh gigi permanen.

3. Gigi Rusak

Memang jika sampai gigi sudah berlubang atau rusak bahkan terbilang parah maka jalan satu-satunya yang bisa dilakukan yaitu mencabutnya. Hal itu bertujuan agar nantinya tidak menimbulkan rasa sakit parah serta tidak mempengaruhi gigi lain seperti infeksi.

4. Penyakit Periodontitis

Periodontitis menjadi salah satu infeksi yang terjadi pada gusi, ligamen periodontal, tulang alveolar dan struktur di sekitar gigi. Jika periodontitis dirasa parah maka pencabutan menjadi salah satu cara penyembuhan atau antisipasi terbaik.

5. Perawatan Ortodontik

Ada beberapa orang tidak memiliki cukup ruang untuk menahan semua gigi tumbuh dengan posisi benar. Sehingga gigi akan tumbuh dan keluar tumpang-tindih. Untuk bisa menjadi susunan gigi yang rapi, maka bisa dilakukan perawatan ortodontik. Namun, sebelum melakukan perawatan ortodontik dokter biasanya akan menyarankan untuk mencabutnya.

Mungkin itulah informasi biaya atau tarif cabut gigi di Puskesmas yang bisa kodebpjs.com sampaikan untuk Anda semua. Semoga adanya biaya cabut gigi di Puskesmas di atas bisa bermanfaat, terutama bagi Anda yang memiliki masalah gigi dan berniat untuk melakukan pencabutan.