√ Harga Gigi Palsu di Puskesmas 2021 : Permanen & Lepasan

Harga Gigi Palsu di Puskesmas – Memiliki atau mengalami masalah pada gigi yang membuat harus kehilangan gigi asli (ompong atau geser) mungkin agak sedikit meresahkan. Biasanya membuat kepercayaan dalam diri agak menjadi minder saat bertemu dengan orang lain.

Nah, solusi tepat atau cara menangani masalah ini yaitu dengan melakukan OPERASI GIGI atau pemasangan gigi palsu. Di mana pasang gigi palsu itu kerap dilakukan di rumah sakit, dokter spesialis gigi, tukang gigi, klinik gigi atau bahkan di puskesmas terdekat di lokasi Anda berada.

Namun terkadang banyak para pemilik masalah gigi ompong, tidak rapi atau lainnya yang ingin melakukan pasang gigi palsu bertanya dan mengkhawatirkan besaran harga gigi palsu tersebut. Karena seperti Anda ketahui sendiri disetiap RS, klinik dan puskesmas akan memberi harga berbeda-beda.

Dan pada kesempatan ini kodebpjs.com akan sampaikan informasi mengenai harga gigi palsu di Puskesmas. Mungkin banyak dari Anda yang bertanya seputar hal ini, baik dikarenakan memang lokasi dekat dengan puskesmas atau bisa juga karena harga atau tarif di puskesmas yang dikenal lebih murah dari klinik/tukang gigi.

Harga Gigi Palsu di Puskesmas

Nah untuk Anda yang penasaran akan besaran harga atau biaya pasang gigi palsu di puskesmas berapa? Berikut akan disampaikan secara lengkap dan jelas dibawah ini. Jadi terus simak dan pahami mengenai biaya, tarif atau harga gigi palsu jika Anda memasang di puskesmas.

Harga Gigi Palsu di Puskesmas

Berbicara mengenai harga atau tarif dari gigi palsu, nantinya akan dibedakan oleh beberapa hal. Seperti misalanya gigi palsu permanen dan gigi palsu lepasan akan diberikan besaran harga yang berbeda satu sama lainnya. Selain itu, jenis bahan dari gigi palsu juga akan mempengaruhi harga juga.

Gigi Palsu Permanen

Gigi Palsu Permanen

Gigi palsu permanen juga masih ada jenisnya lagi. Berikut jenis dan harga pemasangan gigi palsu tersebut:

1. Crown

Crown merupakan salah jenis gigi palsu permanen yang diaplikasikan terhadap gigi orang jika mengalami masalah gigi berupa patah atau keropos. Untuk harganya di puskesmas sendiri bisa mencapai 1 – 2 juta per gigi.

2. Dental Implan

Jenis gigi palsu dental implan sendiri yaitu berupa penanaman logam dalam gusi kemudian diberikan mahkota tiruan menyerupai gigi asli. Namun, masih jarang pemasangan gigi palsu ini di puskesmas.

Anda hanya akan menemukan di dokter spesialis yang menangani pemasangan gigi palsu ini. Harganya berkisar di antara 15 juta belum dengan mahkotanya. Sedangkan mahkota bisa di harga 1 – 3 juta per gigi.

3. Bride

Lalu untuk gigi palsu bride yaitu merupakan gigi palsu permanen yang biasa diaplikasikan pada orang yang mengalami gigi ompong. Harga atau biaya cukup beragam, di klinik bisa mencapai 2 jutaan sedangkan di puskesmas tentu akan lebih terjangkau lagi.

Gigi Palsu Lepasan

Gigi Palsu Lepasan

Sama halnya dengan gigi palsu permanen, gigi palsu lepasan juga akan berbeda harga sesuai dengan jenis bahan apa yang nantinya akan digunakan. Jenis bahannya sendiri ada logam, akrilik, dan valpas.

1. Akrilik

Jenis ini adalah gigi palsu lepasan yang memiliki bahas akrilik dengan perpaduan kawat dibagian gusi. Harga gigi palsu ini sendiri bisa mencapai 1-3 jutaan per rahang atau ada juga yang menjatuhi harga mulai dari Rp 200 ribu per gigi.

2. Valpas

Sedangkan jenis valpas merupakan gigi tiruan yang memiliki tekstur lentur. Dari harga diberikan sendiri agak sedikit mahal, yaitu berkisar di harga 1,3 jutaan.

3. Logam

Jenis terakhir ini merupakan perpaduan antara kedua jenis sebelumnya. Untuk harga sendiri lebih mahal yaitu bisa mencapai 2 jutaan.

Nah, jika Anda ingin pasang gigi palsu di puskesmas, maka Anda harus mendaftar dan berkonsultasi atas masalah gigi tersebut. Sehingga nantinya bisa mendapatkan gigi palsu atau tiruan yang tepat dan sesuai dengan permasalahan gigi Anda.

Apakah Pasang Gigi Palsu Bisa Pakai BPJS?

Apakah Pasang Gigi Palsu Bisa Pakai BPJS

Pertanyaan seperti itu juga kerap ditanyakan oleh para pemilik gigi bermasalah, terutama peserta BPJS Kesehatan memiliki niat untuk melakukan pemasangan gigi palsu. Dan jawabannya yaitu bisa pakai atau ditanggung BPJS.

Namun dengan catatan harga, biaya atau tarif tersebut tidak semuanya ditanggung oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan. Hanya dalam beberapa kondisi tertentu saja yang dapat menanggung pembuatan atau pemasangan gigi palsu tersebut.

Dengan begitu, tetap saja Anda harus siapkan uang lebih saat ingin melakukan pasang gigi tiruan di puskesmas. Agar saat ada tambahan biaya lainnya Anda sudah sedia dan ada uang untuk membayarnya.

Mungkin itu saja yang dapat kodebpjs.com sampaikan untuk Anda semua mengenai harga gigi palsu di puskesmas. Semoga dengan adanya informasi harga gigi tiruan di puskesmas diatas dapat bermanfaat.